Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Ide Promo Valentine untuk Menarik Perhatian Pelanggan

    Memasuki bulan Februari, tentunya promo Valentine sudah mulai bertebaran di sana-sini. Wajar saja, pelanggan mana yang tidak suka menikmati promo-promo yang menyenangkan coba? Jadi, tidak aneh jika para pelaku usaha pun seolah-olah berlomba-lomba memanfaatkan momen Valentine untuk memberikan promo menarik guna meningkatkan penjualan. Di antara banyaknya promo yang ada, penting sekali memberikan promo yang benar-benar menarik untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Jika kamu termasuk salah satu pelaku bisnis yang ingin memberikan promo menarik untuk hari Valentine, beberapa ide promosi berikut patut kamu coba!

    Ide Promosi Diskon Pasangan

    Mengingat promosi ini diberikan di saat Valentine, ada baiknya kamu menyesuaikan promo yang ingin diberikan sesuai dengan tema hari kasih sayang yang diangkat. Berikan diskon spesial jika pelanggan datang bersama dengan pasangannya. Dengan demikian, kamu bisa menggeret para pasangan yang ingin menghabiskan waktu berdua di momen bahagia ini. Kamu bisa membungkus promosi dengan kalimat-kalimat yang menggugah sisi romantis pelanggan, misalkan dengan mengatakan "Ajak pasangan Anda menikmati makan malam romantis berdua dan dapatkan diskon khusus pasangan!" atau "Habiskan waktu di hari kasih sayang dengan orang terkasih untuk menikmati promo pasangan!". Ajakan-ajakan semacam ini akan menarik perhatian pelanggan yang ingin menyenangkan pasangannya di hari Valentine dengan makan malam atau berbelanja bersama, tetapi juga tidak ingin melewatkan potongan harga istimewa.

    Agar nuansa Valentine lebih terasa, kamu juga bisa membuat ketentuan promo yang mengharuskan pasangan datang berdua atau memakai baju maupun aksesori lain yang sama untuk mendapatkan diskon tersebut. Dengan demikian, promo yang diberikan terasa lebih istimewa dan benar-benar sesuai dengan tema hari kasih sayang yang diusung.

    Berikan Layanan Gratis Bungkus Kado Cantik

    Ide promosi yang bisa kamu berikan di hari Valentine tidak hanya terbatas dengan memberikan potongan harga khusus saja, lho! Kamu juga bisa memberikan tambahan layanan yang akan membuat pelanggan lebih senang dan merasa diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan layanan pengemasan barang belanjaan yang dibeli pelanggan secara cantik. Jika bisnis yang kamu jalankan kebetulan juga menyediakan kado atau semacamnya, kamu bisa menawarkan untuk membungkuskan dengan kertas kado berwarna merah cantik yang sangat Valentine sekali. Jangan lupa untuk tersenyum agar pelanggan semakin senang. Dengan memberikan layanan ini, kamu bisa menarget pelanggan yang ingin memberikan hadiah Valentine bagi orang-orang tersayang, tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk membungkus sendiri.

    Berikan Cokelat Kecil sebagai Hadiah atau Sambutan

    Tidak ada yang lebih Valentine dibanding cokelat sebagai hadiah. Oleh karena itu, menghadiahi pelanggan dengan cokelat kecil yang manis tentu dapat menarik perhatiannya. Kamu bisa memilih dua waktu penyajian, di awal saat pelanggan memasuki tempat usahamu atau di akhir setelah pelanggan membayar produk maupun jasa yang dibelinya. Kamu bisa membatasi hadiah cokelat kecil ini misalnya saja hanya untuk 50 pelanggan pertama atau jumlah lain yang kamu tentukan sendiri. Jika kamu memutuskan untuk memberikannya di awal, kamu bisa menyajikan cokelat-cokelat kecil tersebut di atas nampan yang bisa diambil oleh pelanggan ketika mereka masuk. Sementara itu, jika kamu memutuskan untuk memberikan hadiah Valentine ini di akhir, kamu bisa menempatkan cokelat-cokelat tersebut di kasir yang akan memberikannya bersama nota setelah pelanggan membayar. Kamu juga bisa memberikan cokelat ini dengan ketentuan khusus, misalnya cokelat akan diberikan bagi pelanggan yang nilai transaksinya di atas jumlah tertentu.

