Table of Content

    Capai Resolusi Bisnis Lebih Cepat dengan Langkah Berikut Ini

    Dengan langkah yang tepat, resolusi bisnis lebih mungkin dicapai.


    Akhir tahun kerap dijadikan sebagai momen untuk menetapkan harapan baru. Para pemilik bisnis pun biasanya tidak mau ketinggalan dengan menentukan resolusi bisnis.


    Sayangnya, resolusi akhir tahun sering tidak berjalan dengan optimal. Umumnya, resolusi tersebut tidak ada tanda-tanda diupayakan pada bulan Januari sampai sebagian besar pemilik bisnis menyerah sepenuhnya.


    Karena itu, ketika berbicara resolusi atau tujuan bisnis, kamu memang perlu menerapkan pendekatan yang berbeda. Beberapa langkah di bawah ini dianggap efektif untuk membantumu mencapai resolusi bisnis.

    Tetapkan milestone

    Perlu dipahami bahwa resolusi terbaik adalah resolusi yang dapat diukur. Alih-alih menyebutkan ‘ingin mengembangkan basis pelanggan’, pilihlah angka tertentu yang akan dituju, lalu wujudkan.


    Selain itu, fokuskan upaya kamu untuk mencapai resolusi yang dapat diraih lebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan menghabiskan bulan Januari untuk mencapai target Februari.


    Tambahan pula, jika kamu menghabiskan sepanjang tahun berusaha mencapai tujuan yang terasa jauh, risiko terjadinya demotivasi relatif tinggi. Tujuan yang kamu tetapkan harus bisa dicapai, tetapi bukan berarti harus kecil.


    Apabila bisnismu memiliki tujuan yang besar, bagilah ke dalam target-target kecil. Jadi, kamu selalu punya milestone ‘kecil’ untuk dirayakan. Dengan cara ini, biasanya kamu tidak akan merasa cepat lelah dan bersemangat untuk mencapai tujuan bisnis berikutnya.

    Buatlah tenggat waktu

    Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, daripada membuat resolusi untuk dijalankan sepanjang tahun, lebih baik kamu membuat deadlines. Misalnya, tenggat waktu untuk resolusi X adalah satu kuartal.


    Dengan demikian, kamu akan mengevaluasi target tersebut per kuartal dan hasil evaluasinya akan memberikan energi baru untuk menjalani kuartal berikutnya. Di samping itu, kamu punya keleluasaan menyesuaikan target dalam setiap kuartal. 


    Poin penting lainnya, tenggat waktu akan memberikan urgensi pada setiap tujuan sehingga tercipta keinginan untuk menyelesaikannya.


    Membuat tenggat waktu dapat menjadi salah satu langkah efektif dalam mencapai tujuan bisnis.

    Lakukan evaluasi bulanan

    Meskipun kamu menetapkan target per kuartal ataupun dalam periode lainnya, lakukanlah evaluasi setiap bulan. Analisis kesesuaian upaya dengan target yang ingin dicapai.


    Bila kamu tidak berusaha mencapai tujuan secara proaktif, target-target tersebut hanya akan berakhir menyita waktu dan pikiranmu. Maka dari itu, kamu perlu menjadikan resolusi yang telah ditetapkan sebagai prioritas.


    Buatlah rapat bulanan bersama tim untuk mengetahui posisi bisnis saat ini, kaitannya dengan ketercapaian target. Apakah upaya mencapai target tersebut on track? Adakah yang perlu diperbaiki agar target bisa tercapai? 

    Masukkan resolusi bisnis ke dalam jadwal kerja

    Beberapa aktivitas kadang terus-menerus dikesampingkan demi hal lain. Nah, resolusi termasuk ke dalam hal yang entah mengapa sering tidak diutamakan.


    Namun, bila kamu memasukkannya ke dalam kalender atau jadwal kerja, biasanya kamu merasa tidak punya pilihan selain menyelesaikannya. Karena itu, pastikan follow up action untuk resolusi bisnis yang telah kamu tetapkan selalu terjadwal.


    Menjadwalkan aktivitas untuk mencapai resolusi yang bersifat jangka menengah atau panjang mungkin terasa sebagai hambatan. Akan tetapi, penting bagi pemilik usaha untuk mempertahankan fokus pada kegiatan bisnis sehari-hari serta target jangka panjang.

    Informasikan setiap perkembangan kepada tim

    Umumnya, resolusi dalam bisnis melibatkan lebih dari satu orang untuk mencapainya. Jika demikian, pastikan kamu selalu memberikan informasi terbaru kepada tim atau departemen yang terlibat.


    Dengan demikian, setiap orang yang terlibat akan memprioritaskan tujuan tersebut dan memungkinkan resolusi terpatri dalam pikiran seluruh anggota tim. Lebih dari itu, menulis resolusi dan melibatkan orang lain membuat tingkat ketercapaiannya meningkat.


    Ketika target sudah tercapai, pastikan kamu mengapresiasi kontribusi setiap anggota tim yang telah bekerja keras.

    Berlapang dada menghadapi hari yang tidak sesuai harapan

    Kebanyakan pebisnis bersikap keras kepada diri sendiri. Jika hari ini tidak sesuai ekspektasi dan to do list harian belum tercapai, bukan berarti kamu perlu menyerah terhadap resolusi yang telah ditetapkan.


    Sedikit upaya mencapai tujuan bisnis tetap baik. Kamu dapat mencoba kembali ke track yang seharusnya ketika target belum tercapai.


    Jika langkah-langkah di atas kamu terapkan secara rutin, kamu bukan hanya akan mungkin mencapai resolusi bisnis lebih cepat, melainkan mampu menentukan target dengan lebih baik.


    Hal lain yang tidak kalah penting, kamu akan terlatih mengelola kesabaran hingga usahamu menunjukkan hasil. Sudah bukan rahasia lagi, persistensi merupakan salah satu kunci dalam mencapai goals.


    Bila kamu telah mengetahui target yang ingin dicapai dan memetakan arah yang jelas untuk mencapainya, peluang terwujudnya target tersebut pun akan jauh lebih besar. Sudah siap memulai langkah maju demi mencapai resolusi?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?