Table of Content

    Faktor di Laporan Penjualan yang Bantu Pengembangan Bisnis


    Peran laporan penjualan penting dalam sebuah bisnis karena berpengaruh terhadap perkembangan suatu perusahaan agar kamu sebagai pemilik bisnis dapat mengetahui seberapa besar pendapatan perusahaan yang nantinya akan menentukan besar atau kecilnya keuntungan yang kamu dapat.


    Dengan rutin melakukan pencatatan, kamu dapat memantau perkembangan perusahaan setiap saat dan membandingkannya dengan periode penjualan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa  mengetahui perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan dalam pendapatan serta mampu memutuskan pengembangan bisnis seperti apa yang akan dilakukan selanjutnya. 


    Bila ingin mengembangkan usaha, ada beberapa hal di dalam laporan penjualan yang bisa membantumu. Apa saja hal tersebut?


    1. Catatan Pesanan yang Terperinci

    Mencatat setiap pesanan yang masuk akan menjadikan kamu mengerti berapa total produkmu yang keluar dari stok gudang. Jika ingin mengembangkan usaha maka hal ini menjadi penting. Bila produk yang kamu tawarkan tidak banyak yang memesan atau bisa disebut kurang laku, maka langkah selanjutnya bisa ditentukan. Bisa dengan menghentikan produksi atau berinovasi dengan produk yang baru. 


    2. Rincian Harga

    Dalam laporan penjualan kamu selayaknya memasukkan nominal harga ke salah satu kolomnya agar mengetahui progres kenaikan harga yang kamu tetapkan untuk sebuah produk. Rincian harga dalam periode tertentu bisa membantumu menganalisa perlu atau tidaknya diberikan diskon atau potongan harga di periode berikutnya atau malah dengan menaikkan harga. 


    3. Penjualan Kotor

    Yang dimaksud penjualan kotor di sini sebenarnya adalah laporan total penjualan yang sudah meliputi diskon, potongan harga juga biaya promosi serta biaya tambahan lainnya yang digunakan dalam penjualan produk dalam satu periode. 


    Dengan melihat naik atau turunnya laporan dalam kolom penjualan kotor ini lalu membandingkannya dengan periode sebelumnya maka kamu bisa mengetahui kondisi keuangan dalam perusahaan. Selanjutnya kamu bisa menentukan ulang bagaimana mengelola keuangan dan kinerja perusahaan supaya tahu berapa banyak keuntungan yang bisa diraih bila ingin mengembangkan usaha.


    4. Penyeimbang Neraca Laporan Keuangan

    Laporan keuangan perusahaan sepatutnya berisikan neraca laporan pembelian dan penjualan. Dengan rutin membuat laporan penjualan sederhana, maka laporan keuangan bisa disusun per periode. 


    Dalam proses pengembangan bisnis, apalagi yang melibatkan investor, laporan keuangan yang baik akan berpengaruh pada rasa percaya dari investor untuk menanamkan sahamnya. 


    Bagi perusahaan, laporan keuangan menjadi evaluasi tentang kondisi keuangan perusahaan. Dari laporan keuangan bisa kamu lihat mana aset yang berharga, mana produk yang paling laku terjual sampai yang kurang disukai oleh masyarakat. Kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan yang akan memudahkanmu membuat laporan keuangan.


    Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, sebagai pemilik bisnis kamu dapat mengambil langkah untuk mengembangkan usaha di periode selanjutnya.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?