Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    FREZHCHICK: Stok Aman dengan Aplikasi Inventory


    Selama ini mungkin kamu mengenal beberapa usaha yang sedang viral seperti ayam geprek atau chicken pok, pernahkah kamu berpikir bahwa di balik usaha tersebut ada satu usaha lain yang memegang peranan penting? Ya, usaha yang dimaksud adalah pemasok atau supplier bahan baku ayam, yang menjadi bahan utama pembuatan jenis-jenis makanan tersebut. 

    Dalam menjalankan usaha sebagai supplier bahan baku, selain pengelolaan keuangan bisnis, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah pencatatan inventory dan stok barang. Jangan sampai pencatatan yang tidak rapi mengakibatkan kerugian dan hilangnya pelanggan.

    Kali ini, Sodikin, owner dari Frezhchick akan menceritakan kisah suksesnya memulai usaha sebagai pemasok bahan baku ayam dan metode apa yang dilakukannya agar pencatatan inventory dan stok barang tetap terjaga rapi.

    Baca juga: Apakah Inventory Control adalah Hal Penting dalam Bisnis?

    Bisnis Berawal dari Rasa Lapar

    Frezhchick mulai berdiri sejak 25 September 2021. Mungkin tidak ada yang mengira bahwa awal mula Sodikin mendirikan bisnis ini adalah karena dia tidak kebagian ayam saat berbelanja ke pasar. 

    Dulunya, Sodikin memang sempat menjalankan bisnis food and travel, namun karena adanya pandemi Covid-19, bisnis dan pekerjaannya harus bubar. Suatu hari di tahun 2021, saat dia lapar, Sodikin memutuskan untuk membeli ayam ke pasar, karena sudah kesiangan, otomatis tidak ada lagi ayam yang tersisa hari itu. 

    Dari situlah, Sodikin berpikir “Kenapa kita tidak jual ayam yang bisa dibeli kapan saja, ya?”. Jadi, kapan pun ada konsumen yang membutuhkan ayam, barangnya selalu tersedia, ready stock 24 jam. Lalu, lahirlah Frezhchick. 

    Baca juga: Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis dan Contohnya

    Pengelolaan Karyawan dan Inventory di Frezhchick

    Saat ini Frezhchick memiliki 4 orang karyawan. Memang tidak terlalu banyak, namun tetap perlu dikelola dengan baik agar semuanya bisa berjalan dengan teratur. Sodikin memilih untuk memanfaatkan fitur aplikasi karyawan dari majoo. Absensi online, dengan tambahan absensi foto realtime saat karyawan datang dan pulang, yang disediakan dalam aplikasi dirasa sangat membantu. 

    Selain itu, sebagai suatu usaha yang bergerak di bidang supplier bahan baku, Frezhchick pastinya membutuhkan aplikasi inventory yang bisa mencatat semua stok barang, baik yang masuk maupun keluar secara rapi dan detail. 

    Masih dari majoo, Sodikin memercayakan pencatatan stok barangnya pada aplikasi inventory. Menurut Sodikin, dengan adanya fitur tersebut, dia tidak perlu lagi susah-susah mencatat inventory dan stok barang yang ada satu per satu, dan berpeluang terjadinya kesalahan catat. 

    Resolusi Bisnis Frezhchick di Tahun 2023

    Semua pemilik bisnis pastinya juga punya resolusi untuk bisnisnya setiap pergantian tahun, begitu juga pada Frezhchick. Sodikin ternyata sudah punya beberapa program dan rencana untuk membuka dua cabang baru di Januari 2023 nanti. Selain itu, karena saat ini bisnis yang digeluti adalah sebagai supplier bahan baku dalam bentuk mentah, Sodikin berencana akan menyediakan versi ayam matang juga di cabangnya yang baru nanti. 

    Tidak berhenti di situ, Sodikin memastikan bahwa mutu barang yang disediakan di Frezhchick masih akan terjaga. Saat ini, sudah ada sebelas rumah makan yang bekerjasama dengan Frezhchick, dan diharapkan masih akan bertambah. 

    Sodikin juga menyadari bahwa bisnis kuliner yang menggunakan bahan baku ayam, seperti ayam geprek, fried chicken, ayam penyet, dan sebagainya, masih akan menjadi suatu peluang yang sangat menguntungkan. Menu makanan dengan bahan ayam dinilai sebagai menu yang tidak akan ada matinya dan masih akan sangat digemari konsumen. Itulah alasannya, di tahun 2023, dia akan mencoba memulai model bisnis B2B. 

    Baca juga: Konsep Bisnis yang Perlu Dipahami Pebisnis

    Bisnis Dikelola dengan Rapi Bersama majoo

    Meskipun baru berjalan selama kurang lebih satu tahun, Frezhchick bisa dikategorikan sebagai salah satu bisnis dengan pengelolaan yang baik dan rapi. Sodikin percaya bahwa itu juga merupakan hasil dari pemanfaatan majoo. 

    Bukan hanya aplikasi inventory dan karyawan, salah satu fitur yang juga disukai oleh Sodikin dari majoo adalah adanya menu katalog produk. Jadi, customer yang akan melakukan pembelian cukup scan barcode, dan transaksi bisa langsung diproses. Mudah dan praktis. 

    Dari cerita Sodikin dan Frezhchick, kamu bisa tahu bahwa bisnis yang sukses bukan hanya bisnis yang menghasilkan produk atau barang jadi, melainkan juga bahan baku mentah. Satu hal yang jelas, bisnis yang sukses memang memerlukan pengelolaan yang baik dan rapi di segala aspek. 

    Nah, apa resolusi bisnismu untuk tahun 2023? Sudah punya gambaran dan rencana? Yuk, diwujudkan bersama majoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.
    Kisah Sukses Pasar Kopi Meraup Untung Bersama majoo
    Pasar Kopi Pekanbaru adalah salah satu bisnis yang terdampak oleh pandemi. Namun, bersama aplikasi majoo, Pasar Kopi tetap dapat mencatatkan kisah sukses!
    Kopi Gincu dan Kisah Sukses Memanfaatkan Nilai Unik
    Keunikan nama bukan satu-satunya hal yang menarik dari Kopi Gincu. Keunikan apa lagi yang disajikan kedai kopi dengan catatan kisah sukses yang satu ini?
    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!