Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Brand Lokal yang Menghasilkan Bubuk Cokelat Berkualitas


     

    Berbicara tentang cokelat, ingatan kamu mungkin langsung terhubung dengan Belgia. Negara tersebut memang dianggap sebagai pembuat produk cokelat terbaik di seluruh dunia. Ada 12 pabrik, 16 museum, serta 2.100 toko cokelat di Belgia.

     

    Menariknya, Belgia bukanlah negara produsen cokelat. Perkebunan cokelat justru banyak terdapat di negara-negara Afrika. Lebih dari itu, satu di antara sepuluh negara penghasil cokelat terbanyak adalah Indonesia.

     

    Jadi, sebetulnya kita memiliki sumber daya yang sangat memadai untuk membuat cokelat, mulai dari bubuk cokelat sampai cokelat batangan ataupun aneka jenis produk cokelat lainnya.

     

    Hasil panen rata-rata 659.776 ton cokelat per tahun menjadi modal cukup besar bagi brand lokal dalam menghadirkan produk cokelat berkualitas.

     

    Jadi, pemilik kafe, bakery, atau bisnis lain yang menggunakan bubuk cokelat sebagai salah satu bahan baku produk bisa mempertimbangkan merek lokal sebagai pilihan.

     

    Masih bingung dengan merek lokal yang menghasilkan chocolate powder berkualitas? Simak ulasannya berikut ini!

     

    1. Korté

    Cokelat dalam bentuk bubuk merupakan salah satu produk utama dari produsen cokelat asal Surabaya ini. Kamu bisa mengolah bubuk tersebut menjadi aneka minuman lezat di kafe atau pelengkap produk seperti roti atau kue kering.

    Korté mengambil kakao dari sentra perkebunan di Lampung, Jawa Barat, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi Selatan. Kakao tersebut diolah menjadi bentuk bubuk di situs produksi Korté. Setidaknya, ada sekitar 24 ton cokelat bubuk yang bisa diproduksi setiap tahunnya.

     

    Serbuk cokelat Korté dapat kamu peroleh dengan harga sekitar 270-320 ribu per kilogram. Tak ubahnya kopi, dengan harga tersebut, kamu akan memperoleh cokelat specialty asal daerah tertentu.

     

    Tidak hanya cokelat murni, bila perlu kamu juga bisa membeli produk cokelat yang telah diberi jahe atau kelapa. Dengan begitu, lebih mudah bagi kamu missal ingin menyajikan menu minuman cokelat unik.

     

    Kualitas produk Korté tidak hanya dipercaya oleh para pemilik bisnis dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Terbukti, kini Korté telah merambah pasar Malaysia, Singapura, serta Abu Dhabi.



    2. Krakakoa

    Merek lain yang menghadirkan produk cokelat dari biji cokelat asli Indonesia adalah Krakakoa. Brand lokal yang satu ini bekerja sama dengan petani lokal yang menerapkan sistem pertanian ramah lingkungan serta organik.

     

    Krakakoa percaya bahwa petani harus menikmati hasil panennya dengan layak. Karena itu, biji cokelat yang dihasilkan para petani dibeli oleh Krakakoa dengan harga melebihi Fair Trade Minimum.

     

    Jadi, membeli produk serbuk cokelat dari Krakakoa secara tidak langsung menghidupkan ekosistem ekonomi lokal, dari hulu ke hilir.

     

    Adapun cokelat bubuk yang disediakan oleh Krakakoa berupa single origin yang berisi 75% kakao. Selain itu, tersedia pula produk cokelat bubuk rasa salted caramel dan mocca.

     

    Produk tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga 125 ribu rupiah dalam kemasan 200 gram.

     

    3. Timurasa

    Timurasa merupakan sebuah bisnis yang memiliki visi membuka akses terhadap pasar bagi seluruh pihak dalam elemen masyarakat, khususnya petani. Produk Timurasa cukup beragam dan cokelat bubuk adalah salah satunya.

     

    Kamu bisa membeli cocoa powder dan cocoa dark powder yang berasal dari Lampung, Sulawesi Selatan, serta Nusa Tenggara Timur. Adapun jenis cokelat yang tersedia merupakan Forastero dan Trinitario.

     

    Timurasa menyediakan cokelat bubuk dalam kemasan kecil yaitu 125 gram sampai yang cukup besar seberat 500 gram. Bila kamu masih mengembangkan menu dan riset produk, sebaiknya belilah kemasan kecil terlebih dahulu hingga terbentuk resep produk yang solid.

     

    4. Oh! Java

    Berikutnya, merek cokelat bubuk lokal yang bisa menjadi andalan adalah Oh! Java. Menariknya, produk Oh! Java sudah disesuaikan untuk bahan baku produk tertentu.

     

    Sebagai contoh, Oh! Java Classic sesuai untuk membuat minuman panas atau dingin, puding, dan cookies. Selain itu, bubuk cokelat ini juga cocok dijadikan bahan sponge cake serta pasta cokelat.

     

    Di samping Oh! Java Classic, tersedia pula Oh! Java Dark dan Oh! Java Gold. Bila kamu memproduksi brownies, blackforest, muffin, atau kue kering, varian Oh! Java Dark dapat menjadi pilihan.

     

    Sementara itu, Oh! Java Gold bisa kamu andalkan untuk membuat es krim serta aneka dessert lainnya.

     

    5. Chefmate

    Selain keempat brand lokal di atas, Chefmate juga bisa menjadi pertimbangan jika kamu mencari serbuk cokelat. Merek ini menyediakan cocoa powder dan black cocoa powder.

     

    Masing-masing dalam varian kemasan yang beragam, mulai dari 150 gram, 500 gram, hingga 10 kilogram. Kamu bisa menggunakan kemasan kecil selama periode riset atau saat permintaan produk masih sedikit. Bila kebutuhan produksi mulai besar, kamu bisa beralih ke kemasan sak berisi sepuluh kilogram.

     

    Produk cokelat bubuk ini dapat kamu gunakan untuk membuat adonan utama kue ataupun filling. Lebih dari itu, produk ini juga sesuai untuk dijadikan bahan dekorasi pada kue, roti, atau dessert. Bahkan, serbuk cokelat ini juga terasa lezat disajikan dalam bentuk minuman.

     

    Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari bahan baku cokelat bubuk untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Merek-merek lokal di atas siap menghadirkan produk berkualitas sehingga kelezatan produkmu pun selalu terjamin. 


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?