gambaranbrand, Sebuah Peluang dengan Memajukan Merek Lokal

Seperti kita ketahui, saat ini kita sudah memasuki era globalisasi. Tatanan kehidupan saat ini melibatkan seluruh manusia di dunia. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh globalisasi. Setidaknya, tiga aspek dalam kehidupan kita pasti akan terpengaruh: ekonomi, politik, dan budaya.

Di sisi ekonomi, kita telah memasuki era perdagangan dunia. Hal ini seperti dua sisi mata uang, bisa menjadi peluang, juga ancaman. Dalam era globalisasi seperti saat ini, merek lokal harus siap bersaing dengan merek-merek lain dari mancanegara.

Tidak dapat dipungkiri, masih cukup banyak masyarakat Indonesia yang lebih tertarik dan bangga menggunakan merek-merek dari luar negeri. Kita tidak dapat menuduh hal tersebut sebagai tindakan kurang cinta produk lokal, sebab jika bicara brand, ada banyak faktor yang membuat suatu merek dipilih oleh konsumen. Kualitas produk salah satunya, namun branding juga memainkan peran yang sangat penting.

Merek-merek dari luar negeri dengan kapasitas internasional, rata-rata melakukan branding dengan sangat baik. Mereka membangun kebanggaan dan kekuatan melalui branding. Jika ingin dapat bersaing dengan merek-merek besar tersebut, merek lokal pun harus melakukan hal yang sama. Itulah yang ingin dilakukan oleh gambaranbrand, membantu brand-brand lokal memiliki daya saing yang tidak kalah dengan merek luar, melalui branding.

Siapa sebenarnya gambaranbrand?

gambaranbrand menyebut dirinya sebagai tim pengembang merek lokal Indonesia. Kepada mereka, kamu dapat berkonsultasi terkait merek impian yang ingin kamu bangun dan mereka akan menyusun semua langkah serta strategi yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Mungkin kamu akan familier jika kita menyebutnya sebagai consulting agency.

Consulting agency yang satu ini boleh dikatakan memiliki tim yang sangat solid. Mereka yang ahli dalam bidang desain komunikasi, periklanan, manajemen strategis, sumber daya manusia, pelayanan, psikologi, komunikasi massa, serta riset, bergabung mengusung gambaranbrand.

Mereka akan membantu kamu, para pemilik bisnis, untuk merancang, mendesain, mengeksekusi, dan menjaga merek yang kamu inginkan. Metode dalam proses membangun merek ini pun dibuat dengan sangat sistematis dan spesifik. Tujuannya agar mudah diikuti dan dilaksanakan oleh segenap anggota perusahaan.

Ingat kembali bahwa membangun merek berarti memikirkan keseluruhan pengalaman konsumen. Artinya, hal tersebut harus dapat diterapkan oleh seluruh tim yang kamu miliki, agar citra yang kamu bangun konsisten. Selengkapnya terkait pentingnya branding dapat kamu baca di sini.

Apa yang dapat dilakukan oleh gambaranbrand?

Dalam proses membangun merek, banyak layanan yang diberikan oleh gambaranbrand. Mereka dapat membantu kamu menciptakan nama dan jiwa merek, membuat strategi merek, merancang manajemen merek, membuat identitas merek, merancang strategi komunikasi merek, membuat ide komunikasi kreatif, mendesain dan melakukan aktivasi merek, melakukan evaluasi merek, dan masih banyak lagi.

Mereka juga banyak menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain terkait, untuk membantu kamu mengurus pajak, perencanaan bisnis, serta pengembangan modal. Meski hal tersebut tidak memiliki kaitan langsung dengan merek.

Untuk melaksanakan semua hal tersebut, tim gambaranbrand menyiapkan metodologi yang komprehensif, yang disebut sebagai brand steps. Proses membangun merek atau brand steps ini diawali pembentukan persepsi terkait merek, pembentukan fondasi merek, melakukan komunikasi merek, menjalankan proses evaluasi merek, hingga terakhir mencapai target.

Proses pembangunan merek tersebut juga didasarkan pada sensory experience. Melibatkan pengalaman kelima panca indera: penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa. Itu sebabnya proses membangun merek perlu melibatkan banyak orang dari berbagai disiplin ilmu. Hal ini ditujukan agar merek yang dibangun dapat menciptakan pengalaman melalui titik sentuh yang berbeda-beda.

Di consulting agency ini setidaknya ada 11 disiplin ilmu yang dilibatkan. Mulai dari riset, hukum, komunikasi, desain, psikologi, keuangan, manajemen, IT, pemasaran, hospitality, hingga desain bisnis.

Kesebelas disiplin ilmu tersebut terlibat dalam proses mendesain, mengembangkan merek secara sistematis, menganalisis, membuat rekomendasi, membuat standardisasi terkait segala hal yang berhubungan dengan merek serta masa depannya. Jadi, proses membangun merek dibuat dari hulu ke hilir, mulai dari penetapan keputusan strategis, seperti model bisnis, perencanaan keuangan, penetapan visi dan misi merek, hingga pelatihan dan pembuatan sistem, serta desain komunikasi yang diharapkan. Tujuannya, agar citra merek yang dibangun lebih rapi, seragam, dan terorganisir.

Perlu dipahami juga bahwa proses branding tidak hanya berlaku untuk produk. Di era saat ini, sudah muncul banyak profesi yang membutuhkan proses branding pribadi.

Kondisi ini merupakan peluang untuk kamu. Bisnis atau perusahaan, seperti consulting agency, merupakan bidang yang cukup menjanjikan saat ini. Sebab merek lokal terus bertumbuh di mana-mana dan perlu keahlian untuk membangun sebuah merek yang kuat.

Kamu tentu tahu bahwa tidak semua pemilik usaha memiliki keahlian tersebut, sehingga pekerjaan untuk membangun merek dapat diserahkan kepada agency. Peluang ini bahkan semakin besar dengan banyaknya profesi yang juga membutuhkan branding, seperti pekerjaan sebagai influencer, freelance designer, dan lain-lain.

Pilihan ada di tanganmu, apakah kamu ingin menangkapnya atau tidak? Bila kamu merasa memiliki keahlian dan jejaring dalam bidang ini, sekarang saat yang tepat untuk memulai bisnis consulting agency dalam bidang pembangunan merek. 

Related Article

post-thumbnail

Survival Kit Bisnis Kecil di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini, berhasil memaksa perekonomian dunia berhenti berputar. Penting untukmu memahami survival kit yang bisa membantumu menyelamatkan bisnis kecil yang kamu kelola.
post-thumbnail

Pijakbumi Membuatmu Tetap Trendi Sambil Turut Menjaga Bumi

Tetap trendi sambil menjaga bumi bukan hal mustahil, lho. Pijakbumi, sneakers ramah lingkungan asal Bandung, sudah membuktikannya.
post-thumbnail

5 Loyalty Program Terbaik Sepanjang Tahun 2019

Dari sekian banyak program loyalitas pelanggan yang diimplementasikan di berbagai toko di seluruh dunia, berikut adalah 5 program terbaik milik brand global yang menarik untuk diulik.
post-thumbnail

Paid Membership, Model Loyalitas Pelanggan Gaya Baru

Paid membership membuatmu bisa memperoleh pelanggan setia sekaligus menerima biaya berlangganan dari konsumen. Menarik, bukan?

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp