Di Era Digital, Bisnis Perlu Didukung Oleh Digital Tools

Memanfaatkan digital tools membuat pengelolaan bisnis lebih mudah.

 

Biasanya, seorang pemilik bisnis mempunyai setumpuk to do list. Karena itu, diperlukan bantuan digital tools untuk memudahkan pengelolaan bisnis, terlebih di era digital seperti saat ini.

 

Ada beragam tools yang bisa mendukung bisnis dalam berbagai aspek, mulai dari penyimpanan data sampai pengelolaan marketing. Berikut ini merupakan beberapa digital tools yang perlu dimiliki atau dimanfaatkan oleh bisnis.

 

1. Platform untuk menyimpan dan berbagi data

Untuk menjalankan fungsi ini, kami merekomendasikan Google Drive. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan digital tools dari Google ini. Platform ini bisa menyimpan data di cloud sehingga lebih mudah untuk proses dokumentasi dan tracing.

 

Platform ini juga bisa menampilkan Google Documents dan Google Spreadsheet yang memungkinkan pembuatan serta kolaborasi dalam pengisian file secara real time dan dari mana saja.

 

Hal ini sungguh menjadikan komunikasi bisnis menjadi lebih efisien. Kamu tidak perlu mengirim email terus-menerus yang berisiko menyulitkan tracing data sebab seluruh data bisa diakses bersama di Google Drive.

 

Platform ini sebetulnya tersedia secara gratis dengan kapasitas terbatas. Jika bisnismu membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang cukup besar, kamu mungkin perlu mempertimbangkan fitur berbayar.

 

2. Manajemen proyek dan tim

Secara umum tools manajemen proyek dan tim ditujukan untuk membantu kamu membuat proyek, mengelolanya, serta menetapkan task dengan batas waktu atau timeline tertentu.

 

Tidak hanya itu, platform ini biasanya memungkinkan kamu memeriksa pembaruan status masing-masing proyek atau tugas yang sedang dikerjakan oleh tim. Pengaturan jadwal pun menjadi lebih sederhana dengan memanfaatkan digital tools ini.

 

Beberapa tools manajemen proyek yang bisa kamu coba, seperti Asana, Teamwork, dan Clickup. Tentunya, kamu dapat memilih tools lainnya yang dianggap paling sesuai dengan bisnis serta kultur tim.


Digital tools memudahkan penyimpanan data, komunikasi, hingga pemantauan bisnis secara keseluruhan.

 

3. Komunikasi

Tidak bisa dipungkiri, komunikasi merupakan aspek yang sangat esensial dalam sebuah bisnis. Berhasil atau tidaknya sebuah inisiatif atau strategi sangat ditentukan oleh efektivitas komunikasi tim yang menjalankannya.

 

Pada era digital sekaligus pandemi di mana sebagian besar staf bekerja dari rumah, urgensi bisnis memiliki platform komunikasi yang efektif makin meningkat. Sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk memanfaatkan digital tools komunikasi yang mudah digunakan dan memungkinkan untuk berbagi data.

 

Slack dapat menjadi salah satu pilihan bila kamu sedang mencari tools komunikasi yang bagus. Platform ini terintegrasi dengan berbagai tools manajemen proyek, manajemen kantor, penjualan, produktivitas, dan desain.

 

Sementara itu, kamu juga pasti membutuhkan alat bantu komunikasi yang memudahkan pelaksanaan meeting jarak jauh. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini, kamu bisa memanfaatkan Skype, Zoom, ataupun Google Meet.

 

4. Alat bantu marketing

Dalam bisnis, aktivitas pemasaran menjadi bagian yang sangat penting untuk mendorong terciptanya profit. Salah satu alat bantu yang cukup efektif untuk mendukung strategi pemasaran adalah email marketing.

 

Berbicara email pemasaran, surat elektronik yang dikirimkan kepada konsumen harus tepat. Kamu perlu engage dengan konsumen pada waktu yang tepat. Penawaran perlu hadir saat konsumen memerlukan produk atau paling tidak sedang mencari produk tersebut.

 

Sebab itu, kamu perlu dibantu oleh tools surat elektronik yang dapat melakukan personalisasi konten pemasaran, misalnya Mailchimp. Digital tools yang satu ini terkenal mudah digunakan, memungkinkan kamu membuat, mendesain, dan mengirimkan branded surat elektronik kepada konsumen.

 

5. POS System

Selain digital tools yang banyak terkait dengan kebutuhan manajemen, kamu juga perlu menyiapkan alat bantu yang berkaitan langsung dengan operasional harian bisnis.

 

Terlepas dari usaha yang kamu tekuni, baik ritel, F&B, maupun laundry, mempunyai sistem POS merupakan salah satu cara untuk menjadikannya lebih maju. Pertama, kamu bisa menghindari berbagai human error yang umum terjadi dalam operasional bisnis harian sebab sebagian besar aktivitas bisnis dijalankan oleh sistem.    

 

Sebut saja, pengelolaan transaksi penjualan, manajemen inventori, hingga pelaporan keuangan. Tidak hanya itu, sekarang aplikasi POS juga memungkinkan kamu memantau kehadiran karyawan serta menyediakan analisis bisnis.

 

Lebih penting lagi, sistem POS yang berbasis cloud dapat diakses dari mana saja sehingga memudahkan kamu mengelola bisnis dari rumah. Platform ini juga memungkinkan kamu mengirimkan informasi penting ke berbagai cabang sekaligus jika ada hal penting yang perlu diketahui oleh tim di masing-masing gerai.

 

Makin berkembang suatu bisnis, kebutuhannya pun tentu berubah. Digital tools yang diperlukan mungkin turut mengalami penyesuaian. Kelima kategori alat bantu di atas mungkin tidak memadai lagi, perlu ditingkatkan atau ditambah.

 

Akan tetapi, bagi usaha kecil, kalimat alat bantu tersebut merupakan langkah awal untuk transisi di era digital ini. Tentunya, kamu selalu bisa menambahkan alat bantu lain yang dianggap sesuai atau dibutuhkan oleh bisnis.


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.