Table of Content

    Inspirasi Promo Restoran Terbaik pada Hari Valentine

    Sebagai salah satu momentum tersibuk bagi restoran, pastikan konsumen mempunyai pengalaman yang tidak terlupakan pada hari valentine.

    Hari valentine sering kali berarti date night dan restoran yang penuh dengan reservasi. Pasalnya, banyak pasangan merayakan valentine day dengan makan malam di restoran untuk mendapatkan pengalaman romantis.

    Karena itu, para pemilik atau manajer restoran perlu menjadikan momen ini sebagai kesempatan memberikan pengalaman yang lebih istimewa bagi konsumen. Kamu dapat membuat aneka program promo restoran yang melibatkan atmosfer spesial, makanan lezat, serta hiburan yang tepat.

    Promo restoran, dari menu spesial hingga speed dating

    Pasti tidak mudah bagi tim marketing sebuah restoran untuk selalu hadir dengan program pemasaran yang unik, terutama dalam rangka menyambut perayaan rutin seperti valentine.

    Yuk, simak beberapa ide marketing restoran di bawah ini untuk mengoptimalkan momen hari valentine!

    Ciptakan menu spesial untuk malam valentine

    Berdiskusilah dengan chef atau manajer dapur untuk membuat menu spesial khusus malam valentine. Karena valentine day identik dengan makanan manis, pastikan menu yang ciptakan ditutup dengan rangkaian dessert yang menarik.

    Untuk membuat menu pada makan malam tersebut makin istimewa, kamu bisa membuat nama-nama menu yang unik, misalnya ‘Choco Berry Love’, ‘Kiss On The Lips’, dan sebagainya.

    Sebagai menu promo, kamu dapat melabeli hidangan tersebut dengan harga paket. Pada saat yang sama, kamu bisa memilih hanya menyajikan paket-paket menu promo tersebut.

    Di tengah restoran yang sibuk, staf dapur dapat bekerja lebih efisien sebab menu yang disajikan terbatas, memudahkan pramusaji menjelaskan menu istimewa, dan memudahkan pengelolaan restoran secara keseluruhan sehingga tidak ada konsumen yang kecewa karena menunggu lama.

    Dengan kata lain, paket menu promo valentine merupakan cara terbaik untuk membatasi pilihan menu, mengurangi kesulitan konsumen memutuskan, dan memastikan konsumen puas. 

    Jika restoran milikmu sudah menggunakan aplikasi POS yang mumpuni, pengelolaan restoran pada malam sibuk tersebut akan makin efisien.

    Hadirkan atmosfer istimewa

    Program promo restoran untuk valentine day idealnya lebih dari sekadar menu atau penataan tempat duduk. Hadirkan dekorasi berbeda supaya terasa atmosfer istimewa bisa menjadi bagian dari kampanye pemasaran.

    Buatlah dekorasi khusus yang bahkan pelanggan setia restoranmu pun akan terkejut melihatnya. Kamu dapat mengirimkan sms promosi atau email blast dan memastikan konsumen akan memperoleh pengalaman langka jika memilih merayakan valentine di restoran milikmu.

    Baca juga: Menjelang Hari Valentine, Cobalah 4 Ide Bisnis Ini

     Ragam program promo restoran perlu kamu buat khusus untuk hari valentine.

    Kamu dapat menghadirkan dekorasi yang masih selaras dengan tema restoran, tetapi unik. Selain dekorasi, atmosfer tentu meliputi keseluruhan suasana restoran, termasuk staf.

    Karena itu, kamu dapat mempertimbangkan staf memakai seragam khusus pada hari valentine dalam rangka menciptakan atmosfer yang tidak biasa.

    Pertimbangkan membuat speed dating

    Di momen valentine, kebanyakan tamu yang datang ke restoran, datang berpasang-pasangan. Mereka yang belum atau sedang tidak memiliki pasangan sering kali memilih berdiam diri di rumah.

    Padahal, untuk restoran, semua orang tentu tetap menjadi target pasar yang menguntungkan. Supaya restoran milikmu tidak mengalami opportunity cost sebab kehilangan calon pengunjung, pertimbangkanlah program promo restoran yang mengakomodasi keresahan konsumen.

    Sebagai contoh, kamu dapat mengadakan acara speed dating pada malam valentine bagi pengunjung yang datang sendirian. Untuk bisa mengikuti speed dating tersebut, konsumen perlu melakukan reservasi sebelumnya. Kamu juga dapat menetapkan reservasi tersebut disertai dengan pemesanan menu paket valentine.

    Dengan begitu, kamu bisa memastikan slot meja yang terisi beberapa waktu sebelumnya. Menarik dan efisien, bukan?

    Promosikan restoran dengan optimal

    Aneka program yang kamu buat untuk hari valentine tentu tidak akan berdampak optimal jika kamu tidak mempromosikan program tersebut secara maksimal. Maka dari itu, salah satu hal penting yang tidak boleh terlewat adalah pemasaran digital terkait program promo restoran tersebut.

    Dengan memanfaatkan fitur CRM di aplikasi POS yang kamu gunakan, kamu bisa mengelompokkan program promo sesuai dengan target pasar. Lebih dari itu, kamu juga dapat meningkatkan daya tarik program promo dengan membuat program khusus bagi member restoran.

    Bisa menikmati menu spesial dan atmosfer istimewa dengan harga khusus pula? Tentunya hal ini terasa lebih menarik bagi konsumen.

    Berikutnya, jika kamu tertarik menghadirkan program speed dating, kamu dapat menjadikannya sebagai bagian dari kampanye loyalty program. Sebut saja, dengan menjadi member restoran dan memesan paket khusus valentine, pengunjung berhak mengikut acara speed dating.

    Meskipun program tersebut terdengar menambah kerepotan, sebetulnya kamu tidak akan ribet jika sudah menggunakan aplikasi POS yang tepat sebab semua pengelolaan member, program loyalty, serta promo dapat diatur melalui satu aplikasi saja. Praktis, bukan?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.