Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Selama bulan Ramadhan, bisnis restoran mungkin mengalami penurunan penjualan. Cloud kitchen atau dapur satelit pun memiliki risiko serupa. Meskipun begitu, bukan berarti bisnis tidak dapat meningkatkan omzet.
Ada beberapa strategi yang dapat kamu terapkan supaya penjualan tetap optimal di bulan Ramadhan. Supaya lebih jelas, mari simak ide di bawah ini!
Sesuaikan jam operasional
Kita tahu, tidak semua orang menjalan ibadah puasa. Namun, bukan berarti kamu akan memperoleh jumlah konsumen seperti biasanya pada siang hari. Karena itu, kamu perlu menyesuaikan jam buka dapur satelit milikmu.
Kamu bisa memperpendek jam buka di siang hari dan baru mulai beroperasi menjelang sore. Pastikan pula jumlah staf yang bertugas memadai pada peak hour yaitu jam berbuka puasa.
Pilihan lainnya, kamu juga bisa mengubah jam operasional dari jam buka puasa hingga dini hari. Dengan begitu, kamu juga dapat menarik konsumen pada jam sahur.
Tawarkan menu spesial bulan Ramadhan
Bagi sebagian besar masyarakat muslim, keriaan bulan puasa dipengaruhi oleh menu-menu khusus yang hanya bisa ditemukan pada bulan tersebut. Sebab itu, sebagai pemilik usaha cloud kitchen, kamu dapat menghadirkan menu spesial tersebut untuk menarik minat pelanggan.
Di Indonesia, misalnya, kamu bisa menyajikan menu kolak pisang dan es candil yang kerap dijadikan menu andalan saat berbuka puasa. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan menu-menu khas dari negara lain sehingga menjadi pilihan unik.
Menu unik serta spesial tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jika kamu menghadirkan menu khusus, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam aplikasi POS yang kamu gunakan.
Program promo Ramadhan
Waktu buka puasa umumnya menjadi momen istimewa bagi setiap keluarga. Kebanyakan keluarga selalu melangsungkan buka puasa bersama di rumah. Nah, kebiasaan ini dapat dijadikan peluang untuk menawarkan promo.
Sebagai contoh, kamu bisa memberikan takjil gratis setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Bundling menu buka puasa juga dapat dijadikan alternatif program promo. Tidak perlu khawatir akan kesulitan mengatur program promosi tersebut karena kamu bisa mengelolanya melalui aplikasi POS.
Terintegrasi dengan aplikasi pesan antar
Seperti yang kita ketahui, fasilitas pesan antar merupakan faktor penting dalam bisnis cloud kitchen. Dapur satelit memang bisa menyediakan fasilitas pengantaran, tetapi sebaiknya kamu juga bekerja sama dengan aplikasi pesan antar.
Dengan begitu, kamu mempunyai peluang lebih besar untuk menjangkau calon konsumen. Di sisi lain, mendelegasikan pengantaran kepada pihak ketiga juga menurunkan biaya operasional.
Publikasikan dengan baik
Apa pun inovasi atau program yang kamu miliki tentu kurang berdampak jika calon konsumen tidak mengetahuinya. Maka dari itu, kamu perlu memastikan setiap program dipublikasikan dengan baik.
Ada beberapa strategi yang dapat dieksplorasi untuk mempublikasikan program di dapur satelit. Menjalankan kampanye berbayar di kanal media sosial merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Di samping itu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan influencer bila kamu memiliki bujet yang memadai.