Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Penerapan Digitalisasi Bisnis Sebagai Kunci Sukses Yasscase

    Pemilik Yasscase percaya bahwa digitalisasi bisnis akan mempermudah proses pemasaran produknya.

    Tahun berganti, strategi pemasaran dan penjualan yang perlu diterapkan oleh para pebisnis pun makin beragam, yang paling dikenal saat ini adalah penerapan konsep digitalisasi bisnis

    Digitalisasi bisnis merupakan proses yang mengubah komunikasi, interaksi dan segala manfaat dalam bisnis dari yang konvensional atau manual menjadi digital atau virtual. Terdapat banyak tahap dalam bisnis digital ini, mulai dari pengenalan dan pemahaman pebisnis terhadap teknologi dan jaringan internet, membiasakan untuk melakukan promo dan pemasaran produk di berbagai media sosial sampai marketplace, dan masih banyak lagi. 

    Banyaknya online shop yang bermunculan saat ini menandakan bahwa digitalisasi bisnis mulai dikenal dan digemari oleh para pebisnis sebagai suatu metode pemasaran produk yang baru dan dianggap bisa mendatangkan keuntungan. 

    Baca Juga: Keuntungan yang Didapatkan dari UMKM Go Digital

    Salah satu pebisnis yang setuju akan hal tersebut adalah Tri Yuliastanto, pemilik Yasscase, @hpsoloandcase yang berlokasi di Solo dan Sukoharjo. Yasscase adalah sebuah toko offline yang menjual berbagai produk softcase dan bermacam-macam jenis aksesoris handphone lainnya. 

    Dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa usaha yang didirikan oleh Tri sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu ini memang berfokus pada penjualan produk softcase handphone. Buktinya, di Yasscase Solo Raya, kamu bisa menemukan koleksi softcase yang sangat lengkap. 

    Awal Kesuksesan Yasscase dengan Digitalisasi Bisnis

    Di awal usahanya, Tri hanya menerapkan sistem COD (Cash on Delivery) pada para konsumennya. Usaha yang dirintisnya semakin lama semakin berkembang sampai akhirnya saat ini memiliki dua gerai, yaitu di Solo Raya dan di Sukoharjo.

    Tidak berhenti sampai di situ, Tri berencana akan segera membuka dua cabang lainnya dalam waktu dekat. Sebuah perjalanan bisnis yang tentunya tidak mudah, ya. 

    Apakah bisnis Yasscase yang dijalankan Tri ini tidak pernah mendapatkan masalah dalam hal pemasaran atau penjualan? Tentu saja pernah. Pandemi yang datang sejak kurang lebih dua tahun yang lalu ini, membuat angka penjualan agak tersendat. Penjualan yang berkurang pastinya akan berpengaruh pada nilai pendapatan dan keuntungan bisnis. 

    Baca Juga: Digitalisasi Bisnis Guna Memperluas Pasar saat Pandemi

     Pemilik Yasscase juga berani mengambil #langkahmajoo dalam menjalankan bisnisnya.

    Untungnya, Tri tidak menyerah begitu saja. Hadirnya bisnis go digital atau yang lebih sering dikenal dengan istilah digitalisasi bisnis menjadikannya percaya bahwa bisnisnya bisa bertahan melewati masa-masa sulit seperti ini. Tri mulai melakukan berbagai pemasaran produk melalui media sosial dan marketplace yang ada. Angka penjualan pun akhirnya bisa ditingkatkan kembali. Hasilnya, Yasscase mampu bertahan hingga saat ini. 

    Satu hal lain yang juga dilakukan oleh Tri untuk mempertahankan bisnisnya adalah keberaniannya mengambil #langkahmajoo dengan berlangganan aplikasi keuangan majoo

    Beberapa keuntungan yang dirasakan oleh Tri dan Yasscase setelah berlangganan majoo, antara lain adalah terbantunya mereka dalam perhitungan transaksi dan laporan keuangan. Laporan transaksi dan keuangan bisa didapatkan dengan mudah, mulai dari laporan harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. 

    Selain itu, majoo juga mempermudahnya untuk melakukan pengecekan stok barang, pendataan produk atau barang yang baru saja datang, sampai barang yang sudah laku terjual. Semua catatan tentang stok barang tersebut sudah tercatat secara otomatis dalam aplikasi, sehingga tidak ada lagi yang namanya kesalahan pencatatan. Serunya lagi, data stok barang Yasscase ini bisa dicek oleh pemiliknya hanya dengan menggunakan handphone atau gawai lainnya di mana dan kapan saja. 

    Salah satu karyawan Yasscase, Tika, juga mengungkapkan bahwa pekerjaannya sangat terbantu dengan adanya aplikasi seperti majoo ini. Beragam jenis promo, diskon, dan potongan harga yang direkomendasikan oleh majoo ternyata sangat memudahkan para karyawan dalam hal perhitungan. Mereka sudah tidak perlu lagi repot-repot menghitung biaya promo, potongan harga atau diskon produk, karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis di aplikasi. 

    Secara tegas, Tri menyarankan kepada para pemilik bisnis lainnya yang juga sedang berjuang mempertahankan bisnis, untuk tidak ragu menerapkan digitalisasi bisnis. Selain lebih mudah dan efisien, pemasaran dan penjualan produk secara digital memang lebih menguntungkan karena biaya operasional yang biasa digunakan untuk biaya pemasaran atau promo bisa ditekan. 

    Proses penjualan pun dirasa lebih mudah, karena pihak pemilik bisnis tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan konsumen, tidak diperlukan juga adanya store secara fisik. 

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Tri juga menyarankan para pebisnis berani mengambil #langkahmajoo seperti dirinya. Menurutnya, aplikasi kasir dan aplikasi owner yang disediakan oleh majoo akan sangat membantu dalam hal pengelolaan bisnis. Kamu juga pastinya ingin meraih kesuksesan seperti Tri dan Yasscase, kan?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.