Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Cobain 5 Ide Seru Sebagai Program Customer Loyalty!

    Pebisnis pasti ingin punya pelanggan setia.

    Ada sebuah kata-kata bijak yang berbunyi, “Mempertahankan sesuatu itu lebih sulit daripada mendapatkannya.”. Kalimat ini bukan hanya berlaku dalam urusan cinta, melainkan juga pada dunia bisnis. Inilah yang menjadikan para pebisnis berusaha keras merancang berbagai program customer loyalty yang tepat untuk bisnis mereka.

    Pebisnis mana sih yang tidak ingin punya banyak pelanggan tetap dan setia? Memiliki banyak pelanggan setia merupakan prestasi tersendiri bagi mereka. Banyak pemilik bisnis yang beranggapan bahwa mempertahankan customer loyalty atau kesetiaan pelanggan memerlukan effort yang lebih daripada menarik atau mendapatkan pelanggan baru.

    Realitanya, menciptakan berbagai ide seru dan menerapkannya sebagai program customer loyalty itu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan trial and error dalam penerapannya. Apalagi, program yang digunakan pada suatu bidang bisnis, belum tentu cocok dan sesuai bila diterapkan dalam bisnis lainnya. Tricky, ya?

    Baca Juga: Strategi Customer Retention dalam Menjaga Loyalitas Konsumen

    Rekomendasi Ide Seru Program Customer Loyalty

    Meskipun peran customer loyalty atau kesetiaan pelanggan itu sangat penting dalam perjalanan bisnis, sebagai pemilik kamu tidak perlu memikirkannya sampai stress atau depresi. Lebay? Nggak. Memang ada kok beberapa pebisnis yang terlalu memikirkan operasional bisnisnya sampai akhirnya stress. 

    Tenang, beberapa rekomendasi ide seru berikut ini bisa kamu coba. 

    Berikan Hadiah Langsung! 

    Salah satu ide seru yang ternyata cukup efektif agar pelanggan ingin datang kembali adalah dengan memberikan hadiah langsung atau free gift secara gratis untuk setiap pembelian tertentu.

    Misalnya, saat ada launching produk baru, kamu bisa memberikan hadiah langsung pada setiap pembelian di atas nominal Rp100.000 dalam jangka waktu 1-2 minggu setelah produk rilis. 

    Berikan Penawaran Gratis!

    Semua orang suka barang gratis! Kamu bisa memanfaatkannya dengan menerapkan ide program customer loyalty berupa Promo Buy One get One (BOGO). Meskipun ide ini memang sudah lama diterapkan oleh para pebisnis, nyatanya masih sangat layak dan seru untuk dicoba. Alasan utamanya karena memang sangat menguntungkan untuk membuat para pelanggan menyerbu toko milikmu. 

    Program seperti ini biasanya diminati oleh pelanggan karena membawa banyak keuntungan bagi mereka yang nantinya juga berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. 

    Buy One Get One juga termasuk salah satu ide seru untuk program ini.

    Kasih Potongan Harga atau Diskon Khusus!

    Ide yang satu ini juga bisa dibilang bukan termasuk ide baru dalam dunia bisnis. Namun, harus diakui efektivitasnya masih mengalahkan program lainnya. 

    Pemberian diskon atau potongan harga adalah salah satu ide seru yang paling ampuh untuk menarik minat pelanggan. Diskon ini bisa kamu tawarkan pada pelanggan yang membeli produk dalam jumlah besar atau sering berbelanja di tempatmu.

    Baca juga: Efektifkah Rewards Point dalam Pengembangan Bisnis Digital?

    Tawarkan Poin!

    Ide pemberian poin ini merupakan salah satu cara yang saat ini mungkin paling banyak digunakan oleh para pemilik usaha, karena program ini memang relatif sederhana dan mudah untuk dilakukan. Konsumen hanya perlu bertransaksi lebih banyak untuk memperoleh poin yang lebih tinggi.

    Kamu dapat menawarkan atau memberikan langsung nominal poin yang relatif lebih besar dari biasanya bagi member yang sudah berbelanja dalam jumlah tertentu.

    Bagi-bagi Cashback!

    Cashback adalah suatu strategi yang hampir mirip dengan skema loyalitas dan hadiah. Bagi pelanggan, cashback adalah bentuk keuntungan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. 

    Cashback adalah salah satu cara untuk menggaet calon pelanggan yang juga bisa digunakan sebagai program customer loyalty. Melalui cashback, pembeli yang telah bertransaksi akan diberi persentase pengembalian uang tunai atau virtual dalam jumlah tertentu.

    Dulu, cashback lebih sering diberikan kepada para pengguna kartu kredit atau debit. Namun, istilah cashback saat ini sudah meluas ke berbagai jenis transaksi mulai dari tunai maupun virtual. Promosi cashback dapat menarik pelanggan untuk berbelanja lebih banyak karena semakin banyak uang yang mereka keluarkan, semakin besar jumlah cashback yang mereka dapatkan.

    Baca Juga: Cashback adalah: Arti dan Bedanya dengan Diskon

    Pada dasarnya, loyalty program merupakan program yang dapat membantu sebuah bisnis mengenali para pelanggannya dengan lebih baik. Meskipun ide seru di atas sudah sering digunakan oleh pebisnis lainnya, kamu bisa memaksimalkannya dengan melakukan sedikit perubahan pada penerapannya. Jadi, tidak sama persis dengan milik kompetitor.

    Loyalty program juga termasuk cara untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan yang bersedia mempromosikan bisnis, produk atau layananmu. So, pastikan kamu menyiapkan berbagai ide seru loyalty program untuk menjaga kesetiaan mereka.

    Tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam pengelolaan loyalty program sebab kini sudah ada aplikasi POS yang dibekali dengan fitur pengelolaan program loyalitas pelanggan seperti majoo.

    Majoo adalah aplikasi wirausaha dengan fitur sangat lengkap yang akan membantu bisnismu makin berkembang. Dengan berlangganan aplikasi majoo, kamu bisa mengelola operasional bisnis dengan lebih mudah. Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak berlangganan, kan

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?
    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?