Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inilah Cara Evaluasi Bisnis yang Efektif Pada Akhir Tahun!

    Ketahui business goal sebelumnya terlebih dahulu sebelum kamu mulai proses evaluasi akhir tahun.

    Menjelang akhir tahun, para pemilik atau pemimpin bisnis tentu mulai merencanakan arah bisnis pada tahun berikutnya. Namun, untuk menentukan tujuan, kita perlu mengetahui titik berangkat terlebih dahulu. Karena itu, evaluasi bisnis merupakan proses esensial pada akhir tahun.

    Ternyata, sudah menjadi rahasia umum bahwa para pemilik usaha cenderung lebih perhatian terhadap rencana bisnis dan sering kali melewatkan proses evaluasi. 

    Review bisnis pada akhir tahun akan membantumu menemukan solusi untuk permasalahan bisnis sebelumnya dan menentukan strategi untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Lalu, bagaimana cara evaluasi bisnis? Simak penjelasan di bawah ini!

    Membuat Ringkasan Business Goal

    Dalam laporan akhir tahun, salah satu elemen penting yang harus ada ialah business goal. Pasalnya, sebelum target bisnis bisa dievaluasi, kamu atau audiens yang mengikuti proses evaluasi tentu perlu mengetahui detail business goal.

    Kamu perlu menuliskan ringkasan business goal terlebih dahulu. Kamu bisa melihat target bisnis dari rencana bisnis tahun sebelumnya. Namun, business goal tersebut mungkin berubah dalam kurun waktu 12 bulan berjalan. Jadi, kamu perlu menyesuaikan business goal dengan perubahan bisnis terkini.

    Baca juga: 4 Langkah yang Perlu Dilakukan UMKM dalam Menentukan Target

    Dalam ringkasan target bisnis, kamu perlu mencantumkan setiap goal dan alasan pemilihan target tersebut sebelum meninjau hasil operasional bisnis setahun terakhir. 

    Mengulas Pencapaian Target Bisnis

    Penting untuk merayakan keberhasilan perusahaan. Setelah kamu memetakan tujuan tahunan bisnis, kamu dapat berbicara tentang hal-hal yang sudah tercapai.

    Review bisnis tahunan tidak lengkap tanpa menampilkan highlight tahun berjalan. Maka dari itu, kamu perlu mencatat tujuan yang sudah tercapai dan peluang yang terlewatkan dalam 12 bulan sebelumnya. Beberapa pertanyaan berikut ini bisa menjadi alat bantu dalam proses evaluasi.

    • Apa yang bisa dipelajari dari kesuksesan perusahaan? 
    • Tantangan apa yang dihadapi perusahaan dan apa yang dapat dipelajari dari peluang yang hilang? 


    KPI merupakan cara paling mudah untuk menilai kinerja bisnis sepanjang tahun.

    Menyajikan Data Key Performance Indicator dan Hasilnya

    Angka ibarat cerita bagi sebuah perusahaan dan merupakan bagian penting dalam review bisnis tahunan. Tentunya, kamu tidak bisa memastikan kinerja perusahaan tanpa menganalisis beberapa jenis data. Di sinilah Key Performance Indicator (KPI) dan hasilnya berperan.

    Jadi, kamu perlu menyajikan data tentang kinerja perusahaan dalam bentuk laporan keuangan, tingkat pertumbuhan dan retensi, metrik kepuasan pelanggan, dan data lain yang mendukung kisah bisnis selama setahun terakhir. 

    KPI merupakan cara mudah untuk menilai kinerja bisnis sepanjang tahun. Dengan demikian, kamu tahu persis posisi bisnismu saat tiba waktunya untuk peninjauan akhir tahun.

    Data-data KPI dan hasilnya bisa kamu sajikan dalam bentuk grafis sebab visualisasi data bisa membuat setiap pihak yang membaca data lebih mudah mencernanya.

    Menilik Peluang pada Tahun Berikutnya

    Setelah membuat tinjauan bisnis mulai dari business goal hingga detail pencapaian KPI berarti kamu telah mencakup kinerja perusahaan selama setahun. Berikutnya, kamu dapat mulai membuka merencanakan strategi bisnis tahun berikutnya sesuai dengan peluang yang ada.

    Rangkuman tujuan perusahaan yang akan datang adalah elemen kunci untuk setiap tinjauan akhir tahun yang dapat ditindaklanjuti. Jika belum tercapai, tujuan dari tahun sebelumnya mungkin tetap ada atau kamu dapat mengubah tujuan berdasarkan pencapaian, kegagalan, atau kondisi pasar yang berubah.

    Dengan share tujuan baru, kamu membuat tim merasa ikut bertanggung jawab untuk bekerja menuju tujuan tersebut. 

    Menyusun Langkah Eksekusi Goal

    Seperti telah dibahas sebelumnya, tujuan bisnis tahun sebelumnya, target yang berhasil dicapai, atau target yang gagal dicapai akan menjadi insight untuk penetapan tujuan berikutnya.

    Akan tetapi, penetapan tujuan sesuai situasi pasar dan peluang yang ada saja tidak cukup. setelah kamu menentukan tujuan untuk tahun yang akan datang, kamu perlu menjelaskan cara pencapaiannya kepada tim yang terlibat dalam bisnis.

    Maka dari itu, evaluasi bisnis akhir tahun yang efektif perlu menyertakan rencana eksekusi strategi bisnis pada tahun yang akan datang. Gunakan beberapa pertanyaan di bawah ini sebagai panduan dalam menyusun action plan

    • Proses atau langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis?
    • Berapa bujet yang dialokasikan untuk mendanai rencana bisnis tersebut?
    • Siapa yang bertugas menjalankannya atau resource apa yang dibutuhkan untuk melaksanakannya?
    • Kapan estimasi timeline untuk target tersebut?

    Sampai sini, semoga kamu sudah lebih memahami cara melakukan evaluasi usaha dan peranan key performance indicator dalam proses evaluasi. Mumpung sebentar lagi akhir tahun, yuk persiapkan laporan review bisnismu sekarang!

    Kalau kamu perlu referensi artikel lain terkait pengelolaan bisnis, cek tautan berikut ini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.