Siapa di sini yang masih belum bergabung dalam komunitas wirausaha? Jika memang masih belum, tak ada salahnya, lho, untuk mulai mencari-cari komunitas di sekitar yang bisa diikuti. Pasalnya, membangun jejaring di antara para wirausahawan memberikan banyak sekali manfaatnya, lhoI
Tak hanya bagi pelaku usahanya sendiri, keberadaan komunitas-komunitas semacam ini juga memberikan manfaat bagi pihak lain, mulai dari konsumen hingga pemerintah. Mengapa bisa demikian? Sederhana saja, dengan semakin aktifnya komunitas, kolaborasi bisnis yang menarik pun pasti dapat tumbuh dengan mudah.
Nah, ketika para wirausahawan sudah mulai berkolaborasi, roda perekonomian pun semakin mudah digerakkan. Jika sudah demikian, tentu yang akan mendapatkan keuntungan bukan hanya pelaku usaha saja, kan, pelanggan dan juga pemerintah pun bisa memetik buah manis dari lancarnya pergerakan roda ekonomi.
Jangan Menganggap Komunitas sebagai Wadah Kompetisi
Tak sedikit pelaku usaha yang enggan membangun komunitas karena beranggapan bahwa komunitas tersebut hanya akan memperkeruh kolam dengan banyaknya kompetitor yang berkumpul. Oleh karena itu, anggapan atau pola pikir semacam ini sebaiknya dihapus terlebih dahulu, karena jelas bukan itu tujuan dari komunitas.
Alih-alih sebagai wadah untuk saling sikut, komunitas bisa dijadikan tempat untuk tumbuh dan mengembangkan bisnis bersama. Melalui komunitas, misalnya saja, informasi menarik yang dapat membantu pelaku usaha bisnis bisa dengan mudah didistribusikan.
Benar, memang, persaingan pasti terjadi. Akan tetapi, dalam sebuah komunitas, persaingan ini akan muncul secara sehat dan justru lebih menguntungkan, alih-alih mengurangi pendapatan bisnis. Dengan demikian, jangan pernah ragu untuk berkomunitas dan menjalin hubungan yang baik dengan pelaku usaha lain.
Membangun Kolaborasi Bisnis dalam Sebuah Komunitas
Masih ragu untuk mulai berjejaring dengan pelaku usaha lainnya? Jangan, dong. Ingat selalu bahwa berkomunitas merupakan salah satu bentuk kolaborasi bisnis yang baik, dan jangan lupa bahwa dari kolaborasi yang baik, keuntungan bisnis pun lebih mudah ditambah.
Ada beberapa manfaat yang sebenarnya bisa dibangun dengan berkolaborasi dalam sebuah komunitas, khususnya bagi komunitas dengan banyak pelaku usaha di dalamnya. Apa saja, sih, kita simak satu per satu, yuk!
1. Mudah Mendapatkan Informasi Pengembangan Bisnis
Terkadang, saat mengelola suatu bisnis, pelaku usaha akan berfokus pada bisnisnya tersebut sehingga tidak memiliki waktu atau tenaga lagi untuk mencari informasi yang bisa dimanfaatkan guna pengembangan bisnis.
Situasi tersebut tidak akan terjadi dalam sebuah komunitas. Mudah saja, dalam sebuah komunitas, informasi bisa didistribusikan dengan jauh lebih cepat ke seluruh anggota komunitas. Langkah ini tentu akan sulit dilakukan apabila tidak ada komunitas. Pelaku usaha pun harus mengeluarkan upaya yang lebih besar untuk mencari informasi tersebut.
Di samping itu, untuk alasan kemudahan, banyak program-program bantuan dari pemerintah yang bisa lebih mudah diakses oleh komunitas jika dibandingkan dengan pelaku usaha yang tidak tergabung dalam komunitas apa pun. Manfaat inilah yang membuat komunitas pun menjadi perlu bagi pengembangan bisnis.
Komunitas juga kerap menjadi tempat bagi pelaku usaha untuk bertukar pikiran serta berbagi praktik terbaik dalam mengelola bisnis. Tanpa komunitas, tentu akan ada banyak sumber daya yang dihabiskan untuk memastikan pengembangana bisnis dapat dilakukan dengan baik, kan?
2. Mudah Lakukan Kolaborasi dengan Pelaku Usaha Lain
Tak jarang, pelaku usaha yang bergabung dalam komunitas tertentu memutuskan untuk mengelola tempat usaha bersama dan menjadi daerah sentra untuk bisnis yang serupa. Tentu kawasan sentra semacam ini juga akan mempermudah pelanggan dalam mencari barang yang mereka butuhkan.
Persaingan bisnis pun bisa dipastikan lebih sehat ketika para pelaku usaha berkumpul di sebuah kawasan sentra, karena dalam kawasan ini, praktik monopoli akan sulit untuk dilakukan.
Di samping itu, keberadaan kawasan sentra juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Dengan kata lain, potensi pelanggan untuk datang pun bisa dioptimalkan semaksimal mungkin.
3. Memastikan Adanya Riset Pasar yang Tepat
Tak hanya kolaborasi bisnis, pelaku usaha dalam komunitas wirausaha juga dapat dengan mudah melakukan riset pasar. Tanpa perlu banyak mengeluarkan biaya, pelaku usaha dapat saling berbagi informasi seputar pola dan tren pasar yang berlaku.
Ini juga yang menjadikan komunitas kurang tepat jika dianggap sebagai wadah kompetisi. Pasalnya, setiap pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas tersebut akan bersama-sama berusaha mengembangkan bisnisnya, misalnya saja dengan memastikan adanya riset pasar yang telah dianalisis secara tepat, sehingga arah pengembangan bisnis pun tidak melenceng.
Agar pengelolaan bisnis bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, manfaatkan aplikasi majoo yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengelola bisnis. Fitur keuangan yang dimilikinya, misalnya saja, bisa mencatat seluruh transaksi yang terjadi secara tepat, akurat, dan otomatis. Tak sampai di sana, laporan penjualan pun juga tersaji dalam format yang mudah untuk dianalisis. Pengembangan bisnis pun bisa dilakukan dengan mudah.
Tertarik untuk mencoba? Yuk, segera saja berlangganan layanan aplikasi majoo dan nikmati seluruh fitur pengelolaan bisnis yang mudah digunakan!