Aplikasi Wirausaha Lengkap Yang Bukan Sekadar POS


Saat ini, hampir semua bisnis ritel, kafe, restoran, dan berbagai penyedia jasa atau layanan sudah mengimplementasikan aplikasi POS (Point of Sale) yang membantu mereka untuk mengelola transaksi harian dan menghitung keuntungan bulanan. Point of Sale pada prinsipnya adalah aplikasi kasir modern. Aplikasi ini membantu bisnis untuk mengelola pembayaran, menyimpan dan mengelola pesanan pelanggan, mengelola promosi, diskon, program loyalty, mencetak kuitansi, dan lain sebagainya.

 

Tapi, meskipun aplikasi ini bisa membantumu melihat pendapatan total yang dihasilkan oleh bisnismu, pada umumnya aplikasi ini tidak bisa banyak membantumu dalam hal perencanaan, inventori, hingga pengelolaan karyawan.

 

Aplikasi POS, terutama generasi lama, tidak memiliki fitur akuntansi dan inventori yang mendetail, sehingga bisnis akan kesulitan mengidentifikasi stok barang dan perhitungan neraca. Hasilnya? Banyak proses pengelolaan inventori dan keuangan yang masih harus dikerjakan secara manual.

 

Perkembangan dunia bisnis saat ini menuntut bisnismu untuk bisa berevolusi dengan cepat menjawab berbagai tuntutan, baik dari internal maupun dari eksternal seperti pelangganmu. Untuk merespons tuntutan tersebut, kamu tidak lagi bisa bergantung pada aplikasi sekadar POS saja.

 

Lebih dari sekadar aplikasi kasir untuk mengelola transaksi saja, bagaimana kamu akan mengelola laporan keuangan? Bagaimana caramu mengelola kehadiran karyawan, mengurus gaji dan komisi mereka? Dengan beberapa cabang toko yang kamu punya, bagaimana kamu akan mengelola inventori? Bagaimana cara mudah untuk mengelola program loyalty, memberikan diskon, serta promosi untuk pelanggan?

 

Berbagai proses bisnis yang rumit ini akan sangat menyita waktumu jika harus dipantau secara terpisah, apalagi jika dilakukan secara manual. Untuk memudahkannya, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi wirausaha seperti majoo, yang mencakup semua fitur yang kamu perlukan untuk mengelola bisnismu.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Wirausaha

Dengan menggunakan satu aplikasi terpusat, kamu bisa menyederhanakan proses bisnis, menghemat waktu dan biaya, meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

  • Informasi di ujung jari: Sebuah aplikasi wirausaha yang terintegrasi akan memberimu akses real-time termasuk informasi pelanggan dan histori pembelian.

  • Mengurangi risiko: Sistem yang terintegrasi akan memudahkanmu memonitor setiap detail bisnismu. Tak akan ada lagi data tidak akurat atau tidak sama karena data akan selalu diperbarui secara real-time.

  • Pengelolaan keuangan lebih mudah: Aplikasi wirausaha akan memudahkanmu mengelola buku kas, penerimaan, dan pengeluaran. Membuat laporan keuangan, rugi-laba, dan neraca, hingga pencatatan utang dan piutang yang belum terbayarkan.

  • Pembiayaan usaha lebih mudah: Laporan keuangan yang mendetail dan terstruktur akan memudahkan bisnismu jika suatu saat butuh mengajukan pembiayaan usaha ke lembaga keuangan, misalnya bank.

  • Manajemen penjualan: Aplikasi ini membantumu menganalisis dan mengelola penjualan sehingga akan memudahkanmu untuk melihat perkembangan bisnismu apakah sudah sesuai dengan target atau belum.

Apa saja fitur aplikasi wirausaha yang penting untuk UMKM?

Aplikasi wirausaha pada prinsipnya menggabungkan berbagai proses dalam sebuah bisnis di bawah satu aplikasi yang terintegrasi. Aplikasi ini menggunakan satu dabatase dan infrastruktur sehingga memudahkanmu untuk mengambil keputusan pada seluruh rantai bisnismu dari perencanaan, operasional, hingga logistik.

  • Kasir modern: Tentu saja! Ini adalah fitur dasar yang wajib dimiliki sebuah aplikasi wirausaha.

  • Keuangan: Fitur ini akan membantumu menyederhanakan pengelolaan laporan keuangan. Semua aktivitas keuanganmu akan tercatat dengan baik, dengan standar akuntansi.

  • Analisis bisnis: Menganalisis dan melaporkan data yang terkait untuk membantu pengambilan keputusan.

  • Loyalti pelanggan: Meningkatkan kepuasan pelanggan dan keuntungan dengan pengelolaan diskon, promosi, dan lain sebagainya.

  • Manajemen karyawan: Mengelola absensi dan presensi karyawan hingga perhitungan komisi.

  • Manajemen inventori: Mengelola stok, baik yang masuk, terbuang, dan juga opname, sekaligus memberikan analisis perputaran stok, hingga analisis modal belanja.

Bagaimana cara memilih aplikasi wirausaha yang tepat untuk UMKM?

Bisnis kecil dan menengah perlu mengimplementasikan aplikasi wirausaha untuk meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan. Di antara berbagai aplikasi yang tersedia di pasaran, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih aplikasi wirausaha yang lengkap untuk bisnismu.

  • Biaya: Bandingkan jenis-jenis paket langganan yang ditawarkan, biaya pemeliharaan, hingga biaya yang terkait dengan kustomisasi agar dapat kompatibel dengan bisnismu. Jangan sepelekan biaya-biaya tersembunyi yang mungkin perlu kamu keluarkan jika kamu ingin menambah fitur. Bisa jadi, biaya fitur tambahan tersebut malah menguras budget yang kamu miliki. Pilihlah aplikasi yang menyediakan semua fitur lengkap tanpa biaya tambahan seperti majoo.id yang menawarkan seluruh fitur aplikasi wirausaha dalam satu harga.

  • Kecocokan dengan bisnismu: Pilihlah aplikasi yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu secara spesifik dan mudah beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi di masa depan.

  • Kemudahan penggunaan: Temukan aplikasi wirausaha yang mudah digunakan, sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memberikan pelatihan ke karyawanmu. Waktu dan tenaga tersebut lebih baik kamu alokasikan untuk memikirkan strategi membuat bisnismu semakin maju.

  • Kompatibilitas mobile: Mengingat saat ini dunia digital berkembang dengan sangat cepat, dan kamu juga mungkin akan disibukkan dengan berbagai aktivitas yang menuntutmu untuk terus bergerak, pilihlah aplikasi yang mobile friendly sehingga kamu tetap dapat memantau bisnismu dari ponsel saat kamu sedang tidak berada di tempat.

 

Menggunakan aplikasi POS-mu yang sekarang mungkin memang nyaman dan sudah terasa cukup. Berubah juga bukanlah hal yang mudah. Tapi jika perubahannya ke arah yang lebih baik dan dengan menggunakan aplikasi wirausaha justru akan mendukung kemajuan bisnismu ke depannya, apakah kamu siap menciptakan perubahan itu?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.