    Luncurkan Hamper Khusus Edisi Valentine

    Promo Valentine tidak selalu harus membuatmu menyisihkan modal untuk menarik perhatian pelanggan. Sebaliknya, ada jenis promo yang justru akan memberimu alur pendapatan yang baru. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan produk edisi khusus Valentine atau hamper yang hanya dijual dalam jangka waktu tertentu saja. Sebenarnya, keberadaan hamper dalam momen-momen khusus seperti Lebaran, Natal, ataupun Valentine bukanlah hal yang aneh. Kamu bisa menggabungkan dua atau tiga produk yang dijual dalam satu kemasan manis bernuansa Valentine yang bisa dibeli oleh pelanggan. Selain tidak perlu banyak modal untuk menghadirkan promo-promo berupa potongan harga, kamu juga akan mendapatkan banyak pemasukan tambahan jika hamper yang kamu luncurkan banyak disukai pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan embel-embel bahwa produk tersebut hanya bisa dibeli pada saat itu saja sehingga pelanggan akan tergerak untuk melakukan pembelian.

    Bagi pelanggan, hamper yang sudah dikemas dengan cantik sembari mengusung nuansa Valentine memiliki nilai tambah karena bisa langsung diberikan kepada orang-orang terkasih segera setelah dibeli. Di sisi lain, meluncurkan hamper juga memberimu peluang untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya dalam menciptakan produk maupun kemasan yang bakal laku di pasaran. Praktik kolaborasi untuk produk dengan edisi terbatas ini sudah jamak dilakukan dengan hasil yang cukup memuaskan, jadi tak ada salahnya untuk memanfaatkan momen Valentine untuk melakukan hal yang sama juga, bukan? Atau, bisa juga jika kamu ingin memberikan produk edisi terbatas secara gratis kepada pelanggan dengan minimal transaksi tertentu. Menarik, kan?

    Peluang untuk Mengeluarkan Kartu Anggota Romantis

    Jika kamu belum memiliki program loyalitas pelanggan, momen hari kasih sayang ini bisa kamu manfaatkan untuk meluncurkan program keanggotaan dengan kartu edisi khusus bernuansa Valentine. Kamu bisa menawarkan keanggotaan kepada pelanggan secara terpisah atau sebagai benefit khusus jika pelanggan melakukan pembelian dengan jumlah transaksi di atas angka yang sudah kamu tetapkan. Atau, jika kamu sudah memiliki program loyalitas, momen ini tetap bisa kamu manfaatkan untuk mengeluarkan kartu anggota baru dengan edisi terbatas. Tentu saja karena merupakan edisi terbatas, pastikan kamu hanya menyediakan kartu anggota baru bernuansa Valentine dengan jumlah yang terbatas pula, dan tidak menjualnya sepanjang waktu agar nilai eksklusifnya tidak hilang, ya!

    Nah, itu dia beberapa ide promo yang bisa kamu coba untuk menarik perhatian pelanggan di hari Valentine. Jangan lupa untuk memastikan bahwa promo apa pun yang kamu pilih, nantinya tidak akan membuatmu kerepotan atau kehabisan modal, ya! Sesuaikan jenis promo yang ingin kamu berikan dengan karakteristik pelanggan bisnismu. Jika memang tidak sempat untuk menganalisis perilaku transaksi pelangganmu untuk Valentine tahun ini, jangan tergesa-gesa mengeluarkan promo secara asal. Kamu toh masih bisa melakukannya untuk Valentine tahun depan. Siapa tahu dengan menghabiskan waktu untuk mengenali pelangganmu, kamu bisa menemukan ide promosi lain yang lebih cocok diberikan untuk pelanggan-pelangganmu!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.