Saat kamu baru memulai bisnis kecil, ide untuk melakukan automasi bisnis sering kali menimbulkan kekhawatiran. Kamu mungkin berpikir, apa enggak bisa proses ini dilakukan secara manual?
Sebetulnya, mungkin proses bisnis terkait bisa saja dikerjakan secara manual, tetapi mengapa? Otomatisasi menghilangkan banyak tugas kecil dan proses yang memakan waktu sehingga kamu dapat fokus pada hal yang penting seperti meningkatkan pendapatan bisnis.
Nah, di artikel ini kita akan membahas automasi bisnis yang perlu diterapkan oleh setiap usaha kecil untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas.
Automasi: Memajukan Bisnis Kecil
Otomatisasi menyederhanakan proses bisnis dengan membuat tugas-tugas repetitif dijalankan secara otomatis. Hal ini membuat operasional usaha kecil lebih efisien. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa meluangkan waktu untuk tugas-tugas yang berfokus pada peluang pertumbuhan atau proyek penting lainnya.
Tak hanya itu, otomatisasi proses bisnis juga membuat bisnis berjalan lebih lancar dan akurat.
Kamu jadi bisa memastikan bahwa informasi selalu akurat, terkini, dan dapat diakses oleh semua orang di perusahaan. Tim bisnismu pun bisa berkolaborasi dengan mudah satu sama lain dan output yang diharapkan mungkin tercapai lebih cepat.
CRM untuk Mengelola Hubungan dengan Pelanggan
Sistem CRM (Customer Relationship Management) dirancang untuk menyederhanakan dan mengotomatiskan proses pelacakan prospek, interaksi dengan pelanggan, dan organisasi data pelanggan.
Karena itu, CRM bisa menjadi alat otomatisasi yang membantu bisnis untuk melakukan hal-hala di bawah ini:
- Meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Meningkatkan komunikasi bisnis.
- Meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dengan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan melacak calon pelanggan potensial melalui tahapan jalur penjualan.
CRM adalah alat penting untuk proses penjualan dan tim customer service. Penggunaan CRM dapat menghemat waktu berjam-jam per hari dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin!
Quoting Software untuk Mengirim Penawaran
Penggunaan quoting software akan memudahkan kamu membuat penawaran harga untuk calon konsumen. Penawaran bisa kamu kirimkan dalam hitungan menit saja sejak ada permintaan dari calon konsumen.
Berikut ini beberapa manfaat quoting software bagi bisnis.
- Hemat waktu saat menghasilkan peluang penjualan baru.
- Otomatiskan proses follow up untuk meningkatkan penjualan.
- Sesuaikan penawaran dengan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan hanya dengan beberapa klik.
Perangkat lunak penawaran harga dengan otomatisasi pemasaran juga memungkinkan usaha kecil untuk mengatur tindak lanjut untuk setiap prospek berdasarkan tindakan mereka atau faktor lainnya sehingga proses penawaran harga menjadi lebih efisien dan terorganisasi.
Untuk Bisnis Jasa, Manfaatkan Scheduling Software
Bagi kamu yang memiliki usaha di industri jasa, otomatisasi sangat penting terutama untuk jadwal kunjungan pelanggan atau reservasi.
Jika kamu tidak mengautomasi proses penjadwalan, karyawan akan menghabiskan waktu lama untuk membuat dan mengelola jadwal. Belum lagi, risiko kekeliruan yang cukup besar. Padahal, pemanfaatan scheduling software untuk mengatur jadwal kunjungan atau reservasi bermanfaat untuk:
- Membuat schedule jadi lebih cepat
- Mengurangi risiko adanya reservasi ganda
Bisnis-bisnis yang melibatkan jasa dan pertemuan dengan klien bisa sangat terbantu dengan automasi reservasi, misalnya bisnis car wash, bengkel, penginapan, dan lain-lain.
Autamasi Konten Pemasaran Digital, Misalnya Email Marketing
Kini hampir semua konsumen memiliki gawai dan terhubung dengan koneksi internet. Karena itu, kamu bisa memaksimalkan pemasaran dengan mengirimkan konten pemasaran digital kepada konsumen.
Email marketing atau text marketing merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis kecil yang sampai saat ini masih cukup efektif. Namun, kamu perlu menerapkan otomatisasi ke dalam kampanye pemasaran ini.
Dengan mengotomatiskan email dan pesan teks dengan layanan otomatisasi pemasaran kamu bisa mengirimkan konten pemasaran ke banyak calon pelanggan, tanpa menghabiskan banyak waktu.
Email atau text pemasaran pun bisa dipersonalisasi dengan mudah, tanpa harus kamu buat satu per satu secara manual.
Pemilik usaha kecil juga dapat menggunakan alat otomatisasi pemasaran untuk membuat tindak lanjut email dan pesan teks yang dipersonalisasi berdasarkan kebiasaan membeli pelanggan. Jadi, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tahu apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan.
Bagaimana bila kamu tetap masih kesulitan untuk melakukan automasi bisnis satu per satu seperti penjelasan di atas? Tidak perlu khawatir sebab sekarang ada majoo Prime, solusi automasi untuk segala operasional bisnis.
Kamu bisa menjalankan operasional bisnis dengan lebih efisien berkat fitur automasi lengkap. Menariknya lagi, fitur automasi tersebut dipersonalisasi sesuai jenis bisnis, mulai dari F&B, retail, jasa, hingga beauty. Yuk, coba majoo Prime sekarang!