Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program


Loyalty program merupakan bentuk apresiasi pada pelanggan setia.


Loyalty program adalah salah satu bentuk apresiasi yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau sebuah usaha kepada pelanggan setianya.  Loyalty program dianggap mampu menjaga keberlangsungan pertumbuhan suatu bisnis melalui kesetiaan pelanggan. Tujuan utama program ini sendiri adalah pemberian customer reward


Satu hal yang menjadi tantangan besar bagi para pemilik usaha atau bisnis adalah mempertahankan pelanggan. Pelanggan baru yang berdatangan tidak akan berarti banyak bila ternyata tidak bisa mempertahankan mereka untuk tetap membeli produk dan menjadi pelanggan setia. Lantaran itulah loyalty program ini perlu untuk dilakukan. 


Sebelum memberikan customer reward, biasanya program ini dimulai dengan melakukan analisis kegiatan para pelanggan. Gunakan data yang kamu miliki untuk mendapatkan nama-nama para pelanggan setia. Perlu diingat bahwa umumnya yang sering terjadi pelanggan setia adalah pelanggan yang merasa puas dengan kualitas produk atau layanan dari bisnis tersebut. 


Kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi pertumbuhan sebuah bisnis. Bila pelanggan puas, maka memberikan apresiasi dalam bentuk reward bisa menjadi pilihan yang bijak. Tapi, perlu diketahui bahwa memberikan customer reward bukanlah sekadar memberikan hadiah begitu saja. Ada banyak hal bahkan aspek psikologis yang perlu kamu perhitungkan. Karena terkadang loyalty program ini tidak selalu berhasil menarik minat pelanggan. 


Tujuan lain dari pemberian customer reward ini antara lain untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan, sebagai daya tarik untuk mendapatkan konsumen baru, juga sebagai media promosi untuk meningkatkan omzet usaha. Terdapat banyak pilihan reward yang bisa kamu berikan, bila umumnya beberapa bidang usaha atau bisnis menawarkan poin, kenapa kamu tidak mencoba bentuk reward yang lain? 


1. Potongan Harga atau Diskon Khusus

Diskon atau potongan harga adalah salah satu yang paling menarik minat pelanggan. Hal ini bisa kamu tawarkan pada pelanggan yang membeli produk dalam jumlah besar atau sering berbelanja di tempatmu.  


2. Gift Voucher

Customer reward lain yang juga bisa diberikan kepada pelanggan dalam suatu loyalty program yaitu gift voucher. Kamu bisa memberikan gift voucher yang bisa digunakan untuk berbelanja di tempatmu dengan nominal yang bervariasi.  


Membership adalah salah satu customer reward yang bisa diberikan.


3. Membership Card

Membership card atau kartu keanggotaan merupakan salah satu contoh customer reward yang mungkin paling sering kita temui. Pelanggan yang memiliki membership card secara otomatis termasuk dalam salah satu pelanggan setia, selain itu ada banyak keuntungan yang biasanya didapatkan oleh pemilik kartu ini. Sebagai pemilik bisnis atau usaha, kamu bisa memberikan penawaran seperti hadiah di hari ulang tahun, diskon berbelanja untuk jangka waktu tertentu atau bahkan harga khusus untuk beberapa produk pilihan pada para pelanggan. 


4. Penawaran Spesial

Reward yang juga bisa menjadi pilihan adalah penawaran spesial bagi para pelanggan yang sudah setia dengan bisnismu. Penawaran spesial tersebut ada banyak contohnya, sebut saja penawaran kesempatan untuk liburan gratis ke salah satu tempat wisata atau mendapatkan free product atau sample product saat ada produk yang baru diluncurkan. Reward seperti ini biasanya diminati oleh pelanggan karena membawa banyak keuntungan bagi mereka yang nantinya juga berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. 


5. Hadiah Langsung

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadiah langsung masih cukup diminati oleh pelanggan, baik itu calon pelanggan atau pelanggan setia. Terdapat banyak pilihan hadiah langsung yang bisa diberikan sebagai customer reward. Mulai dari mug, payung, peralatan pecah belah, kaus, pulpen, jam dinding, gift box sampai kalender. Modal yang kamu perlukan untuk menyediakan reward ini pun tidak besar, tapi manfaatnya bisa mendatangkan kepuasan pelanggan yang membeli produkmu. 


Pada dasarnya, loyalty program merupakan program yang dapat membantu sebuah bisnis mengenali para pelanggannya dengan lebih baik. Program ini bisa berjalan dengan lancar bila data penjualanmu juga dicatat dengan rapi. Dari data tersebut bisa diketahui siapa saja pelanggan yang sering datang, pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak, produk apa saja yang sering mereka beli dan butuhkan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka menentukan customer reward yang cocok pun akan lebih mudah. 


Selain itu, data tersebut dapat digunakan oleh pemilik bisnis sarana berinteraksi dan menyesuaikan produk atau layanan, yang nantinya bisa membuat pelanggan merasa dikenal dan dihargai. Sebagai pebisnis, kamu bisa menggunakan informasi, seperti tanggal lahir pelanggan, untuk mengirimi hadiah atau sekadar ucapan ulang tahun melalui email sebagai bentuk perhatian kepada mereka. Bisa dibilang inilah cara terbaik untuk membangun hubungan secara lebih personal dan meraih kepuasan pelanggan di saat yang sama. 


Satu hal yang perlu diingat bahwa jangan cepat merasa puas hanya karena bisa memberikan customer reward kepada para pelanggan. Hal ini akan menjadi sia-sia bila ternyata service atau layanan  yang kamu berikan kepada mereka tidak maksimal. Jadi, usahakan agar keduanya berjalan dengan seimbang. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inovasi dalam Strategi Marketing Bisnis, Perlukah?

Agar berhasil, inovasi bisnis perlu dukungan strategi marketing yang optimal. Sebaliknya, strategi pemasaran pun perlu disokong inovasi produk yang sukses.

Memanfaatkan Personal Touch sebagai Nilai Tambah Bisnis

Personal touch atau pendekatan personal dapat menjadi nilai tambah bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga tingkat kepuasan serta retensi pelanggan.

Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri

Di luar negeri, ada beberapa ide kreatif dalam bisnis yang cukup unik. Ide bisnis ini bisa dijadikan inspirasi untuk diterapkan di Indonesia.

Menyusun Strategi Keuangan dengan Memperhatikan PPKM

Menyusun strategi keuangan menjadi krusial untuk menghadapi dampak PPKM. Apa saja yang perlu diperhatikan? Perlukan memperhatikan laporan keuangan bisnis?
Whatsapp