Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Inspirasi Konten Instagram Bisnis di Hari Valentine

    Konten Instagram bisa dimanfaatkan sebagai sarana promo atau pemasaran produk

    Konten Instagram memang banyak kegunaannya. Bukan hanya sebagai media untuk mengunggah foto atau video pribadi, sejak adanya akun Instagram bisnis, konten Instagram pun bisa beralih fungsi menjadi sarana pemasaran dan promosi.

    Sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan hal ini dan mengakui bahwa pemasaran dan promosi melalui konten Instagram bisa sangat efektif dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa untuk membuat sebuah konten yang bisa menarik minat konsumen, bukanlah hal yang mudah. Jika kamu berniat untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram untuk keperluan bisnis, hal pertama yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana cara membuat konten yang menarik. 

    Momen hari Valentine di bulan Februari ini bisa juga kamu manfaatkan untuk mengaplikasikan metode pemasaran melalui konten Instagram. Pasangkan promo menarik dengan tampilan konten yang juga eye-catching agar orang tertarik untuk melihat, mencoba, dan membeli produk yang kamu tawarkan.

    Baca Juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

    5 Inspirasi Konten Instagram yang Menarik

    Kamu tidak harus jago dalam desain visual kok untuk bisa menghasilkan konten Instagram yang bagus, yang diperlukan hanyalah ide kreatif yang tidak ada habisnya. 

    Pertama, pahami dulu semua fitur yang ada di Instagram. Bila kamu teliti lagi, Instagram itu isinya bukan hanya feed dan stories yang plain lho. Misalnya, di Instagram stories, ada fitur tambahan seperti question, vote, dan lain-lain, yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan konsumen. Instagram juga punya fitur highlight, IGTV, Reels, sampai Instagram live

    Kedua, buat konsep untuk promosi atau pemasaran yang akan kamu gunakan. Misalnya, di momen hari Valentine, kamu bisa memakai background gambar dengan dominan warna merah atau pink. 

    Ketiga, gunakan bantuan aplikasi pembuat konten, seperti Canva atau lainnya. Di sini, kamu bisa bebas berkreasi dengan gambar atau tulisan, namun dengan cara yang mudah. 

    1. Konten Instagram dengan Tutorial

    Inspirasi konten Instagram yang pertama adalah konten yang memasukkan tutorial di dalamnya. Saat ini, media sosial juga banyak digunakan untuk berbagi ilmu dan tips penting. 

    Kamu bisa membuat tutorial singkat mengenai hal yang berkaitan dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, kamu menjual produk perawatan wajah, maka buatlah tutorial singkat untuk merawat kebersihan wajah agar tampil cantik saat merayakan hari Valentine bersama pasangan. Kamu bisa memperlihatkan penggunaan produk kamu juga di konten tersebut.

    Tutorial ini bisa kamu unggah di Instagram feed, baik dalam bentuk video atau multiple gambar. Pastikan resolusi gambar atau video yang kamu gunakan jernih dan bisa dinikmati dengan baik, ya. Agar orang yang melihat merasa betah dan suka. 

    Beberapa inspirasi konten Instagram menarik bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi pembuatan konten

    2. Konten Instagram Behind the Scene Melalui Stories atau Reels

    Video konten Instagram yang memperlihatkan behind the scene atau proses di belakang layar sebuah bisnis ternyata juga digemari, lho. Kamu bisa mengunggah proses packing produk, pembuatan produk (jika produknya adalah handmade atau kamu produksi sendiri), dan sejenisnya. 

    Khusus untuk promo hari Valentine, coba unggah konten video yang memperlihatkan kira-kira kejutan apa yang akan didapatkan oleh para konsumen saat membeli produk milikmu. Semacam sneak peak. 

    Baca Juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan

    3. Konten Instagram Memanfaatkan Fitur Reels

    Fitur reels pada Instagram, bisa jadi merupakan fitur yang saat ini sedang sangat digemari oleh para penggunanya. Reels hadir dengan tambahan filter dan sound yang bisa kamu atur penggunaannya dengan konten yang kamu unggah. 

    Kamu bisa mengunggah konten promo hari Valentine di sini, dengan filter dan sound khusus Valentine yang memang ada banyak sekali pilihannya. Berbeda dengan Instagram feed yang terkesan lebih aesthetic dan harus proper, Instagram reels terkesan lebih santai dan “raw”. 

    Memancing minat konsumen dengan visual sekaligus audio tentunya akan lebih efektif, bukan?

    4. Konten Instagram dengan Slide Feed

    Pernahkah kamu melihat postingan di Instagram feed yang menggunakan banyak (multiple) gambar dan slide? Dalam bisnis, hal ini dinamakan dengan carousel post. hal ini dilakukan bukannya tanpa tujuan. Selain bisa untuk memberikan informasi produk dan promo hari Valentine dengan lengkap, slide pada Instagram feed secara otomatis akan membuat orang yang melihatnya menjadi berlama-lama melihat konten kamu. 

    Durasi seseorang saat melihat konten Instagram kamu nantinya akan sangat berpengaruh pada engagement akun bisnis kamu, dan tentunya algoritma Instagram. 

    Bukan hanya multiple gambar yang bisa kamu pakai pada postingan seperti ini, kamu juga bisa menggunakan video yang dipotong menjadi beberapa bagian, untuk ditonton secara lengkap nantinya. 

    5. Konten Instagram dengan Unggahan Berseri

    Unggahan konten Instagram berseri? Iya. Sudah banyak pebisnis yang menggunakan cara ini untuk menarik minat pengguna Instagram agar mau membeli dan mencoba produk mereka. 

    Contohnya, di unggahan pertama, kamu bisa membuat konten berisikan sedikit kisah di balik perayaan hari Valentine, sambil sedikit memberikan bocoran mengenai promo yang akan dilangsungkan. Berikutnya, di unggahan kedua, kamu bisa mulai memberikan gambaran produk yang berkaitan dengan hari Valentine tersebut, entah parfum, hampers, bundle produk, dan sebagainya. Di unggahan terakhir, barulah kamu sebutkan apa saja promo hari Valentine yang kamu buat. 

    Selisih waktu antara satu postingan dan lainnya diusahakan jangan terlalu lama dan juga jangan terlalu singkat, misalnya sehari sekali. Dengan begitu, kamu akan memancing rasa penasaran dan keingintahuan dari orang-orang yang melihat postingan kamu. 

    Jika ternyata kamu masih merasa bingung seperti apa konten Instagram yang tepat untuk bisnis yang kamu jalankan, kamu bisa mencoba fitur marketing campaign yang disediakan oleh majoo. Kamu bisa mengirimkan request konten Instagram seperti apa yang kamu inginkan sesuai dengan brief produk melalui dashboard majoo. Nantinya, majoo akan membantu kamu membuat desain konten yang menarik, jika setuju dan puas dengan hasilnya, kamu bisa langsung mengunduh desain konten tersebut langsung dari dashboard majoo. Wah, praktis dan menguntungkan sekali ya? Coba sekarang, yuk! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.