Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    OASI COFFEE: Dari Kegemaran Jadi Cuan

    Oasi Coffee, kegemaran ngopi yang berujung menguntungkan.

    OASI COFFEE adalah salah satu kedai kopi yang didirikan di Pekanbaru pada 2021 lalu. Meskipun situasi perekonomian dihantam cukup kuat oleh krisis akibat pandemi, bisnis kopi masih terus menggeliat.

    Bisnis coffee shop kini memiliki potensi pasar yang lebih luas. Tidak heran bila banyak pemilik bisnis yang tergerak untuk menjalankan usaha yang satu ini. 

    Kalau sebelumnya konsumen kedai kopi hanya mereka yang menggemari kopi saja, sekarang situasinya sudah berbeda. Menikmati segelas kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. 

    Bahkan, berkunjung ke kafe sudah menjadi bagian dari lifestyle. Menu yang dipesan konsumen ketika berkunjung ke kafe pun tak melulu kopi. Tak sedikit konsumen yang mengunjungi kedai kopi untuk bekerja, meeting dengan klien, atau mengerjakan tugas.

    Wajar saja bila Ryan, pemilik OASI COFFEE melihat peluang di balik perilaku konsumen tersebut. Penasaran bagaimana kedai kopi ini dapat berdiri dan bertahan pasca hantaman pandemi? Mari simak kisah suksesnya di bawah ini!

    Ubah Hobi Menjadi Bisnis

    Ide bisnis memang bisa datang dari mana saja. Kuncinya ialah mengobservasi suatu keadaan dari berbagai sudut pandang seperti yang dilakukan oleh Ryan dan beberapa pendiri OASI COFFEE.

    Pemilik kedai kopi yang satu ini mengaku bahwa ia dan beberapa kawannya hobi sekali minum kopi. Karena itu, membeli kopi atau berkunjung ke coffee shop merupakan bagian dari rutinitas mereka.

    Kebiasaan tersebut terus dilakukan hingga Ryan dan kawan-kawan mencapai sebuah momen reflektif. Sampai kapan kita akan terus membeli produk kopi dari orang lain?

    Berawal dari melihat suatu keadaan yang tampak biasa, yaitu membeli kopi, dari angle berbeda, Ryan dan teman-temannya tergerak untuk mendirikan kedai kopi sendiri.

    Bukankah menjalankan bisnis yang berasal dari hobi atau kegemaran bisa terasa jauh lebih menyenangkan?

    Baca juga: 3 Tips Memilih Lokasi Coffee Shop yang Perlu Kamu Ketahui

     Bisnis kedai kopi mempunyai potensi pasar yang sangat besar.

    Bisnis Makin Fun Jika Dikelola Bersama Tim yang Tepat

    Ada banyak orang yang mengidam-idamkan agar hobi atau kegemarannya bisa diubah menjadi sumber penghasilan. Sebagian besar wirausaha tersebut kerap menyebut tertarik menjalankan bisnis sesuai ‘passion’.

    Dengan begitu, harapannya bisnis bisa dikelola dengan lebih menyenangkan. Membangung bisnis yang berasal dari hobi memang terasa menarik, tetapi hal tersebut ternyata bukanlah satu-satunya faktor penentu agar pengelolaan bisnis menyenangkan.

    Menurut Ryan, orang-orang yang terlibat di dalam bisnis memegang peranan penting dalam menentukan pengelolaan bisnis terasa fun atau tidak.

    Bagi Ryan, relasi dengan tim, baik pendiri maupun karyawan, merupakan salah satu penentu yang membuat bisnis terasa menyenangkan. Apabila orang-orang yang terlibat dan berinteraksi dalam bisnis memiliki vibe yang menyenangkan, operasional bisnis pun akan terasa lebih fun.

    Opini dan pengalaman Ryan tersebut tampaknya memang cukup tetap. Kalau kamu melakukan riset terkait peran tim yang tepat bagi kesuksesan sebuah bisnis, hasilnya mungkin akan sama: Perannya sangat besar.

    Tim tersebut tidak hanya berperan mendorong bisnis menjadi sukses, tetapi juga memengaruhi agar proses menuju kesuksesan tersebut terasa lebih menyenangkan dan bisa dinikmati oleh semua orang yang terlibat.

    Operasional Makin Mudah Berkat Tools yang Tepat

    Membangun bisnis yang berasal dari hobi dan bertemu dengan tim yang tepat. Wah, tampaknya hal tersebut menjadi impian hampir setiap pemilik usaha. Namun, dalam pelaksanaan operasional bisnis, ada banyak hal-hal teknis yang tak kalah penting, termasuk pemilihan tools atau alat bantu.

    Saat ini OASI COFFEE didukung oleh aplikasi point of sale (POS) lengkap, yaitu majoo. Aplikasi POS lengkap adalah software yang mendukung berbagai aktivitas operasional bisnis, mulai dari transaksi penjualan, laporan keuangan, hingga manajemen karyawan.

    Baca juga: Cara Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Usaha Kecil

    Sebagai pemilik bisnis, Ryan sendiri merasa sangat terbantu dengan fitur inventory dari majoo. Dengan fitur inventory yang dapat diandalkan, Ryan dapat lebih mudah mengatur stok bahan serta produk yang keluar dan masuk.

    Tak hanya itu, seluruh proses dokumentasi stok pun berjalan secara otomatis dan teratur. Jadi, risiko adanya kekeliruan dalam pengelolaan inventory tentu sangat kecil. 

    Apakah kamu sedang berencana membangun atau sedang mengelola bisnis coffee shop? Jika jawabannya adalah iya, kisah sukses dari OASI COFFEE dapat kamu jadikan inspirasi. 

    Pastikan kamu memiliki tim yang tepat agar pengelolaan bisnis dapat terasa lebih ringan dan menyenangkan. Lalu, pastikan kamu juga menggunakan tools yang bisa mempermudah pengelolaan serta pemantauan operasional kedai kopimu!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.