Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Corporate Resolution, Inilah Hal yang Perlu Kamu Ketahui

     

    Resolusi banyak diartikan sebagai tujuan atau target. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, bila kita membahas resolusi perusahaan secara spesifik, memang terdapat sedikit perbedaan makna.

     

    Setiap bisnis pasti membuat keputusan, dan setiap keputusan perlu disetujui dan idealnya didokumentasikan secara tertulis. Itulah peran corporate resolution yakni memastikan setiap keputusan lengkap, jelas, serta akurat. Jadi, resolusi perusahaan ini merupakan pernyataan tertulis dari direksi perusahaan terkait keputusan-keputusan penting di dalam bisnis.

     

    Mengapa perlu ada resolusi perusahaan? Bisnis perlu dibedakan dari pemiliknya sehingga bebannya pun terpisah. Untuk menjaga sekat ini, bisnis atau perusahaan perlu bertindak secara mandiri, terpisah dari pemilik. Nah, resolusi perusahaan akan membantu menunjukkan hal tersebut.

     

    Apa itu corporate resolution?

    Di dalam resolusi perusahaan tentu direksi tidak perlu mencantumkan aktivitas bisnis harian, seperti proses merekrut karyawan baru, melunasi faktur, atau menarik konsumen baru. Aktivitas-aktivitas bisnis harian tersebut cukup dijalankan dan dipantau oleh manajer operasional.

     

    Corporate resolution dibutuhkan untuk setiap keputusan bisnis besar yang dibuat oleh direksi perusahaan. Memang tidak semua bisnis memiliki direksi, terutama usaha kecil yang kebanyakan belum memiliki struktur yang jelas. Meski demikian, bisnis kecil tetap perlu membuat resolusi. Dokumen resolusi ini merupakan dasar hukum tentang keputusan-keputusan yang diambil di dalam bisnis.

     

    Jenis corporate resolution

    Ada banyak keputusan yang dibuat oleh direksi perusahaan yang diuraikan dalam resolusi perusahaan, termasuk keputusan finansial serta perubahan kepemilikan. Di dalam resolusi bisa diuraikan tentang wewenang staf untuk bertindak atas nama perusahaan.

     

    Sebagai contoh, penunjukkan siapa yang berwenang membuka rekening, menarik uang, atau menulis cek atas nama perusahaan. Ini merupakan salah satu jenis corporate resolution yang umum karena bank, pialang, atau manajer aset membutuhkan informasi tersebut.

     

    Beberapa tindakan di dalam bisnis yang membutuhkan resolusi perusahaan, antara lain pembelian aset, pengajuan pinjaman, perubahan manajemen, hingga penggabungan dua usaha atau merger.

     

    Cara membuat corporate resolution

    Resolusi perusahaan bentuknya bisa bervariasi, tergantung sektor bisnis yang dijalani. Namun, secara umum resolusi perusahaan perlu mencantumkan hal-hal di bawah ini:

    • Tanggal resolusi dibuat.

    • Negara tempat usaha didirikan atau berdasarkan hukum mana perusahaan bertindak.

    • Tanda tangan staf yang berwenang untuk menandatangani corporate resolution.

    • Beri judul dokumen sesuai tujuannya, misal ‘Resolusi untuk Mengajukan Pinjaman Bank’.

    • Terdapat pernyataan bahwa resolusi tersebut telah disetujui oleh direksi. Bila terjadi voting, perlu dicantumkan jumlah direksi yang setuju dan tidak setuju.

    • Pada resolusi perusahaan juga perlu dicantumkan terkait topic tersebut sudah mencapai kesimpulan atau belum.

    • Terakhir, tentu perlu ada tanda tangan direksi perusahaan.

     

    Nah, bagi usaha kecil yang belum memiliki struktur kompleks, dapat menyesuaikan bentuk resolusi perusahaan sesuai kondisi struktur bisnis. Menjelang 2021, sudah siap resolusi untuk bisnis milikmu? Yuk, mulai sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?