Table of Content

    Bidang Usaha yang Mampu Mendulang Sukses di Era New Normal


    Setahun sudah kita merasakan hidup dalam era new normal. Banyak hal yang membuat kita mau tidak mau harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Mengurangi aktivitas di luar rumah, membatasi kontak fisik, patuh terhadap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Tak terkecuali dalam bisnis. 


    Perekonomian masyarakat juga mengalami perubahan yang signifikan. Banyak bidang usaha yang terpaksa gulung tikar, tapi banyak pula bisnis baru yang lahir dan membuktikan mampu bertahan karena memang sesuai dan cocok dengan kondisi yang ada saat ini. 


    Bila kamu ingin membuka bisnis baru beberapa bidang usaha ini mungkin bisa kamu coba. Intinya adalah coba konversikan pola bisnis konvensional menjadi digitalisasi. 


    1. Berjualan frozen food

    Bekerja dan sekolah dari rumah diterapkan oleh pemerintah untuk mengurangi kontak fisik yang bisa terjadi di masyarakat. Frozen food adalah solusi bagi orang-orang yang berpikir untuk mengurangi kegiatan berbelanja ke pasar atau supermarket. Transaksi masih bisa dilakukan secara online dengan menggunakan jasa antar.


    2. Online shop kebutuhan sehari-hari

    Kalau dulu orang beralih ke online shop untuk mencari produk yang agak susah mereka temukan di pasar atau supermarket, sekarang tidak begitu adanya. 


    Masyarakat memilih berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka pun dari online shop. Termasuk kebutuhan bahan pokok dan sekunder lainnya. Termasuk sayuran, buah, dan obat-obatan. Kalau kamu mau mencoba bisnis baru, yang satu ini bisa dicoba karena peluangnya cukup besar.



    3. Produksi masker

    Masker menjadi sebuah benda yang sangat penting dalam masa new normal. Tidak ada salahnya bila kamu membuka produksi masker homemade dan memasarkannya secara online. Asal jangan lupa, masker yang kamu produksi harus tetap sesuai dengan syarat protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. 


    4. Jasa cleaning service

    Jasa cleaning service dibutuhkan oleh beberapa orang yang mungkin kewalahan dalam mengurus kebersihan rumah atau tempat bekerjanya. Bidang ini memang masih memiliki resiko bisa menularkan atau bahkan tertular virus, tapi bila kamu mampu taat dengan semua tahap protokol kesehatan maka semuanya akan baik-baik saja. 


    5. Katering 

    Pembatasan kontak fisik dan kegiatan di luar rumah bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa katering makanan sehat. Kamu bisa mempromosikan menu kateringmu secara online dan mengirimkan makanannya dengan memanfaatkan jasa kurir yang memang banyak tersedia saat ini. Kamu juga bisa hanya menyediakan paketan bahan makanan untuk dimasak di rumah. Seperti paket masakan sayur lodeh, sayur asem, dan jenis lauk lain yang jadi kesukaan masyarakat.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.