Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Ketahui 5 Cara Membangun Good Customer Relationship Ini!

    Ketahui 5 Cara Membangun Good Customer Relationship Ini!

    Konsumen yang terkesan akan terus datang kembali, bahkan menjadi pelanggan setia.

    Sebagai pemilik usaha, kamu tentu memahami betapa pentingnya good customer relationship. Membangun hubungan baik dengan konsumen bisa dikatakan sebagai kunci untuk mengetahui kebutuhan konsumen. 

    Lebih dari itu, relasi yang baik memungkinkan konsumen datang kembali atau memberikan referensi sehingga pendapatan bisnis pun lebih besar.

    Berbicara membangun hubungan baik dengan konsumen, bisnis kecil sebetulnya lebih diuntungkan. Pasalnya, dengan skala yang belum terlalu besar, kamu dapat menjangkau konsumen secara lebih personal. Dengan demikian, relasi dengan konsumen pun menjadi lebih kuat.

    Lalu, apakah hanya bisnis kecil saja yang bisa membangun good customer relationship? Tentu saja tidak. Pada prinsipnya, setiap bisnis bisa mengelola hubungan baik dengan konsumen.

    Jika kamu masih bingung, simak uraian berikut ini supaya setiap konsumen bertransaksi kembali!

    1. Komunikasi

    Layaknya hubungan lain, komunikasi juga memegang peranan penting dalam relasi antara bisnis dengan konsumen. Memasarkan bisnis dan mendengarkan konsumen dengan baik sama-sama penting.

    Daripada hanya mempromosikan bisnis, lebih baik kamu luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan konsumen. Temukan apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh konsumen serta yakinkan konsumen bisnismu mempunyai solusinya!

    Apabila bisnis milikmu sudah memiliki tim atau karyawan, ajari seluruh staf agar bisa berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. Buatlah kebijakan bagi karyawan terkait customer relationship management demi memastikan kebutuhan konsumen terpenuhi.

    2. Melebihi ekspektasi

    Saat melakukan transaksi, konsumen tentu berharap mendapatkan produk atau pelayanan yang baik. Dari sisi bisnis, memenuhi ekspektasi tersebut saja harusnya tidak cukup bila ingin memiliki hubungan yang baik dengan konsumen.

    Bisnis perlu terus meningkatkan standarnya sehingga dapat melebihi ekspektasi konsumen. 

    Sebagai contoh, ketika kamu membuka pre-order produk dan menjanjikan pesanan akan siap dalam waktu satu bulan lagi. Lalu, kamu berupaya menyelesaikan pesanan dan mengirimkannya dalam waktu tiga minggu.

    Tentu konsumen terkejut sekaligus senang karena pesanannya selesai lebih awal satu minggu dari yang dijanjikan. Di titik ini kamu akan membuat konsumen terkesan. Konsumen yang terkesan dengan pelayananmu akan terus datang kembali.

    Baca juga: Program Loyalitas Pelanggan yang Bukan Sekadar Diskon

    Komunikasi efektif bisa menjadi salah satu cara membangun hubungan baik dengan konsumen. 

    3. Mintalah feedback

    Merasa didengar adalah landasan penting dalam sebuah relasi. Karena itu, ajaklah konsumen memberikan feedback untuk menunjukkan bahwa bisnismu mendengarkan mereka.

    Kamu bisa menyediakan comment card di kasir atau mengadakan survei. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial, mengadakan survei pun tidak terlalu sulit.

    Bahkan, kamu dapat membuat survei melalui Instagram story. Selain praktis, cara ini juga dapat meningkatkan engagement media sosial.

    Baik pujian maupun kritik, selalu dengarkan konsumen dengan saksama dan berikan respons yang tepat. Bisnis sering kali ditinggalkan oleh konsumen karena tidak memberikan respons yang diharapkan. Jadi, pastikan kamu merespons setiap keluhan, masukan, kritik, atau saran dari konsumen.

    4. Terhubung dengan konsumen

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kini teknologi serta media sosial sudah berkembang sedemikian rupa sehingga ada banyak cara untuk dapat terhubung dengan konsumen.

    Terdapat berbagai platform online dan media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk menjangkau konsumennya.

    Baca juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Instagram

    Perlu diingat, ketika bisnis terhubung dengan konsumen secara online, pastikan percakapan yang terjadi tidak berjalan satu arah. Pastikan kamu bertanya kepada konsumen, mendengar konsumen, serta menjawab saat konsumen memiliki pertanyaan atau keluhan.

    Tambahan pula, pastikan situs resmi bisnis milikmu menarik dan berkualitas. Tidak lupa, buatlah blog untuk membangun kehadiran bisnis secara online.

    5. Tunjukkan apresiasi

    Apabila kamu sudah menggunakan aplikasi POS yang dilengkapi fitur customer relationship management (CRM), tentu kamu dapat mengetahui konsumen mana yang merupakan pelanggan setia.

    Nah, tunjukkanlah apresiasi kepada para pelanggan setia dengan memberikan promo khusus, misalnya potongan diskon spesial.

    Kamu juga dapat membuat program loyalty seperti point reward. Pada setiap pembelanjaan, konsumen akan memperoleh poin. Jika poin tersebut sudah mencapai jumlah tertentu, konsumen berhak mendapatkan reward.

    Baca juga: Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program

    Reward yang kamu berikan bisa bervariasi, mulai dari potongan harga untuk transaksi berikutnya hingga merchandise. Nilai merchandise yang diberikan bisa disesuaikan dengan kemampuan bisnis.

    Kamu dapat memberikan merchandise sederhana seperti notepad atau yang lebih bernilai, misalnya t-shirt. Poin pentingnya adalah terdapat logo bisnismu pada merchandise tersebut. Harapannya, hal ini akan makin menjaga bisnis berada di top of mind konsumen.

    Dari kelima tips di atas, manakah yang sudah kamu jalankan? Jika belum, segera terapkan trik di atas dalam operasional bisnismu dan miliki relasi yang baik dengan konsumen.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!