Kedai Kopi Gerobak: Unik dan Menarik di Mata Pelanggan

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Kedai kopi dengan model gerobak unik merupakan inovasi yang perlu dilakukan untuk membuat bisnismu tampil beda

Tren bisnis kedai kopi kini sudah semakin inovatif, mulai dari menggunakan gula aren, penyajian single origin yang beragam, hingga penggunaan gerobak unik yang menarik. Tren yang terakhir bisa dibilang cukup baru, berbeda, tetapi juga banyak peminatnya. Jika biasanya kita menikmati kopi di kafe, kedai, maupun warung kopi tradisional, penggunaan gerobak tentu memiliki nilai lebih dalam menarik perhatian calon pembeli. Di samping itu, ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh bisnis kopi yang memilih untuk berjualan menggunakan gerobak.

Kedai kopi tradisional yang modern

Saat membahas berjualan kopi menggunakan gerobak, mungkin kamu akan membayangkan pedagang kaki lima yang berjualan dengan cara berkeliling menjajakan kopi. Namun, tentu saja tren bisnis kopi yang dimaksud tidak seperti itu. Meski masih menonjolkan unsur tradisional dan konvensional yang dimiliki oleh gerobak, pelaku usaha yang mencoba tren ini tetap menghias gerobak jualannya dengan ornamen-ornamen serta karakter khas kafe. Misalnya saja warna gerobaknya. Jika gerobak konvensional kerap diberi warna yang gelap seperti cokelat tua atau hijau, gerobak kopi tradisional yang modern ini justru mengusung warna-warna cerah seperti kuning atau cokelat muda untuk warna cat gerobaknya. Kopi yang ditawarkan pun dapat dipilih lewat buku menu atau tulisan di papan tulis yang sangat modern sekali, dan bahkan transaksi pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan melalui aplikasi kasir cafe. Selain itu, tempat usahanya juga tetap dan tidak berpindah-pindah, persis seperti kafe pada umumnya, hanya saja meja bar dan dapur diganti menjadi gerobak besar. Menarik sekali, kan?

Mendorong interaksi antarpelanggan

Salah satu nilai lebih yang dimiliki kedai kopi dengan model gerobak unik adalah interaksi yang lebih luwes antara pelanggan dengan barista maupun pelanggan lainnya

Saat menikmati secangkir kopi di kafe, kita bisa melakukannya dengan santai di meja kita sendiri, sementara pelanggan lain melakukan hal yang sama di meja mereka masing-masing. Namun, karakter tersebut sedikit diubah oleh model bisnis kopi dengan gerobak. Meski tempat khusus pelanggan sudah disediakan, kursi pada meja-meja yang menempel pada gerobak menjadi sorotan utama. Karena bersama-sama menempati meja panjang yang ada pada gerobak tersebut, pelanggan bisa mengobrol langsung dengan barista yang melayani sekaligus pelanggan lain yang juga mampir ke kedai gerobak tersebut. Model seperti ini tentu sesuai dengan budaya kebanyakan dari kita yang senang menyesap kopi sembari mengobrol membicarakan berbagai macam hal, mulai dari karakter kopi yang dipesan, bisnis, hingga keadaan politik negara.

Proses pembuatan kopi dapat dilihat dengan mudah

Dengan ruang untuk pelanggan yang saling berdekatan, setiap pelanggan dapat melihat langsung bagaimana secangkir kopi dibuat, mulai dari proses penggilingan biji kopi, menimbang takaran kopi yang dibutuhkan, hingga metode penyeduhannya hingga kopi disajikan kepada pelanggan. Proses ini memang juga bisa ditemukan saat kita mengunjungi kedai kopi pada umumnya, tetapi kerap kita langsung duduk dan memesan, kemudian menunggu hingga kopi yang kita inginkan datang. Jarang sekali kita tertarik untuk mengintip ke balik meja bar dan melihat sendiri bagaimana kopi yang kita pesan tersebut diracik, kan? Saat berjualan dengan gerobak, jarak antara pelanggan dan barista sangat dekat sehingga pelanggan tidak lagi perlu repot-repot menghampiri meja bar. Cukup duduk di meja gerobak pun pelanggan tersebut sudah dapat melihat kerja para barista.

Ragam pilihan kopi yang dibuat secara kustom

Poin utama berjualan kopi menggunakan gerobak adalah kedekatan antara barista atau penjual kopi dengan pelanggan, baik secara fisik maupun personal. Pelanggan yang duduk di meja gerobak dapat melihat sendiri pilihan biji kopi yang diletakkan di atas gerobak, kemudian memesan secara kustom, misalnya dengan meminta rekomendasi kepada barista secara langsung. Beberapa pelaku usaha yang menekuni tren kopi dengan gerobak bahkan mengizinkan pelanggan untuk mencoba menggiling sendiri biji kopi yang diinginkannya, sehingga pelanggan dapat menentukan seberapa halus hasil gilingan biji kopi yang dimauinya. Jika sedang tidak terlalu ramai, pelanggan juga bisa bertanya seputar jenis-jenis kopi yang dipamerkan di atas gerobak kepada barista, sekaligus mencari tahu cara seduh bagaimana yang paling pas untuk jenis kopi tersebut. 

Bisnis kopi memang sudah menjadi tren sehingga kita mudah menemukan kedai kopi hampir di semua tempat. Dengan demikian, penting sekali memberikan nilai tambah pada bisnis yang kamu miliki agar bisnismu tersebut dapat tampil beda dan menarik minat lebih banyak pelanggan. Menggunakan model gerobak unik, misalnya, bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba, bukan?

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo