5 Keuntungan Sistem Order Online Bagi Bisnis Restoran


 

Sebagai bagian dari generasi digital, kita pasti mulai menyadari bahwa kini hidup sangat praktis. Hampir semua yang kita perlu atau ingin dapat diperoleh hanya dengan beberapa ‘klik’ di smartphone.

 

Ditambah dengan munculnya pandemi COVID-19 yang memaksa kita untuk stay home, tren berbelanja secara online makin meningkat. Wajar saja bila konsumen juga berekspektasi bisa order online untuk aneka kebutuhan, termasuk makanan.

 

Karena perubahan ini, banyak konsumen berharap restoran kesayangannya menyediakan fasilitas pemesanan online. Sistem pemesanan online bukan hanya memudahkan konsumen, melainkan juga menguntungkan bagi bisnis.

 

Masih belum bisa melihat keuntungan sistem pesanan online bagi bisnis? Mari simak penjelasan berikut ini!

 

Pemesanan menjadi lebih mudah

Meskipun untuk take away, biasanya konsumen harus berkunjung langsung ke restaurant untuk melakukan pemesanan. Opsi tradisional lainnya, konsumen memesan melalui telepon, benar?

 

Dari gambaran di atas sudah terlihat bahwa cara tersebut sama sekali tidak efisien. Kabar baiknya, sekarang kamu bisa mengadopsi teknologi sehingga konsumen bisa memesan makanan dari restaurant milikmu secara online.

 

Menariknya lagi, kamu bahkan sudah tidak harus repot membuat situs atau website khusus. Kini tersedia aplikasi order online yang terintegrasi dengan sistem POS. Dengan menggunakan sistem tersebut, proses pemesanan makanan bisa lebih mudah.

 

Manajemen pesanan yang lebih efisien

Dengan memanfaatkan aplikasi order online, pesanan akan masuk ke dapur restoran secara otomatis. Dengan demikian, kamu bisa mengelola pesanan dengan tepat dan efisien.



Risiko tim dapur menyiapkan pesanan yang keliru menjadi lebih kecil karena detail pesanan dapat dilihat secara langsung di aplikasi. Selain itu, makanan selalu bisa disiapkan dengan segera berdasarkan urutan masuknya pesanan.

 

Dengan begitu, konsumen menunggu dalam rentang waktu yang optimal. Intinya, sistem ini menyederhanakan proses mulai dari pesanan dibuat sampai dikirim kepada konsumen.

 

Pengelolaan database konsumen juga efisien

Tidak hanya manajemen pesanan saja, tetapi pengelolaan database konsumen pun menjadi lebih efisien berkat sistem pesanan online. Sistem pesanan online akan meningkatkan relasi restaurant dengan konsumen melalui data dalam sistem CRM.

 

Dalam sistem CRM atau Customer Relationship Management, kamu bisa memperoleh informasi lebih dari sekadar penjualan. Terdapat informasi tentang pesanan baru, pesanan yang sedang berjalan, atau pesanan yang dibatalkan, dan informasi lainnya.

 

Kamu memiliki data spesifik terkait menu yang dipesan konsumen sehingga bisa menjadi dasar untuk membuat keputusan bisnis yang strategis. Jadi, kamu bisa memahami konsumen dengan lebih baik.

 

Dengan penerapan sistem pesanan online, kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan seperti: siapa pelanggan reguler di restoran milikmu? Apa menu yang mereka sukai? Menu makanan mana yang paling populer?

 

Data-data tersebut tentu sangat berharga sebab kamu dapat mengenal konsumen secara mendalam. Bahkan, kamu bisa membuat menu, promosi, atau penawaran yang dipersonalisasi untuk menghadirkan pengalaman istimewa bagi masing-masing konsumen.

 

Strategi up sale atau meningkatkan penjualan

Apakah kamu pernah mendengar bahwa seseorang bisa berbelanja lebih banyak dalam kondisi lapar? Hal ini bukanlah rumor atau pendapat semata, melainkan sudah dibuktikan dalam penelitian.

 

Nah, umumnya konsumen membuka aplikasi pesanan online ketika lapar. Karena itu, potensi mereka memesan lebih banyak sangat besar. Secara tidak langsung, menyediakan layanan pesanan online bisa menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan.

 

Akan tetapi, hal ini perlu didukung dengan foto menu yang menggugah selera. Seperti kata pepatah, gigitan pertama itu dilakukan oleh mata. Dengan kata lain, kamu perlu menyajikan gambar yang visually appealing.

 

Dengan demikian, konsumen akan terdorong memesan lebih banyak daripada pemesanan yang mungkin dilakukan melalui telepon atau saat membaca menu berupa tulisan di restaurant.

 

Lebih mudah mengelola menu online

Jika dipikirkan dengan baik, pengelolaan menu online bisa dibilang lebih mudah dan relatif ekonomis. Pertama, tentu kamu terbebas dari biaya cetak menu yang kadang tidak murah sebab pasti kamu ingin menghadirkan daftar menu istimewa, bukan?

 

Berikutnya, kamu mempunyai keleluasaan untuk mengganti menu kapan pun dibutuhkan. Hal ini juga memberimu ruang untuk bereksperimen dengan menu dalam rangka mengoptimalkan penjualan.

 

Misalnya, mengubahan tatanan menu sambil menganalisis template mana yang paling banyak mendatangkan penjualan. Di samping itu, kamu juga jadi bisa mengatur promosi yang berlaku harian.

 

Bahkan, kamu dapat mengiklankan menu tertentu dengan persediaan terbatas hanya pada hari atau jam tertentu. Cara-cara ini juga kembali kepada poin sebelumnya yaitu dapat mendukung peningkatan penjualan. Konsumen jadi memiliki sense of urgency untuk membeli menu makanan tertentu.

 

Kesimpulan

Di era serba digital seperti saat ini, kerugian ada di pihak restoran bila tidak mengakomodasi sistem order online. Sistem ini akan memudahkan konsumen melakukan pemesanan sekaligus memudahkan bisnis mengelola pesanan tersebut.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera aplikasikan sistem pesanan online untuk restaurant milikmu!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.