Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Cara Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Usaha Kecil

    Aplikasi POS dapat membantu pemilik usaha mengelola operasional bisnis dengan lebih mudah.

    Saat kamu mencari aplikasi POS (point of sale) terbaik untuk usaha kecil milikmu, kamu perlu memahami jenis tools seperti apa yang bisa membantu mempermudah pengelolaan serta membuat bisnis bertumbuh.

    Sistem POS yang tepat memungkinkan kamu memproses transaksi secara aman serta membantumu mengelola urusan administratif secara efisien. Tentunya transaksi dan urusan administratif yang perlu diselesaikan sangat tergantung pada jenis bisnis yang kamu jalankan.

    Baca juga: 7 Alasan Dibutuhkan Aplikasi POS Dalam Pengelolaan Bisnis

    Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Aplikasi POS

    Ketika kamu mencari sistem POS di pasaran, kamu mungkin akan menemukan beragam merek dengan fitur yang berbeda-beda. Akan tetapi, ada beberapa elemen kunci yang perlu kamu pertimbangkan atau periksa sebelum menjatuhkan pilihan. 

    Biaya Set-up

    Seperti semua investasi lain dalam bisnis, kamu perlu menentukan bujet yang akan kamu keluarkan untuk pengaturan sistem POS. Berbicara menyiapkan sistem POS, kamu tentu memerlukan software

    Nah, software atau sistem tersebut kemungkinan besar perlu kamu beli dari pihak ketiga. Namun, carilah software yang dapat digunakan pada device yang sudah kamu miliki. Dengan begitu, kamu tak perlu keluar biaya untuk membeli hardware baru.

    Pertimbangkan juga biaya langganan yang terjangkau agar beban operasional bulanan bisnismu tidak terlalu berat.

    Dapat Terintegrasi

    Kamu juga perlu melihat kemampuan sistem POS untuk diintegrasikan dengan platform yang kamu gunakan. 

    Integrasi adalah salah satu kunci untuk memaksimalkan sistem POS. Integrasi secara besar-besaran dapat menghemat tenaga kerja. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan sistem POS untuk mengumpulkan informasi pelanggan.

    Sistem POS dapat mengirim email yang dipersonalisasi kepada pelanggan sesuai dengan data yang kamu kumpulkan. Semua ini dimungkinkan jika sistem POS yang kamu gunakan dapat terintegrasi dengan platform pemasaran.

    Selanjutnya, pertimbangkan juga sistem POS yang terintegrasi dengan marketplace. Seperti yang sudah diketahui, kehadiran bisnis di platform digital kini bukan lagi pilihan, melainkan sudah menjadi bagian dari ekspektasi pelanggan.

    Pastikan kamu memilih aplikasi POS dengan fitur lengkap yang bisa membantu memajukan bisnismu.

    Kemudahan Penggunaan

    Sebelum memilih sistem POS, cobalah terlebih dahulu. Idealnya, penyedia sistem memfasilitasi calon konsumen dengan demo aplikasi. Jadi, kamu dapat merasakan user interface dari sistem atau aplikasi mereka.

    Kamu tentu menginginkan sistem POS yang user-friendly. Dengan begitu, harapannya para staf atau karyawan bisa beradaptasi dengan mudah setelah pelatihan awal.

    Jika sistem POS yang kamu pilih mudah digunakan, karyawan juga bisa melayani konsumen dengan percaya diri, tanpa harus mengkhawatirkan tentang kerumitan penggunaan sistem POS ketika memproses transaksi penjualan.

    Karena itu, sistem dengan cara penggunaan simpel, tetapi memiliki aneka fitur yang kamu butuhkan patut menjadi pilihan utama. 

    Cloud Based dan Akses Mobile

    Cloud computing sudah pasti menghemat banyak waktu dan biaya. Sistem ini tidak membutuhkan server yang ditempatkan di lokasi tertentu. Sistem POS berbasis cloud, sesuai namanya, menyimpan data di cloud. Artinya, kamu dapat mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja.

    Hal tersebut tentu akan sangat memudahkan pemilik usaha kecil, bukan? Apalagi, bila pemilik masih banyak mengerjakan operasional seorang diri. 

    Dengan kemungkinan akses data dari mana saja, kamu bisa mengawasi jalannya operasional bisnis mungkin sambil meeting dengan vendor, berbelanja inventory, dan sebagainya. Intinya, kamu tidak harus berada di lokasi bisnis untuk bisa mengawasi jalannya bisnis.

    Lebih dari itu, kamu juga tidak perlu khawatir terkait keamanan data sebab sistem POS berbasis cloud sudah terenkripsi.

    Menyediakan Laporan

    Salah satu kunci untuk terus meningkatkan bisnis adalah melalui analisis data. Kamu dapat melakukan ini dengan lebih efektif jika sistem POS yang kamu gunakan dilengkapi dengan fitur pelaporan.

    Sistem POS yang baik harus bisa menyediakan laporan penjualan kapan pun kamu membutuhkannya. Dengan demikian, kamu bisa menganalisis tren penjualan secara akurat. Laporan yang bersifat real time tentu memungkinkan kamu melakukan penyesuaian lebih cepat.

    Tak hanya laporan penjualan, cari sistem POS yang juga menyediakan laporan keuangan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bila masih kesulitan memahami pelaporan akuntansi sebab sistem POS dapat menyediakannya untukmu. 

    Baca juga: Inilah Keuntungan Memiliki Laporan Keuangan yang Akurat!

    Di samping poin-poin di atas, pastikan kamu memilih aplikasi POS yang memenuhi kebutuhan bisnismu secara spesifik. Sebagai contoh, carilah sistem POS yang memiliki fitur pembayaran pisah meja bila kamu menjalankan bisnis restoran.

    Kemudian, temukan sistem POS yang menghitung royalti secara otomatis jika kamu menjalankan barbershop dengan sistem royalti.

    Semakin lengkap fitur dan layanan yang ditawarkan, tentu semakin baik. Kabar baiknya, kini sudah ada majoo, sistem POS dengan fitur lengkap yang akan sangat memudahkan para pemilik usaha. Nggak percaya? Yuk, cek selengkapnya di sini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!