5 Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Podcast, salah satu media paling baru yang perlu disambut oleh para marketer. Masih terlalu dini memang untuk menyatakan kesuksesannya. Meski demikian, pemasaran atau iklan yang ada pada media tersebut hadir untuk menunjukkan kekuatan media yang satu ini untuk dunia marketing.

Sifatnya yang serbaguna, kuat, serta informatif, ditambah lagi dengan beberapa platform hosting yang tersedia, membuatmu bisa membangun brand awareness berulang kali. Artinya, ada banyak potensi dalam satu media pemasaran. Sungguh layak untuk dilihat sebagai sebuah inovasi dalam strategi marketing. Mengapa demikian?


1. Mendorong kunjungan ke situs resmi bisnismu

Mari kita lihat popularitas podcast dalam beberapa tahun terakhir!

Pada tahun 2018, DailySocial bersama JakPat mengadakan survei terkait popularitas media audio yang satu ini, hasilnya 68% mengaku familier dan 81% di antaranya dilaporkan mendengarkan podcast.

Menanjaknya popularitas konten audio tidak lepas dari perubahan gaya hidup yang semakin dinamis dan menuntut fleksibilitas. Pilihan media yang dapat dinikmati tanpa harus mengganggu aktivitas, kembali menarik minat audiens. Konten audio tentu memenuhi hal tersebut, orang dapat menyimaknya tanpa harus memberikan fokus penuh, bisa sambil berkendara, bekerja, dan lain sebagainya.

Menyadari hal tersebut, salah satu perusahaan Online Travel Agent (OTA) sudah mulai melakukan podcasting. Tema yang diangkat tentu saja seputar traveling. Konten dirilis setiap minggu dan berkolaborasi dengan banyak bloger atau travel enthusiast. Sebuah strategi marketing baru yang dianggap menjanjikan.

Jadi, potensi meningkatkan kunjungan ke situs atau website milikmu jelas sangat besar. Secara alami, dengan podcasting berarti kamu sedang menyebarkan atau meningkatkan brand awareness, di mana kamu bisa menambahkan tautan ke situs milikmu.

2. Membuat citra brand lebih baik

Karena nama perusahaan milikmu muncul di lebih banyak situs online, tanpa kamu sadari, hal ini membuat citra brand menjadi lebih baik dan lebih dipercaya.

Ingat, saat ini media sosial menjadi sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan berbagai informasi dan pesan pemasaran.

3. Saturasi pencarian

Kamu memperoleh peluang adanya peningkatan frekuensi pencarian pada mesin pencari. Hal ini sudah pasti akan membantu strategi marketing yang kamu terapkan, mulai dari SEO hingga reputasi manajemen.

4. Diversifikasi konten untuk strategi marketing

Semua orang kini sangat familier dengan konten berbasis visual atau audiovisual, seperti Instagram atau YouTube. Akan tetapi, ternyata hal ini tidak menenggelamkan konten audio.

Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Dengan memiliki konten pemasaran berupa audio, kamu justru seperti memiliki lebih banyak ‘produk yang dipamerkan’ dalam etalase online milikmu. Dampaknya, lagi-lagi pada citra merek serta brand awareness.


5. Audiens setia

Layaknya blog, dengan membuat podcast secara rutin, sangat mungkin kamu akan memiliki audiens setia. Audiens mengetahui kapan konten baru bisa didapatkan serta memahami apa yang bisa diharapkan dari konten yang kamu bagikan.

Pesan pemasaran yang relevan selalu bisa kamu sisipkan dalam setiap konten tersebut.

Seperti semua jenis konten lain, podcasting merupakan cara untuk berbagi informasi dengan calon pelanggan potensial. Hal ini memberimu kesempatan atau media baru untuk membicarakan bisnismu lebih banyak. 

Misal kamu hanya memiliki sedikit pendengar sekalipun dan tidak berubah menjadi konsumen, hal ini tetap signifikan untuk membangun relasi yang baik dengan audiens. Akhir dari relasi yang baik dengan audiens tentu saja adalah brand awareness.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.