Inspirasi Berbagai Bentuk THR untuk Kurir

Kebutuhan akan jasa kurir memang tidak bisa lepas dari salah satu trik pemasaran sebuah bisnis saat ini. Kebutuhan produk untuk cepat sampai dari konsumen dan target pergerakan transaksi dari para pemilik bisnis menjadikan jasa kurir masih terus diperlukan. Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang, saat kontak fisik diharapkan terjadi seminim mungkin, mengirim barang lewat kurir adalah pilihan yang cukup tepat dan efisien. 


Namun, pernahkah kamu terpikir untuk memberi reward pada para kurir tersebut? Mayoritas dari pengguna jasa kurir umumnya memberikan tips langsung pada mereka. Di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran kali ini, kenapa kamu tidak mencoba untuk mengapresiasi kinerja para kurir yang sudah berjasa pada bisnismu? Selayaknya Tunjangan Hari Raya (THR), tapi bentuknya bukan uang. Kalau bukan berbentuk uang, lalu apa? Banyak ide lainnya kok. Kita bahas satu per satu yuk! 


Gift Box Lebaran

Gift Box Lebaran ada banyak sekali pilihan isinya. Tapi umumnya berisi barang-barang keperluan berhari raya. Misalnya, sajadah, baju koko, peci, juga sarung. Tidak menutup kemungkinan bila kurirnya adalah wanita maka mukena atau jilbab bisa menjadi opsi lainnya. 


Gift box ini bisa kamu beli di toko-toko yang khusus menyediakannya atau bisa juga kamu buat sendiri. Umumnya jika ingin lebih praktis dan yang diberi dalam jumlah lebih dari satu, membeli adalah solusi yang tepat. Tapi bila ingin terasa lebih intim, merangkainya sendiri terasa lebih seru.


Parsel 

Memberikan parsel sebagai bingkisan THR sudah sangat sering dilakukan. Biasanya yang membedakan adalah isinya karena saat ini pilihan parsel sangat beragam. Mulai dari sembako, buah, juga kebutuhan rumah tangga lainnya. 


Apa pun momennya, sembako jawabannya. Namanya juga sembilan bahan pokok, maka sudah jelas bahwa ini merupakan kebutuhan penting. Tak heran bila pilihan ini biasanya menjadi yang paling sering diberikan sebagai bingkisan THR. Tapi parsel sembako ini masih bisa dikreasikan dengan penambahan produk lain juga, seperti sirup, kecap, atau mentega. Parsel sembako juga masih menjadi pilihan utama karena dianggap lebih awet dengan produk-produk yang memiliki masa kadaluarsa lebih panjang. 


Selain itu ada juga parsel buah yang memang terlihat sangat cantik, kelemahannya ada di masa kadaluarsa yang tidak terlalu panjang lantaran buah biasanya cepat busuk dan tidak segar lagi. 


Sama seperti gift box khusus lebaran, parsel-parsel seperti ini juga bisa kamu beli langsung ke produsen yang biasanya menjamur di momen menjelang lebaran.


Hampers Kue Kering

Kue kering memang identik dengan lebaran. Semua orang pun suka. Hampers kue kering ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan reward untuk para kurir. Kue kering seperti kastengel, lidah kucing, nastar, dan putri salju akan terlihat cantik bila sudah dikemas dalam bingkisan hampers. Memberikannya sebagai THR pun tak akan sungkan. 


Hampers dikenal dengan kemasan keranjangnya yang apik dengan hiasan yang cantik. Maka akan menjadi lebih spesial bila kamu bisa mengkreasikan hampersnya dengan kue kering bikinanmu lalu mengemas dan menghiasnya sendiri. 



Bonus Paket 

Gift box, parsel, atau hampers biasanya memerlukan waktu untuk memilihnya. Kamu tidak bisa sembarangan memilih karena barang-barang itu akan kamu berikan untuk orang lain. Tapi bila ternyata kamu tidak punya banyak waktu untuk memilih, opsi bonus paket bisa menjadi solusi.


Bonus paket yang seperti apa? Misalkan kamu melakukan pemesanan suatu produk yang sedang kamu inginkan atau butuhkan, maka kamu tinggal mengalikan saja jumlah orderanmu sebanyak bingkisan THR yang akan kamu berikan. Order tambahan inilah yang nantinya bisa kamu berikan untuk para kurir tersebut. Mudah dan efisien. 


Paket Kuota Internet

Saat ini, kuota internet sudah menjadi hal yang sama pentingnya dengan kebutuhan akan sembilan bahan pokok. Apalagi bagi para kurir yang memang harus selalu online demi pekerjaan mereka. 


Memberikan THR untuk mereka dalam bentuk paket kuota internet bisa menjadi sesuatu yang unik dan bermanfaat. Apalagi dengan adanya pengumuman dari pemerintah bahwa masyarakat dilarang mudik lagi tahun ini, maka kuota internet jadi lebih diperlukan untuk terus menjaga komunikasi dengan keluarga.


Kamu bisa menanyakan secara langsung pada para kurir yang biasa membantu bisnismu, provider apa yang biasanya digunakan dan berapa kebutuhan kuota internet mereka. 


Bingkisan Keperluan Kurir

Bila kamu sering bertemu dan memakai jasa kurir, maka kamu mungkin paham apa saja yang biasanya mereka perlukan untuk bekerja. Mulai dari helm berstandar nasional, jaket yang layak, sepatu yang nyaman, sarung tangan, dan lain sebagainya.


Lalu kenapa opsi ini tidak kamu coba? Kamu bisa membelikan beberapa kebutuhan seperti yang disebut di atas lalu mengemasnya menjadi bingkisan THR yang cantik. Bingkisan berisi sepatu, jaket, kaos kaki,  sarung tangan, masker, sampai helm akan menjadi sebuah reward yang mengundang senyum para kurir. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Peluang Bisnis Hobi yang Menjanjikan saat New Normal

Bisnis hobi merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, terutama di kala aturan new normal mulai dijalankan dan banyak orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Ada apa saja, sih?

WhatsApp Business, Fitur untuk Jalankan Bisnis di New Normal

WhatsApp Business memiliki berbagai fitur dan memperkenalkan cara baru berbisnis bagi setiap pelaku usaha. Mari kita bahas fitur-fitur yang dimiliki oleh produk dari WhatsApp ini.

7 Pola Pikir untuk Meningkatkan Level Bisnismu

Jika kamu tidak pernah merasa puas dan terus ingin menaikkan kelas bisnismu, coba aplikasikan pola pikir berikut ini dan tingkatkan level bisnismu.

Kutipan Inspiratif Pengusaha Dunia dalam Melewati COVID-19

Kutipan inspiratif dari pengusaha dunia bukan hanya sekadar penyemangat dalam melewati situasi new normal, tetapi juga mengandung wawasan yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk melalui masa-masa sulit ini.
Whatsapp