Idulfitri merupakan salah satu perayaan terbesar dalam Islam. Tak hanya menjadi momen silaturahmi antar keluarga, tetapi lebaran juga jadi momen tepat untuk perusahaan bersilaturahmi dengan klien atau karyawan melalui corporate gift atau hadiah perusahaan.
Jangan keliru, hadiah perusahaan juga bisa menjadi ajang promosi bisnis, lho. Namun, kamu perlu melakukannya dengan tepat. Sebelum membahas trik memanfaatkan corporate gift saat Idulfitri, mari kita cari tahu dulu manfaat dari pemberian hadiah perusahaan.
Manfaat Memberikan Corporate Gift
Pemberian hadiah dari perusahaan atau corporate gifting adalah tindakan mengirimkan hadiah baik fisik maupun nonfisik kepada karyawan, calon klien, atau klien sebagai upaya untuk menciptakan atau memperkuat relasi antara penerima hadiah dan perusahaan.
Lebaran banyak dimanfaatkan oleh bisnis untuk memberikan hadiah kepada klien atau calon klien sebab memang merupakan momen yang bagus. Adapun manfaat yang bisa diperoleh perusahaan melalui pemberian hadiah tersebut, antara lain:
- Membantu membangun koneksi bisnis yang kuat dan meningkatkan relasi bisnis
- Membantu menciptakan brand awareness dengan menyisipkan logo perusahaan pada hadiah
- Memastikan retensi merek karena pelanggan akan terpapar nama perusahaan berulang kali saat melihat hadiah
- Membangun brand loyalty karena bila klien menghargai produk promosi gratis, kemungkinan besar mereka akan terus membeli produk lain yang dibuat oleh perusahaan yang sama.
- Cara yang bagus untuk berterima kasih kepada pelanggan yang sudah setia terhadap merek dan menarik pelanggan baru dengan menawarkan hadiah yang bermanfaat.
Baca juga: Cobain 5 Ide Seru Sebagai Program Customer Loyalty!
Lakukan Langkah Ini Saat Memberikan Corporate Gift
Meskipun banyak manfaatnya, memanfaatkan hadiah perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis merupakan strategi yang cukup tricky. Ada banyak tantangan saat kamu ingin memberikan hadiah perusahaan, misalnya penerimaan yang buruk dan paket yang tidak terpakai atau kurang bermanfaat.
Untuk mencegah hal itui, berikut adalah beberapa inspirasi strategi untuk memaksimalkan peluang kesuksesan bisnis saat mengirimkan bingkisan perusahaan kepada klien pada hari raya Idulfitri.
Buat perencanaan: Siapkan list penerima hadiah
Lebaran kerap menjadi momen yang sibuk bagi banyak orang. Sementara itu, pengadaan barang untuk hadiah memerlukan waktu sehingga kamu perlu membuat perencanaan yang matang sejak jauh hari.
Untuk memastikan seluruh proses berjalan lancar, mulailah dengan memiliki daftar semua penerima hadiah. Beberapa dari kamu mungkin merasa bingung menentukan daftar penerima hadiah. Sebetulnya, kamu tidak perlu bingung bila bisnismu sudah menggunakan sistem POS yang dilengkapi aplikasi CRM.
Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa memiliki dokumentasi data nama, nomor kontak, dan alamat pelanggan. Kamu tinggal mencocokkannya dengan data penjualan di sistem POS.
Lalu, urutkan pelanggan dengan belanja terbanyak sampai terkecil sesuai bujet untuk hadiah perusahaan yang kamu siapkan.
Sampaikan cerita
Berbagi hadiah perusahaan bukan sekadar mencentang to-do list. Kamu perlu benar-benar menentukan nilai yang diwakili oleh hadiah tersebut.
Gunakan hadiah untuk menyampaikan cerita yang bisa membuat penerima merasa relate dengan bisnismu. Tanpa tercapainya relasi tersebut, pemberian bingkisan dari perusahaan mungkin hanya akan membuang biaya dan waktu.
Maka dari itu, setelah daftar penerima siap, lanjutkan persiapan dengan merancang gagasan yang jelas tentang cerita yang ingin kamu bagikan. Cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan ini.
- Apa tujuanmu?
- Apa yang mau kamu ceritakan?
- Jenis hadiah/barang apa yang akan membantu mengomunikasikan cerita itu?
Jawaban-jawaban untuk pertanyaan di atas bisa menjadi panduan untukmu dalam menciptakan konsep bingkisan yang memberi nilai tambah bagi penerima dan mencerminkan kamu sebagai sebuah bisnis.
Kirimkan hadiah yang theme-appropriate
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lebaran selalu menjadi waktu bagi umat Islam di seluruh dunia untuk berhubungan kembali dan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang mereka cintai. Sehubungan dengan itu, bingkisan yang diberikan oleh perusahaan pun sebaiknya selaras dengan tema hari raya tersebut.
Bingkisan bisa berisi hidangan khas yang kerap dinikmati masyarakat muslim Indonesia saat lebaran, seperti nastar, sirup, dan lain-lain. Kamu juga bisa memberikan barang-barang yang sesuai, misalnya sarung atau sajadah.
Tentunya, bingkisan bisa berisi kombinasi dari banyak barang. Tidak ada ketentuan khusus barang apa yang boleh dan tidak boleh masuk ke dalam bingkisan perusahaan saat lebaran. Acuan utamanya ialah sesuai dengan tema hari raya Idulfitri dan sesuai dengan citra atau cerita yang ingin disampaikan oleh perusahaan.
Lengkapi bingkisan dengan kartu ucapan yang toughtful
Terakhir, tambahkan kartu ucapan yang toughtful dengan kesan hangat. Tak lupa, pastikan ucapan tersebut sejalan dengan strategi dan cerita yang mau kamu komunikasikan.
Bila kamu bisa mengirimkan ucapan yang ditulis tangan, lebih baik lagi. Namun, jika tidak memungkinkan karena skala, pertimbangkan penggunaan pesan video yang dikirim melalui kode QR.
Kode QR dapat ditautkan ke video kamu yang mengucapkan terima kasih secara pribadi atau menjelaskan makna di balik bingkisan yang kamu kirim sambil menyoroti nilai dan citra perusahaan yang ingin kamu tunjukkan.
Lebaran sudah dekat, apakah kamu sudah ada ide konsep corporate gift seperti apa yang akan kamu berikan kepada para pelanggan setia?
Selain dengan pemberian bingkisan perusahaan, klik tautan ini bila kamu perlu tips membangun loyalitas pelanggan!