Table of Content

    5 Peluang Usaha di Tengah Pandemi Coronavirus

    Peluang usaha di tengah pandemi coronavirus

    Di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh bagian dunia seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang memutuskan untuk mengikuti anjuran untuk lebih banyak #DiRumahAja jika memungkinkan dan menghindari keramaian. Semakin banyak juga kantor dan perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home demi membantu mengurangi potensi penyebaran coronavirus.

     

    Untuk mengurangi frekuensi keluar rumah, banyak masyarakat yang memutuskan mengurangi frekuensi belanjanya juga, dari yang setiap hari menjadi mingguan atau dua mingguan. Karena inilah, meskipun berbagai bisnis mengalami penurunan omset besar-besaran karena hal-hal tersebut di atas, masih ada beberapa jenis usaha yang menggeliat di tengah gempuran pandemi COVID-19 ini. Berikut adalah beberapa peluang dan tren usaha yang menarik untuk dicoba di tengah pandemi ini. 

    1. Makanan Beku

    Salah satu bahan makanan yang paling banyak dicari dan ingin dibeli oleh masyarakat di saat-saat seperti ini adalah makanan beku, contohnya nugget, bakso, chicken wings, sosis, siomay, dan lain sebagainya. Jenis makanan ini banyak dipilih karena praktis, awet, serta bisa disimpan dulu di dalam kulkas untuk dimasak sewaktu-waktu.

     

    Usaha makanan beku ini menarik karena memungkinkan untuk kamu lakukan dari rumah, sehingga relatif aman bagi kesehatanmu. Dan jika selama ini kamu sudah punya bisnis makanan, misalnya restoran atau kafe, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengemas menu makananmu menjadi hidangan beku sehingga pelangganmu bisa memesannya dan menghangatkannya sendiri di rumah.

    2. Bahan Makanan Siap Masak

    Tidak suka makanan beku dan mau terus masak makanan sendiri? Bagaimana caranya bisa terus mendapatkan bahan makanan yang segar tanpa perlu keluar rumah terlalu sering? Tentu tidak sedikit orang yang berpikiran seperti ini.

     

     Usaha kuliner di masa pandemi COVID-19

     

    Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual paket-paket bahan masakan siap olah. Yang perlu kamu lakukan adalah, berbelanja, memotong dan mengupas bahan seperti sayur mayur dan daging, serta menyiapkan bumbu-bumbunya. Jika tidak ingin terlalu sering ke pasar, kamu bisa mencoba bekerja sama dengan supplier misalnya tukang sayur untuk mengantarkan bahan masakan tersebut ke rumahmu.

    3. Layanan Pengantaran

    Di saat masyarakat tidak ingin sering keluar rumah seperti ini, menyediakan layanan pengantaran untuk produk apa pun yang kamu jual menjadi wajib hukumnya jika kamu ingin bisnismu bertahan.

     

    Beruntung saat ini sudah banyak sekali jasa pengiriman yang bisa diandalkan, mulai dari kurir reguler, hingga ojek online. Manfaatkan peluang ini dengan menyediakan pilihan antar untuk setiap produk yang dibeli oleh pelanggan. Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa memberikan promo subsidi ongkos kirim, atau bahkan menggratiskannya.

    4. Produk Kemasan Besar

    Peluang yang satu ini sangat cocok dimanfaatkan oleh kamu yang saat ini mengelola kedai kopi, kafe, atau restoran. Sekali lagi, untuk memfasilitasi orang yang tidak ingin sering keluar rumah, kamu bisa menawarkan produk dalam kemasan besar sehingga pelangganmu tetap bisa menikmati produkmu tanpa perlu sering-sering membelinya.

     

    Kedai kopimu misalnya, bisa menyediakan menu es kopi susu andalan yang biasanya hanya kemasan gelas 250 ml, menjadi kemasan botol 1 atau 2 liter sekaligus. Atau restoranmu bisa menawarkan promo makan satu hari, yang terdiri dari 3 menu atau 3 porsi makanan yang bisa dibeli sekaligus.

    5. Minuman Sehat

    Daya tahan tubuh yang bagus adalah salah satu kunci utama agar kita tidak mudah tertular coronavirus yang sedang merebak ini. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh kita.

     

    Hal tersebut juga yang cukup disadari oleh masyarakat belakangan ini, sehingga penjualan minuman sehat turut menjadi tren. Beberapa di antaranya adalah jus buah segar, minuman tradisional seperti wedang jahe dan wedang uwuh, hingga air perasan lemon dan madu murni.

     

    Kita tentu tidak mau pandemi coronavirus ini berkepanjangan. Dan jika kamu bertanya-tanya apa yang harus kamu lakukan sesudah pandemi berakhir jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu peluang di atas? Jangan khawatir. Semua peluang di atas akan bisa terus kamu lanjutkan dan justru berpotensi menjadi salah satu pundi keuntungan yang baru untuk bisnismu ke depannya.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bibit Tanaman, Peluang Bisnis yang Tak Biasa di Masa Pandemi
    Jual beli bibit tanaman menjadi peluang bisnis yang menarik sebab orang yang punya waktu luang selama pandemi, mencari-cari kegiatan produktif untuk dilakukan, salah satunya adalah bercocok tanam.
    Intip Bidang Usaha yang Memiliki Peluang Emas pada 2022!
    Setelah situasi ekonomi tidak menentu, apakah masih ada bidang usaha yang potensial? Jangan keliru, beberapa bisnis UMKM ini berpeluang emas pada 2022!
    Manfaatkanlah Ragam Tren Digital Marketing Tahun 2022 Ini!
    Digital marketing selalu berubah. Idealnya bisnis tidak sekadar mengikuti perubahan, akan tetapi memanfaatkannya agar lebih siap menghadapi tahun 2022.
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.