Table of Content

    Inilah Kerajinan Tangan yang Bisa Menjadi Peluang Usaha


     

    Bila kamu sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan dari rumah, kerajinan tangan bisa menjadi pertimbangan. Bisnis ini akan relatif menyenangkan jika berawal dari hobi kreatif yang kamu miliki.

     

    Tergantung jenis kerajinannya, tetapi umumnya bisnis ini tidak membutuhkan modal terlalu besar. Pada tahap awal, usaha ini juga sangat mungkin untuk dikerjakan sendiri sehingga biaya operasional pun tidak terlalu besar.

     

    Berikut ini beberapa ide kerajinan tangan yang bisa dikembangkan menjadi bisnis. Yuk, intip barangkali ada yang cocok dengan hobimu!

     

    1. Bisnis lilin hias atau lilin aromaterapi

    Untuk kamu yang senang membuat DIY lilin di rumah, aktivitas kreatif ini dapat dijadikan usaha loh. Kamu bisa menjual lilin hias warna-warni ataupun lilin aromaterapi.

     

    Lilin hias banyak dicari untuk menjadi dekorasi ruang tamu, meja makan, atau suvenir pada hari-hari bahagia. Sementara itu, lilin aromaterapi banyak dipakai orang untuk menciptakan suasana rileks. Karena itu, banyak diletakkan di kamar tidur.

     

    Membuat lilin relatif mudah, Anda hanya butuh lilin bubuk, sumbu, wadah cetakan, serta pengaduk. Nah, untuk membuat lilin hias berwarna, Anda membutuhkan bahan tambahan yaitu crayon, sedangkan essential oil diperlukan untuk membuat lilin aromaterapi.

     

    2. Bisnis aksesoris perhiasan

    Pebisnis perhiasan mungkin sudah banyak, tetapi peluang usaha masih terbuka jika kamu berhasil menemukan ciri khas dari aksesoris perhiasan yang akan kamu buat.

     

    Adapun perhiasan yang kamu buat bisa saja model sederhana dan tidak butuh teknologi tinggi seperti kalung manik-manik. Namun, kamu juga dapat menjual perhiasan dengan teknologi khusus jika fasilitasnya memadai. Misalnya, menjual perhiasan perak atau mutiara.

     

    Bagian terpenting, kamu memiliki nilai lebih yang ditawarkan. Sebagai contoh, salah satu artisan perhiasaan di Yogyakarta, henju.by.gracy, menghadirkan produk perhiasan berbentuk aksara Jawa. Desain unik tersebut menjadi ciri khas dan membuatnya diterima pasar.



    3. Bisnis gerabah

    Gerabah atau kerajinan dari tanah liat merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Dari masa ke masa bisnis yang satu ini relatif mampu bertahan.

     

    Saat ini, baik produk gerabah dengan warna tanah liat maupun yang sudah diwarnai dan diberi berbagai motif tersedia di pasaran. Bahkan, kini cukup banyak orang mencari mug, cangkir, ataupun piring dari artisan pottery.

     

    Biasanya, produk dari artisan pottery menjadi pilihan karena bentuk dan motif yang unik. Karena itu, jika kamu bisa membuat kerajinan gerabah, cobalah mulai menjualnya di media sosial atau marketplace.

     

    Sementara itu, bila kamu tertarik mempelajari proses pembuatan gerabah, tersedia berbagai kursus kerajinan gerabah. Lalu, kamu bisa mulai merancang bisnis produk gerabah.

     

    4. Bisnis tote bag dan tas rajut

    Hobi lain yang berpeluang menjadi bisnis, misalnya keterampilan menjahit dan merajut tas. Tote bag hampir selalu memiliki penggemar dari waktu ke waktu. Kamu bisa membuat tote bag dari bahan kain katun, kanvas, atau bahan lainnya.

     

    Begitu pula dengan tas rajut. Kamu bisa menjual tas rajut dengan menyediakan produk ready stock atau hanya dibuat sesuai pesanan.

     

    Memulai usaha kerajinan tangan

    Beberapa ide kerajinan di atas berpeluang menjadi bisnis, tetapi mungkin ide tersebut tidak sesuai untuk semua orang. Untuk kamu yang sedang berusaha menemukan usaha kerajinan kreatif yang sesuai untukmu, pertimbangkan poin-poin di bawah ini.

     

    1. Ketahui hobimu

    Menjalankan bisnis kerajinan relatif lebih mudah bila sesuai dengan hal yang kamu sukai. Dengan mengubah hobi menjadi bisnis, kamu dapat bekerja lebih optimal serta lebih senang menjalankannya.

     

    2. Tentukan produknya

    Dari satu keterampilan atau hobi, ada berbagai produk yang mungkin bisa kamu buat. Supaya bisnis yang kamu bangun lebih fokus, tentukanlah produk yang akan kamu jual.

     

    Jauh lebih baik jika kamu melakukan survei terlebih dahulu dan sudah mengetahui produk yang akan kamu rilis memiliki banyak permintaan di pasaran.

     

    3. Promosi yang optimal

    Promosi merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis. Sekarang proses promosi tentu sudah bisa dilakukan dengan relatif mudah, kamu bisa memanfaatkan media sosial.

     

    Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan iklan di media sosial atau marketplace. Seperti media sosial, jangan lupa manfaatkan pula fitur unggahan feed yang tersedia di marketplace.

     

    4. Tentukan target pasar yang tepat

    Karakteristik produk yang kamu jual tidak akan sesuai bagi semua kalangan. Maka dari itu, kamu perlu menentukan target pasar yang tepat sejak awal. Contohnya, bila produk yang kamu buat bernuansa ceria dengan motif kekinian mungkin akan lebih sesuai untuk target pasar berusia remaja.

     

    Sehubungan dengan itu, kamu perlu memastikan promosi yang kamu lakukan menyasar audiens yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mendatangkan keuntungan maksimal.

     

    5. Belajar dari kompetitor

    Layaknya sektor lain, dalam bisnis kerajinan pun ada persaingan. Supaya bisnismu bisa berkembang, pastikan kamu belajar dari kompetitor.

     

    Kamu bisa menganalisis produk apa yang tidak disediakan pesaing, lalu kamu mengisi kekosongan produk tersebut. Atau kamu dapat membuat produk dengan kualitas yang lebih baik daripada yang dihadirkan kompetitor.

     

    Bahkan, kamu bisa mengamati strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor dan membuat inovasi agar hasilnya lebih optimal.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.