8 Alasan Pengusaha Sukses Menggunakan Aplikasi Wirausaha


Salah satu rahasia umum dari para pengusaha sukses adalah kehati-hatiannya dalam mengelola keuangan usaha mereka. Ini juga didasari prinsip ekonomi dasar, yaitu menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya sekecil mungkin.

Oleh karena itu, sudah menjadi praktik yang lazim ketika pengusaha berusaha menekan pengeluarannya dengan berbagai cara dalam berbagai aspek bisnisnya. Sebagian, misalnya, memilih menggunakan barang second untuk mengurangi beban pengadaan peralatan dan perlengkapan. Atau memilih menggunakan cara manual atau konvensional dibandingkan menggunakan pencatatan terintegrasi dengan sistem komputerisasi.

Tentu saja, pilihan-pilihan itu ada di tangan para pengusaha itu sendiri. Para pengusaha yang hanya mampu melihat keuntungan dari besarnya rupiah yang tersisa, seringnya harus bekerja jauh lebih keras dari yang bisa melihat keuntungan lain di luar nominal rupiah.

Menggunakan aplikasi wirausaha dalam menjalankan bisnis, misalnya, bagi sebagian pengusaha dianggap sebagai pengeluaran yang tidak perlu atau bahkan sia-sia. Aplikasi ini memang terkesan mahal, khususnya karena dilengkapi dengan peralatan yang juga canggih. Padahal, dengan biaya yang dikeluarkan, aplikasi ini bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Kebanyakan pengusaha yang maju merasa sangat terbantu dan diuntungkan oleh aplikasi wirausaha ini. Meskipun keuntungannya tidak secara langsung berbentuk uang, banyak aspek dalam bisnis yang menjadi lebih efisien dan efektif. Berikut ini 8 alasan pengusaha maju menggunakan aplikasi wirausaha.

1. Memangkas Waktu

Aplikasi wirausaha yang terintegrasi akan memberi dampak positif pada bisnismu, khususnya dalam memangkas waktu kerja. Sebagai contoh, waiter di suatu restoran tidak perlu bolak-balik dari meja pelanggan ke dapur untuk menginformasikan bahwa menu yang dipesan sudah habis. Informasi itu sudah ada di perangkat yang digunakan waiter untuk mencatat pesanan.

Tidak hanya itu, dari setiap menu yang dipesan pelanggan dan dicatat menggunakan perangkat ini, aplikasi ini langsung mengurangi jumlah persediaan bahan yang tersedia di tempat penyimpanan. Staf bagian pengadaan bisa langsung memesan persediaan tambahan tanpa perlu memeriksa ke dapur atau ke tempat penyimpanan bahan masakan.

Demikian halnya pada jenis usaha yang lainnya. Kasir pada bisnis laundry, misalnya, tidak perlu membongkar tumpukan nota ketika ada pelanggan yang hendak mengambil cuciannya, namun lupa membawa salinan notanya.

2. Mempermudah Pekerjaan Kasir

Tanggung jawab seorang kasir sangatlah besar. Ia tidak hanya bertanggung jawab atas pembayaran pelanggan atas barang atau jasa yang mereka gunakan. Kasir juga bertanggung jawab atas keamanan laci uang, keaslian uang yang digunakan untuk membayar, pencatatan penerimaan, dan pembuatan laporan penjualan.

Tanpa aplikasi wirausaha ini, kasir harus membuat laporan penjualan secara terpisah: pembayaran tunai, pembayaran kredit, dan pembayaran debit. Apabila bisnismu sudah menggunakan aplikasi wirausaha, sistem yang akan memisahkannya secara otomatis, sehingga tugas kasir menjadi lebih ringan.

Pada akhir hari atau akhir shiftnya, kasir hanya perlu menekan beberapa tombol untuk merekapitulasi penjualan. Rekap ini akan secara langsung terangkum dalam sistem, yang bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Mempermudah Manajemen Persediaan Barang

Mengelola persediaan barang untuk bisnis skala kecil mungkin belum membuat kewalahan. Namun, bagaimana dengan bisnis skala menengah ke besar, serta untuk bisnis dengan beberapa cabang?

Sistem pencatatan persediaan barang yang juga terintegrasi dalam aplikasi wirausaha ini sangat dapat diandalkan. Kamu tidak perlu lagi terlalu sering memeriksa persediaan barang, karena setiap ada yang terjual, jumlahnya otomatis akan dikurangi oleh sistem. Kamu juga bisa mengetahui status stok masing-masing cabang, sehingga kamu bisa menentukan perlu tidaknya melakukan restok.

