Table of Content

    Kamu Perlu Menyusun Rencana Bisnis, Inilah Alasannya


     

    Jika diibaratkan, rencana bisnis itu seperti peta. Kamu akan lebih mudah sampai ke tujuan dengan melihat peta yang benar. Meskipun demikian, tidak ada jaminan kamu tidak akan tersesat dalam perjalanan. Namun, bila tidak memilikinya, kamu mungkin akan harus sering berhenti untuk menanyakan arah. Tidak efisien, bukan?

     

    Itu sebabnya, pelaku bisnis sebaiknya memiliki business plan sebagai panduan dalam menjalankan bisnis. Dengan memiliki business plan, para pemilik usaha jadi bisa melihat gambaran besar suatu bisnis, membuat rencana sejak awal, membuat keputusan penting dengan tepat, hingga meningkatkan kemungkinan bisnis untuk maju.

     

    Rencana bisnis yang dimaksud di sini tentu perencanaan tertulis. Umumnya, di dalam business plan terdapat informasi yang dapat meningkatkan peluang bisnis untuk bertumbuh. Misalnya, terdapat analisis pasar, analisis kompetisi, segmentasi pasar, strategi pemasaran, serta rencana operasional bisnis.

     

    Jadi, meskipun terkesan memakan banyak waktu dan rumit, menuliskan business plan sangat penting bagi bisnis. Supaya kamu makin dapat melihat urgensinya, berikut ini kami sajikan lima alasan penting di balik penyusunan business plan.

     

    Membantumu membuat keputusan penting

    Rencana bisnis memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi utamanya adalah membantu para pelaku bisnis membuat keputusan yang tepat. Seperti yang telah diketahui, menjalankan suatu bisnis sering kali merupakan proses membuat keputusan yang tiada hentinya.

     

    Hal tersebut juga erat sekali kaitannya dengan manajemen krisis. Nah, mengingat situasi krisis di tengah pandemi ini, keberadaan business plan menjadi berkali lipat pentingnya.

     

    Menghindari kesalahan besar

    Konon, tidak banyak usaha kecil yang dapat bertahan hingga lima tahun. Sebagian besar sudah gulung tikar sebelum menginjak tahun kelima. Padahal, kesalahan yang terjadi seharusnya dapat diatasi bila bisnis tersebut memiliki business plan.

     

    Sebagai contoh, kesalahan yang umum terjadi adalah produk yang ditawarkan tidak dibutuhkan pasar. Hal ini tentu tidak akan terjadi bila sejak awal ada business plan yang jelas sebab dalam perencanaan tersebut kita perlu menyusun segmentasi pasar.



    Mengonfirmasi bahwa bisnismu berpotensi sukses

    Kebanyakan bisnis dibangun berdasarkan passion. Di satu sisi, passion memang motivasi yang sangat luar biasa. Sayangnya, passion tidak dapat menjadi sarana pembuktian nilai atau potensi bisnis.

     

    Menyusun rencana yang akan kamu lakukan dalam memajukan bisnis merupakan langkah paling penting di antara ide dan eksekusi bisnis. Peran business plan adalah memberikan konfirmasi bahwa visi yang kamu miliki memang masuk akal.

     

    Menentukan dan mengomunikasikan target

    Tanpa business plan, pelaku bisnis sering kali menetapkan target yang kurang rasional. Sebaliknya, adanya perencanaan bisnis membuat kamu memiliki tolok ukur yang jelas dalam penyusunan target. Selain itu, kamu juga menjadi lebih berkomitmen terhadap visi jangka panjang.

     

    Tidak hanya berperan dalam menentukan target, business plan juga berkontribusi penting dalam mengomunikasikan target tersebut kepada tim. Berapapun jumlah tim dalam bisnismu saat ini, kamu tidak mungkin selalu hadir untuk membuat setiap keputusan. Business plan dapat menjadi panduan bagi tim bila harus mengambil keputusan saat pemilik bisnis tengah absen.


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?