Table of Content

    Corporate Resolution, Inilah Hal yang Perlu Kamu Ketahui

     

    Resolusi banyak diartikan sebagai tujuan atau target. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, bila kita membahas resolusi perusahaan secara spesifik, memang terdapat sedikit perbedaan makna.

     

    Setiap bisnis pasti membuat keputusan, dan setiap keputusan perlu disetujui dan idealnya didokumentasikan secara tertulis. Itulah peran corporate resolution yakni memastikan setiap keputusan lengkap, jelas, serta akurat. Jadi, resolusi perusahaan ini merupakan pernyataan tertulis dari direksi perusahaan terkait keputusan-keputusan penting di dalam bisnis.

     

    Mengapa perlu ada resolusi perusahaan? Bisnis perlu dibedakan dari pemiliknya sehingga bebannya pun terpisah. Untuk menjaga sekat ini, bisnis atau perusahaan perlu bertindak secara mandiri, terpisah dari pemilik. Nah, resolusi perusahaan akan membantu menunjukkan hal tersebut.

     

    Apa itu corporate resolution?

    Di dalam resolusi perusahaan tentu direksi tidak perlu mencantumkan aktivitas bisnis harian, seperti proses merekrut karyawan baru, melunasi faktur, atau menarik konsumen baru. Aktivitas-aktivitas bisnis harian tersebut cukup dijalankan dan dipantau oleh manajer operasional.

     

    Corporate resolution dibutuhkan untuk setiap keputusan bisnis besar yang dibuat oleh direksi perusahaan. Memang tidak semua bisnis memiliki direksi, terutama usaha kecil yang kebanyakan belum memiliki struktur yang jelas. Meski demikian, bisnis kecil tetap perlu membuat resolusi. Dokumen resolusi ini merupakan dasar hukum tentang keputusan-keputusan yang diambil di dalam bisnis.

     

    Jenis corporate resolution

    Ada banyak keputusan yang dibuat oleh direksi perusahaan yang diuraikan dalam resolusi perusahaan, termasuk keputusan finansial serta perubahan kepemilikan. Di dalam resolusi bisa diuraikan tentang wewenang staf untuk bertindak atas nama perusahaan.

     

    Sebagai contoh, penunjukkan siapa yang berwenang membuka rekening, menarik uang, atau menulis cek atas nama perusahaan. Ini merupakan salah satu jenis corporate resolution yang umum karena bank, pialang, atau manajer aset membutuhkan informasi tersebut.

     

    Beberapa tindakan di dalam bisnis yang membutuhkan resolusi perusahaan, antara lain pembelian aset, pengajuan pinjaman, perubahan manajemen, hingga penggabungan dua usaha atau merger.

     

    Cara membuat corporate resolution

    Resolusi perusahaan bentuknya bisa bervariasi, tergantung sektor bisnis yang dijalani. Namun, secara umum resolusi perusahaan perlu mencantumkan hal-hal di bawah ini:

    • Tanggal resolusi dibuat.

    • Negara tempat usaha didirikan atau berdasarkan hukum mana perusahaan bertindak.

    • Tanda tangan staf yang berwenang untuk menandatangani corporate resolution.

    • Beri judul dokumen sesuai tujuannya, misal ‘Resolusi untuk Mengajukan Pinjaman Bank’.

    • Terdapat pernyataan bahwa resolusi tersebut telah disetujui oleh direksi. Bila terjadi voting, perlu dicantumkan jumlah direksi yang setuju dan tidak setuju.

    • Pada resolusi perusahaan juga perlu dicantumkan terkait topic tersebut sudah mencapai kesimpulan atau belum.

    • Terakhir, tentu perlu ada tanda tangan direksi perusahaan.

     

    Nah, bagi usaha kecil yang belum memiliki struktur kompleks, dapat menyesuaikan bentuk resolusi perusahaan sesuai kondisi struktur bisnis. Menjelang 2021, sudah siap resolusi untuk bisnis milikmu? Yuk, mulai sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?