Aplikasi Retail Yang Cocok Untuk Toko Baju

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis retail saat ini, kamu sebagai pengusaha dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan pelanggan. Untuk menjawab hal tersebut, penting bagi bisnismu untuk memilih aplikasi POS yang tepat dalam menjual produkmu dan melayani pelanggan. Kuncinya adalah kemudahan penggunaan, perangkat yang ringkas, cepat, dan fitur yang bermanfaat.


Lalu, apa yang membedakan aplikasi POS toko baju dengan, misalnya, aplikasi POS untuk restoran, kafe, atau bahkan aplikasi POS serbaguna pada umumnya? Meskipun fungsinya mirip-mirip dan mungkin bisa menangani jenis transaksi yang terjadi baik di restoran maupun toko baju, tapi ada banyak aplikasi yang didesain spesifik untuk menangani kebutuhan bisnis toko baju atau retail.


Di antara berbagai aplikasi POS retail yang ada di pasaran saat ini, bahkan ada sebenarnya berfungsi lebih sebagai aplikasi wirausaha yang lengkap, misalnya aplikasi majoo, karena aplikasi ini tidak sekadar memproses transaksi penjualan saja, tetapi juga menawarkan manajemen inventori, manajemen karyawan, manajemen pelanggan, sistem loyalti pelanggan, catatan supplier, pembukuan, pembuatan PO, invoice, dan transfer stok, laporan penjualan, dan banyak lagi.

 

Nah, meskipun manfaatnya sangat banyak untuk bisnismu, dengan banyaknya pilihan yang ada di pasar saat ini, memilih aplikasi toko baju yang tepat bisa jadi tantangan berat untuk pengusaha. Berikut beberapa kiat penting dalam memilih aplikasi yang paling cocok untuk toko bajumu.

Tentukan kebutuhan tokomu

Buatlah daftar fitur yang ingin kamu dapatkan dari aplikasi POS, yang akan membantumu menjalankan bisnismu dengan lebih mudah. Dengan membuat daftar seperti ini, kamu akan lebih fokus dalam melakukan riset dan POS yang akhirnya kamu pilih, memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tokomu.

Riset fitur

Dari daftar yang sudah kamu buat, mulailah riset untuk menentukan aplikasi POS yang paling tepat. Meskipun kebutuhan setiap toko baju mungkin berbeda-beda, tapi sebagai gambaran, beberapa fitur di bawah ini penting ada di setiap toko baju. Coba periksa lagi daftarmu, apakah sudah kamu masukkan fitur berikut ini:

  • Transaksi penjualan. Aplikasi POS yang kamu pilih untuk toko bajumu sebaiknya punya fitur yang akan membantumu mengatur harga modal dan menghitung laba penjualan secara otomatis. Selain itu, navigasi kasir dengan pilihan produk dan SKU view akan memudahkan kasir dalam melakukan transaksi penjualan.

  • Layanan pelanggan dan upselling. Aplikasi toko baju yang baik akan memudahkanmu dalam mencatat riwayat pembelian seorang pelanggan. Informasi ini bisa kamu akses dan akan memudahkanmu memberikan saran sebelum pelanggan melakukan pembelian lagi.

  • Kemudahan manajemen karyawan. Dengan aplikasi POS, kamu bisa secara langsung dan mudah menghitung komisi untuk karyawanmu. Menentukan shift kerja karyawan pun bisa kamu lakukan berdasarkan kinerja mereka yang informasinya bisa kamu dapatkan di aplikasi ini.

  • Direct marketing. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi wirausaha untuk mengirimkan promosi melalui email ke pelanggan, misalnya diskon, sale, atau event spesial.

  • Manajemen inventori. Dalam bisnis seperti toko baju, inventori yang terkelola dengan baik sangatlah krusial. Fitur ini akan memudahkanmu memonitor stok barang dan memberi notifikasi saat stok tinggal sedikit. Penting juga sebuah aplikasi toko baju untuk punya kemampuan menyimpan inventori dengan jumlah besar.

  • Konsinyasi. Jika tokomu melayani penjualan secara konsinyasi, pilihlah aplikasi yang memiliki fitur konsinyasi yang terintegrasi dengan inventori, retur, invoice, dan keuangan sekaligus.

Fungsi atau kemudahan?

Tak bisa dipungkiri, semakin banyak dan lengkap fitur yang ada dalam sebuah aplikasi, akan semakin banyak fungsi yang bisa dijalankan. Tapi ingat, hal tersebut juga akan membuat aplikasi tersebut lebih kompleks. Di sisi lain, aplikasi yang lebih sederhana secara fitur, cenderung akan menawarkan kemudahan penggunaan. Nah, sekarang tergantung kebutuhan bisnismu. Apakah perlu fitur yang banyak dan kompleks, atau yang sederhana saja sudah cukup? Kamu bisa juga memulai dengan aplikasi yang memiliki fitur-fitur dasar, lalu menambahkan fitur lain di kemudian hari. Diskusikan dengan penyedia aplikasi apakah hal tersebut mungkin dilakukan.

Pertimbangkan harga

Pastikan kamu memilih aplikasi POS yang menawarkan harga yang pasti, kompetitif, dan sudah termasuk semua fitur yang kamu inginkan. Diskusikan dengan penyedia aplikasi tentang fitur-fitur ini. Teliti lagi. Harga yang ditawarkan harus sudah mencakup fitur-fitur tersebut. Hati-hati juga dengan iming-iming aplikasi POS yang berharga murah atau bahkan gratis. Kamu mungkin akan berhadapan dengan risiko berupa harga tersembunyi dari fitur tambahan yang bisa jadi lebih mahal dari yang awalnya ditawarkan, atau lebih buruk lagi, layanan yang tidak bisa diandalkan sama sekali.


Kesimpulannya, sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi POS, pastikan aplikasinya sudah sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Jika perlu, cobalah versi trial terlebih dahulu untuk memastikan aplikasinya cocok, atau jika tidak bisa, mintalah demo produk dari penyedia aplikasinya. Tak kalah penting juga, pastikan fitur-fitur dasarnya mudah digunakan, sehingga akan menghemat waktumu untuk melatih karyawan menggunakan aplikasi tersebut.


Idealnya, membeli aplikasi POS adalah investasi yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan dan efisiensi operasional bisnismu. Tapi, dengan banyaknya pilihan POS yang ada di luar sana, proses pemilihannya bisa jadi sangat membingungkan. Pastikan kamu tidak menghabiskan waktu dan uang dengan memilih aplikasi POS yang tidak akan membantu kemajuan toko bajumu.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.