Di industri retail sekarang ini, persaingan dalam memenangkan pelanggan lebih sengit dari sebelum-sebelumnya. Program loyalitas pelanggan mungkin adalah salah satu strategi pemasaran tertua yang pernah ada, tapi masih menjadi yang paling efektif untuk membuat pelanggan setia pada brand tertentu.
Program ini memberikan kesan kepada pelanggan bahwa kamu menghargai loyalitas mereka, dan bisa meningkatkan tingkat kesetiaan pelangganmu dengan menawarkan berbagai manfaat bagi mereka yang rutin berbelanja.
Dari sekian banyak program loyalitas pelanggan yang diimplementasikan di berbagai toko di seluruh dunia, berikut adalah 5 program terbaik milik brand global yang menarik untuk diulik. Dari sini, kamu mungkin juga bisa menemukan inspirasi yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu, lho!
Starbucks Rewards
Brand global kopi yang punya ratusan gerai di Indonesia ini, menerapkan program loyalty pelanggan yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi seluler yang didesain khusus untuk program ini. Aplikasi besutan Starbucks untuk program loyalty ini bersifat gratis dan bisa diunduh secara langsung oleh pelanggan ke ponsel masing-masing.
Starbucks menggunakan sistem pengumpulan poin (disebut Stars) dan menawarkan banyak Bonus Stars dalam berbagai kesempatan, misalnya saat pelanggan berulang tahun, atau di periode-periode promo tertentu. Selanjutnya, pelanggan bisa menukarkan Stars yang sudah dikumpulkan dengan aneka pilihan makanan atau minuman.
adidas: Creators Club
Dengan peluncuran program rewards terbarunya, Creators Club, adidas mengedepankan pengalaman pelanggan dalam personalisasi dan menciptakan wadah untuk mengapresiasi para creator. Dalam program ini, ada empat level berbeda bagi pelanggan, yaitu Challenger, Playmaker, Gamechanger, dan Icon yang masing-masing punya rewards yang berbeda untuk dinikmati.
Di level pertama, pelanggan diberikan ID unik creator yang memungkinkan mereka mengintegrasikan semua aplikasi adidas dengan informasi personal mereka. Sebagai Playmaker, pelanggan mendapatkan akses ke produk-produk khusus anggota yang dibuat dengan atau untuk mereka.
Di level Gamechanger dan Icon, pelanggan bisa mempersonalisasi produk yang mereka inginkan secara gratis dan bahkan menikmati aplikasi olah raga atau perencanaan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Di sini jelas terlihat bahwa adidas memahami pelanggannya dan hal-hal yang paling penting bagi mereka dengan program yang sangat terpersonalisasi.
Sephora
Pencinta produk kecantikan yang sering berbelanja di Sephora, wajib hukumnya mendaftar program loyalitas pelanggan mereka, Beauty Insider, untuk bisa menikmati rangkaian produk eksklusif dari brand ini.
Anggota program loyalty Sephora juga punya akses untuk mengikuti kelas-kelas kecantikan, promosi musiman, hingga set produk yang dikurasi secara eksklusif. Sephora juga meluncurkan tiga kartu kredit sebagai penambahan dari program loyalty yang mereka miliki saat ini, yang memungkinkan anggota untuk menikmati lebih banyak lagi penawaran menarik dari mereka.
Marriott Bonvoy
Pada tahun 2019 kemarin, Marriott International memutuskan untuk menggabungkan tiga program loyalitas pelanggan: Marriott Rewards, The Ritz-Carlton Rewards, dan Starwood Preferred Guest (SPG), menjadi satu program andalan: Marriott Bonvoy.
Pelanggan bisa mengumpulkan poin lebih dari 30 brand berbeda dan menukarkannya dengan lebih banyak pilihan, seperti kamar hotel, tiket penerbangan, paket perjalanan, voucher, atau tiket ke acara eksklusif. Dengan melibatkan banyak brand perjalanan yang mewah, Marriott Bonvoy secara strategis merancang program loyalitas pelanggan untuk menjaga brand image mereka.
Michael Kors
Michael Kors menawarkan level program loyalty yang memberikan manfaat seperti hadiah kejutan, acara privat, layanan spesial, dan gratis biaya pengiriman. Tidak seperti kebanyakan brand lain, Michael Kors termasuk brand yang cukup royal dalam memanjakan pelanggan.
Semakin tinggi level seorang pelanggan dalam program loyalty Michael Kors, semakin banyak yang hal bisa diharapkan untuk didapatkan. Mulai dari aksesoris berkualitas tinggi hingga tas tangan model terbaru, dan tentu saja, bukan sekadar barang-barang sisa dari rak yang tak terjual di akhir musim.