Apa Pentingnya Loyalitas Konsumen Untuk Bisnismu?

 

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis yang menguntungkan dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang, apa yang sebaiknya kamu fokuskan dalam strategimu? Jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin mengejutkan. Tidak seperti yang dipikirkan oleh kebanyakan pengusaha, menjaga kesetiaan pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih penting bagi bisnis kecil agar dapat bertahan, daripada mendapatkan pelanggan baru.

 

Untuk bisnis yang masih baru, mengalokasikan anggaran untuk mendapatkan pelanggan baru tentu penting. Namun, menjaga kesetiaan pelanggan harus selalu menjadi prioritas dan ada dalam strategi bisnismu. 

Pentingnya loyalitas pelanggan

Kesetiaan pelanggan pada kenyataannya bukan hanya tentang produk atau layanan saja, tetapi merupakan hasil dari emosi yang hadir karena pengalaman positif yang konsisten dan terus menerus dirasakan oleh pelanggan.

 

Inilah alasan yang sebenarnya mengapa kesetiaan pelanggan memiliki hubungan sebab-akibat yang kuat terhadap pengalaman pelanggan, terutama di era digital seperti saat ini. Dengan penggunaan media sosial yang sangat luas, pengalaman pelanggan yang baik, maupun buruk, akan sangat mudah tersebar hanya dalam beberapa kali klik. Oleh karena itu, kesetiaan pelanggan adalah hal serius yang perlu diperhatikan oleh setiap bisnis.

 

Jangka panjang adalah kata kuncinya. Loyalitas bukanlah pekerjaan jangka pendek. Di era ketika pelanggan menuntut produk dan layanan yang lebih memuaskan seperti saat ini, sangatlah keliru jika kita menganggap kesetiaan pelanggan hanya sekadar kartu konvensional atau rewards asal-asalan.

 

Memberikan rewards atas pembelian pelanggan bisa meningkatkan penjualan bisnismu dalam jangka pendek, tetapi melibatkan mereka dan menjadikan pelanggan sebagai inti dari strategi bisnismu-lah yang akan membuat mereka merasakan kedekatan dengan produk atau layananmu dan tetap akan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

 

Sering kali kita terjebak pada pola pikir: asalkan produk atau layanan yang ditawarkan bagus, konsumen otomatis akan jadi loyal. Meskipun dalam beberapa kasus, hal tersebut benar, tetapi kenyataannya itu hanya cocok dipakai dalam strategi jangka pendek. Bahkan bisa jadi, cepat atau lambat, pelanggan akan pergi jika tidak dijaga karena mereka akan merasa tidak dipedulikan.

 

Pelanggan yang loyal tidak hadir begitu saja, tetapi harus diciptakan. Hal-hal yang kita lakukan (atau tidak kita lakukan) akan menentukan seberapa banyak pelanggan yang loyal yang kita miliki, dan seberapa loyal mereka terhadap bisnis kita. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari pelanggan yang puas. Waktu dan biaya yang kita gunakan untuk membuat mereka puas, selalu sepadan dengan apa yang akan kita dapatkan.

 

Setiap bisnis perlu pelanggan baru, tentu saja! Namun, keuntungan yang paling mudah dan sudah jelas bisa diprediksi sebenarnya mungkin ada tepat di depan mata, yaitu para pelanggan yang saat ini sudah tahu produkmu dan sudah pernah membeli produk atau menggunakan layananmu.

 

Perhatikan beberapa alasan mengapa loyalitas konsumen penting untuk bisnismu berikut ini!

Penjualan yang lebih baik

Dengan memiliki pelanggan yang loyal, kamu sudah mengamankan keuntungan yang stabil untuk bisnismu. Pelanggan yang sudah pernah membeli atau menggunakan produkmu, memiliki potensi untuk membeli produk atau jasamu lagi, kecuali jika mereka merasakan pengalaman yang kurang baik.

 

Kamu tidak harus terus menerus mengeluarkan biaya besar untuk beriklan dan mencari pelanggan baru, jika kamu bisa menjaga pelanggan lama untuk terus kembali dan membeli atau menggunakan produkmu lagi.

 

Saat bisnismu sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, mereka sudah menggunakan produk atau layananmu, dan terlebih lagi jika kamu sudah mengenal profil pelanggan, kamu akan lebih mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka dan memprediksi pergerakan dan potensi pembelian mereka.

Pemasaran yang lebih mudah

Untuk mendapatkan pelanggan baru, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk meyakinkan agar mereka mau membeli atau menggunakan produkmu. Usaha meyakinkan calon pelanggan ini akan memakan lebih banyak waktu dan biaya daripada untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.

 

Tak hanya itu saja, pelanggan yang puas juga bisa menjadi brand ambassador sekaligus tim pemasaran gratis untuk bisnismu. Saat pelanggan menyukai sebuah produk atau layanan, ada kecenderungan bahwa mereka akan mereferensikan produk atau layanan tersebut ke teman-teman, keluarga, atau kenalan mereka.

Peningkatan kualitas

Dengan memiliki pelanggan yang loyal, kamu punya kesempatan emas untuk meningkatkan produk atau layananmu sekaligus memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan dengan mendengarkan masukan dan saran dari mereka.

 

Apakah produkmu sudah cukup bagus? Apakah layananmu sudah sesuai dengan yang pelanggan inginkan? Apakah harganya sudah sesuai?

 

Ada banyak informasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur strategi bisnis dan menjaga kelangsungan bisnismu dalam jangka panjang, hanya dengan mendengarkan masukan dari pelanggan yang sudah kamu miliki saat ini.

Keuntungan yang lebih tinggi

Berbeda dengan calon pelanggan yang masih sangat fokus terhadap harga, pelanggan yang sudah membeli dan menggunakan produk atau layananmu saat ini, cenderung akan lebih mudah membeli produkmu yang lain.

 

Dan karena mereka sudah memberikan kepercayaan terhadap bisnismu, pelanggan akan merasa memiliki kedekatan dan lebih mudah tertarik saat kamu melakukan up-selling dan cross-selling produk bisnismu yang lain.

Biaya jangka panjang yang lebih murah 

Pelanggan yang loyal akan membuat anggaran bisnismu jauh lebih hemat! Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya hingga enam atau tujuh kali lipat yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

 

Namun, tentu saja, ini semua bukan hanya tentang uang. Cara kita membangun dan mengelola kesetiaan pelanggan pada akhirnya akan menjadi penentu keberhasilan strategi bisnis dalam jangka panjang.

 

Karena itulah, kita sebaiknya tidak mengabaikan nilai yang tersembunyi di balik pelanggan yang loyal dan mulai proaktif menjaga pelanggan yang sudah ada. Singkat kata, pelanggan yang sudah kamu miliki saat ini adalah potensi terbaik untuk memaksimalkan pendapatan dan membuat bisnismu lebih menguntungkan!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM

Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif. Dengan modal yang tidak terlalu besar, UMKM dapat menerapkannya untuk mempromosikan produk.

Fleksibel Saat Krisis, Ini Langkah dalam Manajemen Inventori

Di tengah situasi krisis seperti saat ini, manajemen inventori perlu menjadi prioritas para pemilik bisnis.

Aplikasi POS, Investasi UKM untuk Mengembangkan Bisnis

Aplikasi Point of Sales dapat dimanfaatkan sebagai investasi UKM terbaik untuk mengembangkan bisnis.

New Normal Harus Dihadapi Dengan Pola Pikir Baru

Situasi new normal tidak dapat dihadapi dengan cara-cara atau pola pikir lama, dibutuhkan penyesuaian agar berhasil keluar dari masa sulit ini.
Whatsapp