Aplikasi inventory ini pun sangat membantu dalam bisnis restoran. Ketika kamu sudah memasukkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat suatu menu, setiap kali menu tersebut dipesan, jumlah bahan-bahan yang terpakai akan otomatis dikurangkan dari jumlah persediaan. Dengan demikian kamu bisa selalu memantau persediaanmu dan bisa memutuskan kapan harus melakukan pemasokan ulang.

4. Mempermudah Program Loyalty

Aplikasi wirausaha umumnya dilengkapi dengan basis data pelanggan. Basis data ini tidak hanya berisi nama dan nomor telepon atau alamat surel pelanggan, tetapi juga rekam jejak transaksi yang sudah dilakukan oleh pelanggan. Dengan basis data ini, kamu bisa merancang program loyalti untuk pelangganmu, atau sekadar menjaga hubungan baik dengan memberi mereka reward tertentu atau ucapan selamat ulang tahun atau hari raya.

5. Mempermudah Kampanye Pemasaran

Fitur lain yang merupakan keunggulan dari aplikasi wirausaha ini adalah penyajian data bisnismu. Kamu bisa melihat data transaksi yang disajikan dalam bentuk grafik. Kamu bisa mengetahui, barang apa yang paling laku di cabang yang mana. Atau hari apa saja yang nilai transaksinya di bawah rata-rata.

Dengan bersenjatakan data ini, kamu bisa merancang kampanye pemasaran untuk meningkatkan penjualanmu. Untuk mengatasi hari Senin yang selalu sepi pelanggan misalnya, kamu bisa membuat program khusus baik itu buy one get one free atau diskon sekian persen. Tanpa data, kampanye pemasaranmu bisa sia-sia dan salah sasaran. Dengan data, sudah pasti jitu.

6. Mempermudah Pengusaha Melakukan Monitoring

Sebagai pemilik usaha, tentunya kamu memiliki keterbatasan waktu dan prioritas. Mungkin kamu harus pergi ke luar kota untuk bertemu dengan calon investor, atau harus mengunjungi supplier untuk memastikan kualitas barang yang kamu pesan. Di mana pun kamu berada, dengan menggunakan aplikasi wirausaha ini, kamu bisa tetap memantau bisnismu secara real-time.

Aplikasi ini memudahkanmu memeriksa penjualan, stok barang, sampai ke absensi pegawai hanya dari gadgetmu. Kamu tidak harus mengunjungi setiap cabang tokomu setiap hari untuk memantau penjualan atau menerima laporan keuangan, misalnya. Semuanya terintegrasi dalam sistem.

7. Mempermudah Pencatatan Reward untuk Karyawan

Aplikasi wirausaha juga dilengkapi dengan fitur absensi karyawan. Kamu bisa dengan mudah memantau kedisiplinan karyawanmu tanpa harus berada di tempat. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencatatan insentif.

Kamu bisa mengetahui penjualan yang dilakukan oleh masing-masing karyawanmu. Kalau kamu sudah memasukkan data besarnya insentif yang akan diterima seorang karyawan setiap mereka mencapai target tertentu, kamu pun akan bisa memantau insentif yang diperoleh karyawanmu. Dari data ini juga, kamu bisa menentukan karyawan yang berkinerja di atas rata-rata atau yang masih di bawah rata-rata.

8. Ramah Lingkungan

Ketika kamu masih menggunakan cara yang konvensional dalam melakukan bisnismu, setiap harinya kamu akan dihadapkan pada setumpuk nota, kuitansi, laporan penjualan – semuanya menggunakan kertas. Kamu bisa beralih ke paperless business dengan menggunakan aplikasi wirausaha ini. Semua laporan keuangan, penjualan, bahkan sampai ke tanda terima untuk pelanggan bisa dialihkan ke dalam bentuk digital. Ini tentunya membuat bisnismu lebih ramah lingkungan, dan memangkas biaya yang harus kamu keluarkan untuk pengadaan kertas.


Related Article

post-thumbnail

Pentingnya Invoice yang Rapi bagi Bisnis B2B

Invoice tentu sangat membantu sekaligus mempermudah dalam pengelolaan barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Terutama lagi dalam perhitungan laba dalam sebuah perusahaan maupun bisnis.
post-thumbnail

Transaksi Cashless, Solusi Aman Pembayaran Tanpa Kontak Fisik

Transaksi cashless di masa pandemi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko transmisi virus karena tidak ada kontak fisik yang dilakukan.
post-thumbnail

5 Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Harus diakui bahwa popularitas podcast terus meningkat belakangan ini. Sadarkah kamu media ini dapat menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif?
post-thumbnail

Menyusun Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Tingkat Retensi Pelanggan

Menjaga tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu bisnis, tidak heran jika program loyalitas pun menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan untuk memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang.

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp