Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Beralih ke e-Wallet


Transaksi cashless saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi hampir sebagian masyarakat Indonesia. Cashless digemari karena mudah dilakukan dan ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Salah satu poin penting dari transaksi cashless adalah e-Wallet. 


Apa itu e-Wallet?

e-Wallet adalah sebuah layanan yang memungkinkan kamu melakukan hampir seluruh kegiatan finansial dengan mudah. Mulai dari menyimpan uang, membayarkan uang, dan menerima uang, hingga mengirimkan uang dalam rangka transaksi yang dilakukan.


Belakangan ini e-Wallet menjadi pilihan masyarakat untuk membantu aktivitas perbelanjaan yang dilakukan. Metode ini semakin digemari dan banyak digunakan karena semakin menjamurnya pemilik bisnis yang menyediakan banyak promo untuk pembayaran menggunakan e-Wallet. Potongan harga juga cashback yang ditawarkan nilainya cukup besar. 


Selain itu, semakin sedikit uang dalam bentuk fisik yang beredar maka efek dari berkembang dan menyebarnya virus pun bisa dikurangi. Social dan physical distancing yang diterapkan pun bisa lebih efektif. 


Lalu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan e-Wallet? 


1. Menciptakan Cashless Society

Sistem transaksi cashless dinilai lebih inovatif, efisien, aman dan mudah digunakan. Ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia pada tahun 2014.


Selain itu, penggunaan e-Wallet dapat mempermudah cash handling dan menghemat biaya pengelolaan uang. Kita juga bisa mengurangi anggaran sebesar Rp3,5 triliun yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk mencetak uang baru, juga untuk menggantikan uang yang sudah rusak.


2. Promosi yang Menguntungkan

Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam promosi yang ditawarkan oleh penyedia e-Wallet, seperti potongan harga atau cashback. Ini juga salah satu alasan terbesar orang-orang untuk beralih ke dompet digital. Beberapa aplikasi e-Wallet bahkan menyediakan sistem poin setiap melakukan transaksi yang bisa kamu tukarkan dengan hadiah menarik.


3. Transaksi tercatat dengan rapi

Saat kamu melakukan transaksi dengan e-wallet, seluruh detailnya akan tercatat di histori akunmu. Maka otomatis kamu bisa melacak berapa uang yang sudah kamu keluarkan untuk mengontrol pengeluaran kamu. Kamu tidak perlu repot-repot lagi mencatatnya secara manual. Semuanya sudah tercatat dengan urut dan rapi. 



4. Lebih Aman 

Menggunakan aplikasi e-Wallet jauh lebih aman dan nyaman daripada metode konvensional yang mengharuskan kamu membawa banyak uang tunai di dompet. Kamu tidak perlu takut dengan adanya pencuri.


Berbagai fitur keamanan telah disediakan oleh penyedia aplikasi e-Wallet ini. Data yang digunakan dalam membuat akunmu juga harus diverifikasi terlebih dulu supaya sesuai dengan data diri yang tercatat di data masyarakat. 


Untuk mengaksesnya pun diperlukan nomor PIN atau bahkan sidik jari tangan. Bila smartphone kamu hilang, kamu bisa langsung memblokir atau mengunduh lagi aplikasinya di smartphone lain untuk log out pada smartphone yang hilang tersebut. Asalkan kamu menjaga akun dan password-mu dengan baik, kamu tidak perlu panik bila smartphone yang berisi aplikasi e-Wallet kamu hilang. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Pelajaran dari Entrepreneur yang Berhasil Pivot Selama Pandemi

Sebagian entrepreneur berhasil mempertahankan bisnisnya selama pandemi COVID-19. Inilah pelajaran penting yang dapat kita ambil!

Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Menjelang Idulfitri, bisnis bisa memberikan tunjangan hari raya dalam bentuk poin reward sebagai cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

Maksimalkan Potensi Delivery dan Takeaway di Bisnis Restoran

Pebisnis yang ingin bertahan di masa pandemi ini mau tidak mau harus mengadaptasi tren terbaru di industri restoran, yaitu melayani pengiriman atau delivery dan makanan dibungkus untuk dibawa pulang atau takeaway.

Peluang Bidang Usaha Modal Kecil Terbaik Tahun 2021

Bisnismu sulit berkembang di tahun 2020 ini karena dampak pandemi COVID-19? Tak ada salahnya menjadikan peluang bidang usaha modal kecil ini di tahun 2021!
Whatsapp