Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Lewat Toko Online, Expansi Bisnis Lebih Bebas

    Toko online bisa menjadi alternatif strategi bagi pemilik usaha yang ingin melakukan ekspansi bisnis.

    Di tengah masyarakat yang hampir setiap keputusannya didorong, dipengaruhi, bahkan dieksekusi di internet, membuka toko online bukan lagi bersifat pilihan. Sekarang konsumen sudah otomatis mempunyai ekspektasi tersebut terhadap sebuah bisnis.

    Pertanyaan semacam: Bisa dipesan online, enggak? Tentu bukan hal asing lagi di telinga para pemilik usaha.

    Memang, perubahan ini tidak mudah bagi sebagian orang. Akan tetapi, mari lihat dari sisi lain, yaitu kehadiran platform online membuat para pemilik usaha lebih bebas melakukan ‘ekspansi bisnis’.

    Pertama-tama, Pahami Dahulu Ekspansi Bisnis!

    Business expansion adalah fase saat bisnis mencapai titik tumbuh dan mencari opsi tambahan untuk mendatangkan profit.

    Proses pengembangan atau ekspansi memang akan menjadi bagian dari siklus bisnis yang penuh risiko dan peluang. Jika tidak dikelola dengan baik, ekspansi justru dapat membuat bisnis mengalami kerugian.

    Maka dari itu, kamu perlu cermat terkait keputusan pengembangan bisnis. Banyak bisnis menghadapi kendala saat melakukan ekspansi, terutama terkait keterbatasan sumber daya.

    Strategi mendatangkan tambahan profit yang pasti dipahami oleh banyak pemilik usaha, salah satunya ialah menambah basis konsumen. Untuk menambah basis konsumen, bisnis biasanya ekspansi dengan membuka cabang di daerah lain.

    Sayangnya, bukan rahasia lagi, membuka cabang atau gerai baru bukanlah persoalan mudah. Kamu perlu memiliki resource yang cukup besar dan stabil jika ingin bisnis lama dan cabang baru berjalan optimal.

    Bagaimana jika sumber daya yang kamu miliki terbatas dan kamu tetap ingin mengembangkan bisnis dan meningkatkan basis konsumen? Toko online merupakan salah satu jawabannya.

    Baca juga: Cara Cerdas Mengombinasikan Bisnis Offline dan Online

    Dengan membuka toko online, kamu memiliki basis konsumen yang hampir tidak terbatas.

    Bebas Ekspansi dengan Toko Online

    Pada poin sebelumnya telah dibahas bahwa online store dapat menjadi alternatif strategi ekspansi. Mengapa demikian? 

    Mari cari tahu keuntungan-keuntungan yang bisa membuat bisnismu lebih berkembang berkat online store!

    • Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

    Pada titik tertentu, profit toko atau gerai fisik sering kali menjadi stagnan sebab penjualannya terbatas kepada konsumen yang berada di area sekitar lokasi gerai tersebut. 

    Karakteristik ini tentu sangat berbeda dengan toko online yang jangkauannya bisa sangat luas. Konsumen di lokasi geografis yang sama hingga konsumen yang berada di luar negeri dapat menjadi pelangganmu.

    Karena itu, membuka toko di platform online bisa menjadi strategi yang tepat saat kamu mau memperluas bisnis ke orang-orang di seluruh negeri atau di seluruh dunia, memperluas basis pelanggan, dan meningkatkan potensi pendapatan. 

    • Leluasa Menambah Persediaan atau Diversifikasi Produk

    Di samping menambah cabang, diversifikasi produk juga kerap disebut sebagai salah satu strategi ekspansi. Akan tetapi, tak sedikit bisnis terkendala dengan ruang display yang terbatas di gerai.

    Nah, menjual produk secara online menawarkan keleluasaan bagimu untuk memperluas atau menambah persediaan, termasuk kemudahan ‘men-display’ produk-produk baru. 

    Jumlah barang yang dapat dijual bisnis secara online tidak perlu dibatasi layaknya pada toko fisik. Tentunya, cara ini dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan arus kas.

    • Jam Buka Toko yang Tidak Terbatas

    Poin lain yang membuat online store memberi ruang lebih bebas bagi pengembangan bisnis ialah jam buka.

    Melalui online store, pembeli bisa melakukan riset produk dengan teliti dan membuat keputusan pembelian kapan saja, baik siang maupun malam hari. Pasalnya, online store umumnya dapat diakses selama 24 jam.

    Hal tersebut tentu membuat proses belanja lebih mudah bagi pelanggan. Tak hanya itu, aksesibilitas semacam itu merupakan keunggulan kompetitif yang sangat besar. 

    Memang benar, gerai atau toko offline pun dapat kamu atur agar buka 24 jam. Namun, tentu resource untuk operasional gerai jauh lebih tinggi dibandingkan dengan online store.

    Jadi, kalau kamu mau melakukan ekspansi bisnis dan meningkatkan profit, alih-alih langsung membuka cabang baru, pertimbangkan untuk membuka toko online terlebih dahulu.

    Kamu bisa lebih bebas memperbesar jangkauan pasar melalui online store, apalagi bila kamu sudah menggunakan aplikasi point of sale (POS) yang terintegrasi dengan berbagai platform online.

    Dengan aplikasi POS yang dilengkapi fitur integrasi toko online, kamu bisa leluasa mengelola website, webtree, dan weborder. Tak berhenti di situ, kamu juga mudah mengelola penjualan di berbagai marketplace dari satu dashboard

    Penerimaan dan pemrosesan pesanan pun jadi makin mudah. Risiko menolak pesanan karena stok belum update? Sudah pasti bisa dihindari sebab stok produk sudah tersinkronisasi. Praktis, bukan? Yuk, pelajari lebih lanjut di sini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?