Table of Content

    Keberhasilan UMKM Membuka Peluang Kerja di Masa Pandemi


    Berkembangnya UMKM berarti terbukanya banyak peluang kerja baru.


    Adanya pandemi di Indonesia membuat aspek perekonomian sangat terpengaruh. Bukan hanya perekonomian skala kecil, pada skala besar pun, banyak perusahaan dan bisnis yang kolaps. Dibatasinya berbagai macam kegiatan yang melibatkan social dan physical distancing, mengakibatkan beberapa bidang bisnis tidak mampu bertahan.


    Dampak selanjutnya dari ketidakmampuan untuk mempertahankan bisnis tersebut adalah banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Perusahaan atau sebuah usaha yang tutup akan menyebabkan banyak pekerja yang berubah status menjadi pengangguran. Hal tersebut menjadikan perkembangan ekonomi di Indonesia pun semakin mengalami penurunan. 


    Baca Juga: Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi


    Di sisi lain, dengan adanya pandemi dan segala keterbatasan yang telah diatur pemerintah, melahirkan banyak ide kreatif dalam bisnis seperti UMKM. UMKM yang dulunya hanya mengandalkan kegiatan pemasaran dan operasional secara konvensional, mau tidak mau mengubah konsepnya menjadi digitalisasi bisnis. Hal ini berlaku bagi hampir seluruh bentuk UMKM, mulai dari yang memasarkan produk handicraft, pertanian, sampai food and beverages


    Selain itu, para karyawan yang terpaksa kehilangan pekerjaan pun akhirnya mulai berpikir kreatif dan mencoba menjadi pegiat bisnis dengan mendirikan UMKM. Tidak heran jika di masa pandemi ini, banyak sekali bermunculan ide bisnis baru. Maka dari itu jumlah masyarakat yang bekerja di lapangan usaha perdagangan, akomodasi, food and beverages, meningkat secara signifikan, bahkan melampaui keadaan sebelum pandemi.


    Hal ini sangat positif, UMKM tidak bisa dikelola seorang diri, bagaimanapun pemiliknya tetap membutuhkan beberapa orang untuk membantu menjalankan usaha. Kebutuhan akan tenaga bantuan inilah yang pada akhirnya membuka peluang kerja baru untuk para pengangguran. 


    Pemerintah pun mengakui bahwa saat ini UMKM ternyata mampu menciptakan banyak peluang kerja baru dan menyerap hampir setengah dari jumlah keseluruhan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Jumlah yang sangat baik. 


    UMKM ternyata mampu menyerap setengah dari total penyerapan tenaga kerja di Indonesia.


    Penyerapan tenaga kerja yang tinggi dari sebuah UMKM berarti berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, yang pada akhirnya juga berpengaruh besar pada perekonomian. Namun, hal ini tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Seluruh kegiatan UMKM perlu mendapatkan bantuan untuk terus ditingkatkan. 


    Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Pengembangan Karyawan Bagi Bisnis


    Bantuan dari pemerintah yang diperlukan adalah dalam bentuk perizinan membuka usaha. Diharapkan izin untuk mendirikan usaha tidak dipersulit dengan banyaknya syarat yang diajukan. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja, memangkas regulasi, dan kemudahan dalam membuka usaha.


    Masyarakat juga diharapkan mampu memberikan dukungan yang baik bagi perkembangan UMKM. Konsep cinta produk buatan dalam negeri perlu benar-benar diwujudkan menjadi nyata. Aktif membeli barang dari UMKM secara otomatis akan membantu lancarnya usaha mereka. 


    Dengan adanya bukti keberhasilan dalam membuka peluang kerja ini, UMKM tak sepatutnya merasa besar kepala terlebih dahulu. Banyak yang harus tetap dilakukan dan diperjuangkan agar usaha yang sudah dirintis semakin berkembang dan tidak mandek di situ saja. 


    Pegiat UMKM perlu menciptakan inovasi dalam bisnisnya, ide kreatif harus tetap ada supaya produk yang ditawarkan tidak membuat masyarakat jenuh dan beralih ke produk kompetitor. Keberanian untuk melakukan digitalisasi bisnis juga dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan memperkenalkan produk ke pasar yang jangkauannya lebih luas. 


    UMKM diharapkan mampu menciptakan produk berkualitas tinggi yang bisa bersaing dengan produk buatan luar negeri, dan juga mampu menguasai pasar, baik domestik maupun internasional. 


    Layaknya sebuah lingkaran, di saat UMKM menciptakan peluang kerja baru, mampu mempertahankan usaha, dan mampu mengembangkan usaha, maka peluang kerja baru akan semakin bermunculan tidak ada habisnya. 


    Jika hal ini mampu dipertahankan, maka kemungkinan Indonesia bisa segera keluar dari keterpurukan ekonomi yang terjadi karena pengaruh masa pandemi menjadi lebih besar. 


    Keberhasilan UMKM dalam menciptakan dan membuka peluang kerja dibantu dengan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat akan berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi sehingga dapat mempercepat Indonesia keluar dari resesi. 


    Pada akhirnya, UMKM bukan hanya bisa menciptakan peluang kerja baru bagi para pengangguran, tapi juga bisa berperan sebagai sarana pemerataan ekonomi, menurunkan tingkat kemiskinan di masyarakat, dan juga menjadi salah satu sumber devisa negara. 


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.