Faktor di Laporan Penjualan yang Bantu Pengembangan Bisnis


Peran laporan penjualan penting dalam sebuah bisnis karena berpengaruh terhadap perkembangan suatu perusahaan agar kamu sebagai pemilik bisnis dapat mengetahui seberapa besar pendapatan perusahaan yang nantinya akan menentukan besar atau kecilnya keuntungan yang kamu dapat.


Dengan rutin melakukan pencatatan, kamu dapat memantau perkembangan perusahaan setiap saat dan membandingkannya dengan periode penjualan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa  mengetahui perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan dalam pendapatan serta mampu memutuskan pengembangan bisnis seperti apa yang akan dilakukan selanjutnya. 


Bila ingin mengembangkan usaha, ada beberapa hal di dalam laporan penjualan yang bisa membantumu. Apa saja hal tersebut?


1. Catatan Pesanan yang Terperinci

Mencatat setiap pesanan yang masuk akan menjadikan kamu mengerti berapa total produkmu yang keluar dari stok gudang. Jika ingin mengembangkan usaha maka hal ini menjadi penting. Bila produk yang kamu tawarkan tidak banyak yang memesan atau bisa disebut kurang laku, maka langkah selanjutnya bisa ditentukan. Bisa dengan menghentikan produksi atau berinovasi dengan produk yang baru. 


2. Rincian Harga

Dalam laporan penjualan kamu selayaknya memasukkan nominal harga ke salah satu kolomnya agar mengetahui progres kenaikan harga yang kamu tetapkan untuk sebuah produk. Rincian harga dalam periode tertentu bisa membantumu menganalisa perlu atau tidaknya diberikan diskon atau potongan harga di periode berikutnya atau malah dengan menaikkan harga. 


3. Penjualan Kotor

Yang dimaksud penjualan kotor di sini sebenarnya adalah laporan total penjualan yang sudah meliputi diskon, potongan harga juga biaya promosi serta biaya tambahan lainnya yang digunakan dalam penjualan produk dalam satu periode. 


Dengan melihat naik atau turunnya laporan dalam kolom penjualan kotor ini lalu membandingkannya dengan periode sebelumnya maka kamu bisa mengetahui kondisi keuangan dalam perusahaan. Selanjutnya kamu bisa menentukan ulang bagaimana mengelola keuangan dan kinerja perusahaan supaya tahu berapa banyak keuntungan yang bisa diraih bila ingin mengembangkan usaha.


4. Penyeimbang Neraca Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan sepatutnya berisikan neraca laporan pembelian dan penjualan. Dengan rutin membuat laporan penjualan sederhana, maka laporan keuangan bisa disusun per periode. 


Dalam proses pengembangan bisnis, apalagi yang melibatkan investor, laporan keuangan yang baik akan berpengaruh pada rasa percaya dari investor untuk menanamkan sahamnya. 


Bagi perusahaan, laporan keuangan menjadi evaluasi tentang kondisi keuangan perusahaan. Dari laporan keuangan bisa kamu lihat mana aset yang berharga, mana produk yang paling laku terjual sampai yang kurang disukai oleh masyarakat. Kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan yang akan memudahkanmu membuat laporan keuangan.


Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, sebagai pemilik bisnis kamu dapat mengambil langkah untuk mengembangkan usaha di periode selanjutnya.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.