Table of Content

    Inovasi: Kunci Bisnis untuk Terus Maju

    Pengusaha dan pebisnis adalah mereka yang membangun bisnis dan berkutat dengan inovasi. Mereka mengelola bisnis dan menanggung segala risikonya. Seorang pengusaha atau pebisnis sering kali dihargai karena risiko pribadi yang mereka ambil dalam mengejar bisnis baru, inovasi, atau bentuk usaha lain. Sebagai imbalan atas risiko yang diambil itu, mereka sering mendapat untung paling signifikan dari kesuksesan perusahaan mereka.

     

    Di luar sana, ada perdebatan mengenai definisi dari pengusaha atau pebisnis. Ada definisi yang luas yang menyatakan bahwa pengusaha adalah siapa saja yang memiliki usaha dan bekerja untuk dirinya sendiri. Ada juga definisi yang lebih sempit yang menyatakan bahwa seseorang dianggap pengusaha jika ia tidak sekadar bekerja secara mandiri untuk bisnisnya sendiri, tetapi bisnisnya juga harus melibatkan inovasi, dalam berbagai bentuknya, bisa produknya, cara kerjanya, dan lain sebagainya.

     

    Terlepas dari definisinya, kita tentu bersepakat bahwa sebuah bisnis perlu berinovasi dalam satu atau lain hal jika ingin terus relevan dengan pelanggannya dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga terus bertahan.

    Mengapa Bisnis Harus Terus Berinovasi?

    Jawabannya sederhana. Mengutip Kazuo Ishiguro, “Untuk memenuhi tantangan zaman baru, artinya adalah membuang cara lama yang terkadang sangat disukai.”

     

    Untuk terus beradaptasi dengan dunia yang berubah dan bergerak dengan cepat ini, kita memerlukan pola pikir kreatif dan maju, serta ide-ide inovatif. Dalam berbagai hal, pengusaha tidak mengejar kesempatan, tetapi menciptakan kesempatan tersebut.

     

     

    Jika kita membahas peristiwa yang sedang terjadi, di masa pandemi ini, bukan rahasia lagi banyak orang yang diberhentikan dari pekerjaannya. Mereka yang tidak lagi bekerja kantoran ini, banyak yang kemudian banting setir dan menjadi pengusaha baru. Karena inilah, kamu tidak lagi bisa mengandalkan cara-cara lama dalam menjalankan bisnismu. Kompetisi yang semakin ketat, pesaing yang semakin banyak, akan menuntutmu berinovasi jika tidak ingin kalah dalam perebutan pangsa pasar dan kehilangan pelanggan yang mungkin akan berpaling ke kompetitormu.

     

    Di dunia bisnis, langit tidak lagi menjadi batas. Batas ini terus melebar setiap hari, terobosan lebih sering terjadi dari pada sebelumnya dan tantangan masih muncul setiap hari. Untuk itulah, kita membutuhkan inovasi dan pemikiran ke depan agar dapat terus maju.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?