Maksimalkan Digital Marketing dengan Foto Produk Ciamik!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Maksimalkan digital marketing dengan pemilihan foto produk yang menarik!

Tak semua orang, pelaku usaha yang sudah sangat mumpuni dan berpengalaman pun termasuk, beruntung dikaruniai dengan kemampuan untuk membuat foto produk yang menarik. Alhasil, sekalipun strategi bisnis yang disusun sudah sangat matang, operasional sudah dipastikan lancar bebas hambatan, tapi tetap tak sanggup menarik perhatian pelanggan.

Jangan salah, lho! Di era yang sudah serba digital seperti sekarang, umumnya pelanggan akan mencari informasi terlebih dahulu ketika ingin berbelanja, terlebih mereka yang memang sedari awal sudah memantapkan niat untuk berbelanja secara online. Oleh karena itu, foto yang mampu menunjukkan keunggulan produk dan jasa yang kita tawarkan pun menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan.

Apa saja, sih, yang perlu diperhatikan agar produk dan layanan yang kita sediakan bisa tampil menarik di foto? Yuk, langsung saja kita bahas bersama-sama!

1. Tampil Sederhana adalah Kunci

Setiap pelaku usaha tentu ingin menampilkan yang terbaik dari bisnisnya. Namun, untuk foto yang bisa langsung dilihat oleh pelanggan, tampil sederhana adalah kuncinya.

Ingat selalu bahwa dalam foto-foto semacam ini, produk atau jasa yang kita tawarkan merupakan poin penting yang harus ditonjolkan. Oleh karena itu, kurangi pernak-pernik atau dekorasi yang justru akan memecah fokus perhatian audiens yang ingin ditarget.

Jika kita perhatikan secara saksama, kebanyakan foto yang ditujukan untuk digital marketing menggunakan latar belakang putih polos atau warna-warna pastel. Bukan tanpa tujuan, lho, tetapi supaya perhatian pelanggan bisa fokus sepenuhnya pada produk yang ditawarkan.

Meski demikian, latar yang terlalu polos juga dapat membuat pelanggan merasa bosan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui poin unggul dari produk atau jasa yang kita miliki, agar kita dapat menonjolkannya dalam foto. Bukan berarti detail tidak penting, ya! Jika detail yang ada dirasa dapat menguatkan keunggulan produk, tambahkan saja. Namun, pastikan fokus perhatian terletak pada produknya, bukan detailnya.

 Tampilan foto produk yang sederhana justru bisa bantu dongkrak keberhasilan digital marketing.

2. Menampilkan Keadaan yang Sesungguhnya

Bisa menyajikan foto yang menarik untuk digital marketing memang bagus, tentunya akan ada banyak pelanggan yang tertarik untuk berbelanja pula. Akan tetapi, apabila nanti yang ditemukan oleh pelanggan di tempat usaha lain dari yang dipasarkan, sudah barang tentu pelanggan pun akan merasa kecewa.

Oleh karena itu, saat ingin mengambil foto untuk materi pemasaran, baik foto tempat usaha, produk, atau layanan yang tersedia, hindari menampilkan sesuatu yang mungkin sulit atau tidak bisa ditemukan oleh pelanggan ketika mereka berbelanja.

Pasalnya, pelanggan yang kecewa bisa jadi akan meninggalkan ulasan yang buruk. Di zaman ketika segalanya mudah dicari tahu seperti sekarang, ulasan bisnis yang buruk bisa berakibat fatal bagi keberlanjutan bisnis. Jadi, jangan tergoda dengan cara cepat untuk menarik perhatian pelanggan, tanpa berusaha untuk mempertahankannya.

3. Hanya Tampilkan yang Memang Diperlukan

Masih tentang kesederhanaan, tak semua informasi perlu dicantumkan di dalam foto, kok, terlebih untuk foto yang nantinya akan dijadikan sebagai materi digital marketing. Pasalnya, ketika kita melakukan pemasaran digital, baik dengan beriklan secara digital atau melalui media sosial, ada banyak ruang lain yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi tambahan.

Oleh karena itu, bagian foto bisa sepenuhnya dikhususkan untuk memberi gambaran kepada pelanggan terkait apa yang nantinya akan mereka dapatkan. Tak perlu benar-benar kosong dan hanya menampilkan produk saja, lho! Jika ingin, tambahkan pula informasi penting yang kiranya ingin diketahui oleh pelanggan seperti harga atau ukuran produk.

Manfaatkan caption untuk menambahkan teks penjelasan terkait produk tersebut secara lengkap, tetapi tidak berlebihan. Dengan cara ini, secara visual tampilan produk masih akan menjadi poin yang ditonjolkan, dan pelanggan juga bisa mendapatkan informasi seputar produk tersebut dari caption yang disediakan.

Ketika memilih untuk berjualan di marketplace, caption mungkin tidak tersedia, sebagai gantinya, kita dapat memanfaatkan deskripsi produk untuk informasi yang lebih detail, semengara visual tetap difokuskan ke tampilan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Maksimalkan Digital Marketing dengan Visual Menarik

Disadari atau tidak, visual merupakan salah satu elemen penting dalam pemasaran digital. Tingginya mobilitas masyarakat masa kini membuat informasi secara visual lebih mudah untuk diserap jika dibandingkan bila disajikan berbasis teks saja.

Oleh karena itu, foto produk yang dapat mencuri perhatian audiens merupakan kunci penting keberhasilan pemasaran di media digital. Informasi teks jelas tetap diperlukan, sekalipun gambar bisa berbicara hingga seribu kata, terkadang pelanggan tetap membutuhkan seratus atau dua ratus kata penjelasan tambahan.

Namun, apabila materi pemasaran digital kita kurang menarik secara visual, pelanggan pun tidak akan memiliki keinginan untuk mengetahui informasi selengkapnya lebih lanjut. Inilah mengapa memasang foto yang benar-benar dipikirkan dengan baik sangat penting bagi keberhasilan kegiatan pemasaran, khususnya yang dilakukan secara digital.

Dengan pemasaran digital yang baik, ditambah dengan fitur-fitur unggulan dari aplikasi majoo, tentu pengelolaan operasional bisnis pun bisa dioptimalkan secara efektif dan efisien. Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo