Ada banyak cara untuk meningkatkan angka penjualan, salah satunya adalah dengan memberikan diskon untuk menarik minat beli pelanggan. Cara yang satu ini memang terbukti ampuh untuk mendorong angka penjualan, mengingat banyak orang masih dengan mudah tergiur dengan potongan harga khusus, terlebih untuk produk-produk berkualitas yang memang mereka suka.
Jika kamu tertarik untuk meningkatkan pendapatan dengan memberikan potongan harga, tetapi tidak ingin melakukannya dengan cara biasa, beberapa jenis potongan harga berikut bisa kamu coba!
1. Beli dua gratis satu
Ingin memberikan potongan harga hingga 33%, tetapi tidak mau terkesan pelit karena hanya memberikan potongan yang tak sampai setengah harga? Beli dua gratis satu bisa menjadi gimmick menarik untuk dilakukan. Jika dilihat sekilas, jenis potongan harga semacam ini terkesan murah hati karena pelanggan akan mendapatkan tiga item hanya dengan harga dua item saja, tetapi jika diterjemahkan dalam angka, sebenarnya praktik ini hanya merupakan potongan harga sebesar 33,33% saja. Keuntungan lainnya? Kamu bisa mendorong pelanggan untuk membeli langsung dua item, berbeda dengan potongan harga umumnya yang hanya berlaku untuk satu item saja.
2. Mendongkrak minat beli dengan cashback
Di era yang sudah serba digital ini, berbagai layanan dompet elektronik sudah mulai umum digunakan oleh banyak orang, khususnya mereka yang berada di kota besar dan mudah mengakses produk-produk teknologi. Kamu bisa menarik minat beli masyarakat dengan mengajak para penyedia layanan dompet elektronik untuk bekerja sama. Berikan potongan harga khusus berupa cashback jika pelanggan melakukan pembelian dengan penyedia layanan tertentu. Meski pada dasarnya ini hanya potongan harga pada umumnya, banyak orang akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian karena tergiur cashback yang diberikan.
3. Bebas ongkos kirim
Dengan banyaknya marketplace digital serta kemajuan teknologi lainnya, kini kamu bisa melakukan transaksi jual-beli secara online, sehingga kamu bisa menjual produkmu kepada pelanggan di mana pun mereka berada. Hanya saja, karena proses jual-beli dilakukan dari jarak jauh, kadang pelanggan sedikit enggan karena harus memikirkan ongkos kirim yang harus dibayarkan untuk menerima barang tersebut. Dengan menawarkan promo bebas ongkor kirim, kamu bisa secara halus membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian karena pelanggan tidak lagi harus menyisihkan biaya lebih untuk pengiriman.
4. Harga grosir atau potongan harga berdasarkan kuantitas
Jika tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan angka penjual sebanyak-banyaknya, memberikan insentif berupa potongan harga jika pelanggan melakukan transaksi dengan nominal tertentu dapat membantumu memperoleh pendapatan yang lebih besar. Agar lebih menarik, kamu bisa melakukannya secara berjenjang, di mana pelanggan akan mendapatkan potongan harga yang lebih besar ketika mereka melakukan pembelian dengan nominal yang lebih besar pula. Dengan demikian, pelanggan pun akan tertarik untuk membeli lebih banyak item demi bisa mendapatkan potongan harga spesial tersebut.
5. Poin loyalitas
Potongan harga yang satu ini memang tidak dapat dinikmati langsung oleh pelanggan, tetapi cukup efektif untuk menjaga loyalitas mereka agar terus melakukan pembelian ulang. Tawarkan program di mana pelanggan akan mendapatkan sejumlah poin loyalitas yang nantinya dapat ditukarkan untuk menikmati beragam manfaat menarik. Dengan cara ini, kamu bisa memastikan kepuasan pelanggan serta tingkat retensinya tetap tinggi, sehingga bisnis pun dapat lebih maju dan berkembang.
Gunakan aplikasi majoo mempermudahmu mengatur dan menawarkan berbagai diskon menarik di atas. Dengan beragam fitur yang dimilikinya, aplikasi majoo sangat berguna untuk mengontrol program promo yang dapat meningkatkan minat beli pelanggan sekaligus membuat pelaporan mendetail yang mudah dipahami dan dapat membantumu menyusun program promo berikutnya yang lebih menarik lagi!