Table of Content

    Inilah Pilihan Kedai Kopi Instagrammable di Yogyakarta

    Berbicara Yogyakarta, orang mungkin akan langsung ingat Jl. Malioboro yang legendaris atau keraton. Namun, di luar ragam pilihan wisata budaya dan wisata sejarah, kota ini juga menawarkan tempat-tempat kekinian yang layak dikunjungi, seperti beberapa kedai kopi yang hits dan instagrammable.


    Pengunjung coffee shop terus meningkat dari waktu ke waktu. Baik mereka yang datang karena ingin menikmati kopi berkualitas, bekerja atau mengerjakan tugas kuliah, bahkan untuk sekadar nongkrong. Wajar saja bila jumlah coffee shop semakin menjamur di Kota Gudeg ini.


    Bagi kamu yang tinggal atau berkunjung ke Yogyakarta, tentu bingung memutuskan akan ngopi ke kedai mana, karena banyaknya pilihan coffee shop yang tersedia. Jangan bingung lagi, berikut ini rekomendasi kedai kopi yang menarik dan tentu saja instagrammable untuk kamu!


    1. Tulip Cafe Jogja

    Desain gaya bohemian akan segera menyambutmu, begitu kamu melangkahkan kaki ke dalam coffee shop yang satu ini. Tulip Cafe Jogja memang kombinasi kedai kopi dan dekorasi rumah, sebagai bagian dari Tulip Living Cafe & Home Decor.

    Jadi, kamu bisa menikmati ragam sajian di sana sambil berbelanja kebutuhan dekorasi rumah yang unik dan menarik. Sekaligus mengambil banyak gambar untuk konten Instagram tentunya. Dekorasi ala bohemian dengan aksen tropical di beberapa sudut kafe ini, siapa menjadi latar untuk foto cantikmu.

    Image source: https://www.instagram.com/tulipcafejogja

    Selain itu, nongkrong di kafe yang satu ini kamu bisa sejenak melupakan soal kalori berlebih. Sebab menu yang disajikan oleh Tulip Cafe Jogja kebanyakan adalah menu makanan sehat. So, bagi kamu yang vegetarian, kafe ini sangat cocok masuk ke dalam go-to list kamu saat berkunjung ke Yogyakarta.

    Penasaran? Langsung saja kunjungi kafe yang terletak di Jl. Padma No. 888 ini. Meskipun lokasinya agak masuk ke dalam permukiman warga, namun begitu tiba di sana, dijamin kamu tidak akan kecewa. Bila akan berkunjung ke sana, pastikan tidak malam hari. Sebab jam operasional kafe ini hanya antara pukul 09.00-17.00.

    2. Kalluna

    Image source: https://www.instagram.com/kalluna_id

    Kafe yang satu ini terhitung masih baru. Namun, kedai yang didominasi dengan warna putih dan ornamen kayu serta dry flower pada beberapa bagiannya ini, telah mampu menyedot perhatian. Beberapa orang menyebut kafe ini sebagai kafe dengan definisi instagrammable yang sesungguhnya.

    Kalluna memiliki desain yang clean sekaligus chic. Pilihan earthy neutral tone memberikan kesan minimalis, tetapi hangat, juga menciptakan ambience yang menenangkan. Kamu akan sangat gemas dan ingin segera berpose di depan kamera saat melihatnya.

    Lokasinya pun terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Sajiono No.13. Sehingga memudahkan akses bila kamu ingin berkunjung ke sana. Coffee shop cantik ini siap menyambutmu dari jam 10.00-22.00, kecuali pada akhir pekan, kamu dapat menikmati sajian di sana hingga pukul 23.00.

    3. Awor Coffee Junction

    Berbeda dengan desain kedua kafe sebelumnya, kafe yang satu ini memiliki kesan tegas dan sederhana melalui desain industrial. Citra minimalis dan clean juga diperoleh dari pilihan interior yang didominasi warna putih.

    Pada titik dengan sudut pandang yang tepat, kamu akan mendapatkan foto yang dijamin unik dan menarik.

    Bagian yang menyenangkan, Awor Coffee Junction akan memenuhi kebutuhanmu akan asupan kafein tanpa henti. Ya, kafe ini buka 24 jam. Bila kamu berkunjung pada malam hari, dinding industrialnya yang dipadu dengan neon box logo baru mereka yang menyala putih terang dapat menambah satu lagi koleksi foto cantikmu.

    Karena coffee shop yang satu ini memiliki beberapa cabang, dengan konsep yang agak berbeda satu dengan lainnya, pastikan kamu berkunjung ke alamat yang benar ya. Awor Coffee Junction berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No. 16.

    Image source: https://www.instagram.com/awor.coffee

    4. The Canopy

    Kita sudah memiliki daftar kafe dengan gaya bohemian, minimalis, dan industrial, kali ini kamu akan disuguhi pemandangan yang ceria dan segar. The Canopy, kafe pendatang baru ini, menawarkan suasana yang flowery dalam arti sesungguhnya.

    Saat berkunjung ke sana kamu akan disambut dengan ragam bunga yang memang sengaja diperuntukkan sebagai spot foto. Kafe ini tentu saja jadi salah satu coffee shop yang instagrammable di Yogyakarta, sesuai dengan klaim mereka yang menyajikan ‘instagenic photo spots’.

    Image source: https://www.instagram.com/thecanopy_id

    Kafe yang terletak di Jl. Abu Bakar Ali No. 20 ini, dapat kamu kunjungi mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 23.00.

    5. Jiwajawi

    Dari beberapa pilihan kafe di dekat pusat kota, kali ini mari sedikit bergeser ke bagian selatan Yogyakarta. Lokasinya yang terletak di Bangunjiwo, Bantul, membuat beberapa orang merasa kesulitan untuk mencapai kedai yang satu ini.

    Image source: https://www.instagram.com/jiwajawijogja

    Namun, perjalanan yang cukup panjang sangat layak untuk ditempuh. Sebab begitu tiba di Jiwajawi, kamu akan dimanjakan dengan desain bangunan yang unik dan pemandangan hutan kecil yang menyegarkan sekaligus menenangkan.

    Pertama kamu akan disambut dengan gerbang batunya yang sangat ikonik. Selanjutnya kamu bisa memilih untuk mengambil tempat duduk di area joglo, bagian belakang dengan pemandangan hutan dan suara jangkrik, bahkan duduk santai di atas tikar pada bagian lapangannya yang berumput hijau. Jangan lupa mengambil foto pada spot-spot menarik di sana ya!

    Nah, bila ingin berkunjung ke sana, sebaiknya tidak hari Senin karena Jiwajawi tidak beroperasi pada hari tersebut. Tapi, pada hari lain sejak pukul 08.00 pagi, kafe ini sudah siap menyambut kedatanganmu. Selamat mencoba!

    Transaksi mudah dan praktis di berbagai kedai kopi

    Sebagai pelanggan, kamu tentu ingin melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran dengan mudah dan praktis, serta dengan berbagai pilihan metode pembayaran. Tak perlu khawatir, sebagian besar kedai kopi di Yogyakarta sudah dilengkapi dengan aplikasi kasir online yang akan memudahkanmu bertransaksi.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!