Manajemen Gudang: Pentingnya Kontrol Stok Bagi Bisnis

Pengaturan persediaan barang harus menjadi prioritas bagi setiap pemilik bisnis. Ketika bisa mengontrol stok dengan baik, kamu akan melihat peningkatan dalam efisiensi manajemen gudang, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan kejelasan dalam melihat nilai persediaan serta margin keuntungan.

Namun sebelum lebih jauh berbicara mengapa hal ini penting untuk bisnis, kita perlu memiliki pemahaman yang tepat terlebih dahulu tentang kontrol persediaan barang itu sendiri.

Secara sederhana, kontrol stok berarti kamu mengetahui barang apa yang kamu miliki, di mana barang tersebut disimpan, dan kapan barang masuk atau keluar. Ketika suatu bisnis memiliki kontrol yang ketat terhadap persediaan barang, maka permintaan konsumen dapat dipenuhi tepat waktu dan biaya terkait penyimpanan barang bisa ditekan. Selain itu, perusahaanmu juga bisa bergantung pada sistem pengaturan persediaan barang untuk menilai aset yang dimiliki serta membuat laporan keuangan.

Kamu bisa dikatakan memiliki kontrol yang baik terhadap persediaan barang ketika kamu mengetahui persis setiap produk yang ada di gudang, mengetahui nilai dari setiap barang yang dimiliki, mengetahui mana barang yang penjualannya sangat baik dan mana yang tidak, serta mengetahui kapan harus melakukan pengadaan barang agar operasional bisnis optimal dan efisien.

Pentingnya Kontrol Stok

Sebelumnya telah dibahas bahwa manajemen persediaan barang sangat vital untuk bisnis. Di tengah pasar yang sangat kompetitif ini, tentu kamu tidak ingin bisnismu mengalami kerugian karena tidak baiknya manajemen persediaan.

Agar kamu lebih memahami pentingnya hal ini, berikut alasan mengapa kamu harus memiliki kontrol persediaan barang yang baik.


1. Gudang menjadi lebih tertata

Gudang yang tidak tertata menimbulkan banyak sekali masalah. Persoalan persediaan barang hanya salah satunya.

Saat kamu memiliki manajemen persediaan barang yang jelas, pelaksanaan manajemen gudang akan jauh lebih mudah. Mulai dari menyimpan barang yang sangat laku di satu lokasi, hingga mengatur gudang berdasarkan merek produk atau musim. Kamu bisa dengan mudah mengatur ulang persediaan barang sehingga lebih mudah diakses ketika dibutuhkan.

Ini artinya karyawan bisa menemukan barang dengan cepat, memenuhi permintaan barang tepat waktu, dan pada akhirnya bisnismu mampu memuaskan pelanggan.


2. Kamu akan memiliki pelanggan setia

Bila konsumen mengetahui kamu selalu memiliki persediaan barang dan permintaan mereka selalu dipenuhi dengan cepat, kemungkinan besar mereka akan terus kembali. Untuk terus mampu bersaing dan memiliki keunggulan, kamu harus mampu memenuhi permintaan konsumen dengan cara seefisien mungkin. Di sinilah manajemen persediaan barang yang baik sangat berperan.

Kamu akan terhindar dari kehabisan produk bila persediaan dikelola dengan baik. Kehabisan persedian barang yang dibutuhkan konsumen bukan hanya merusak reputasi bisnismu, tetapi juga membuat kamu kehilangan potensi keuntungan akibat penjualan yang batal.


3. Menghindari kelebihan persediaan barang

Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa kehabisan produk memberi dampak buruk untuk bisnismu. Namun, kelebihan persediaan barang pun berefek tidak baik bagi bisnis. Sepintas memiliki persediaan dalam jumlah banyak mungkin terlihat seperti solusi, namun jangan salah, hal ini juga menimbulkan persoalan tersendiri.

Kelebihan stok membuat kamu tidak leluasa dalam hal persediaan modal, yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain yang lebih mendesak pada waktu tersebut. Selain itu, kelebihan persediaan barang juga meningkatkan biaya penyimpanan di gudang dan ada risiko barang kedaluwarsa bahkan sebelum kamu sempat menjualnya.


4. Tidak ada lagi forecasting berdasarkan asumsi

Kontrol persediaan barang yang baik akan menghindarkan kamu dari berasumsi saat melakukan perkiraan atau forecasting persediaan. Sebab pengaturan persediaan yang terkontrol memungkinkan kamu memiliki data yang akurat.

Hal ini berdampak pada banyak bagian dalam bisnismu. Bagian penjualan dan pemasaran bisa menetapkan target yang realistis dan bagian pengadaan bisa melakukan pembelian persediaan berdasarkan data historis yang akurat.


5. Menghindari pencurian dan kehilangan

Ketika semua persediaan terhitung dengan baik dan disimpan di lokasi yang benar, pencurian dapat dihindari, dan kecil kemungkinan terjadi kehilangan barang. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi inventory, sistem akan menunjukkan secara rinci status persediaan barang yang kamu miliki, maka kamu akan selalu bisa mengetahui kesalahan atau kekeliruan dalam penyimpanan atau manajemen gudang.


Bagaimana Bisnis Mengontrol Stok?

Ada banyak cara untuk mengontrol persediaan. Cara sangat sederhananya dengan membuat tabel dengan banyak kolom: nama produk, nomor, jumlah, dan seterusnya. Kamu perlu memiliki kolom untuk mengurangi persediaan yang terjual, juga kolom untuk menambah persediaan ketika melakukan pengadaan barang.

Tentu saja ini merupakan cara yang memerlukan keterlibatan tenaga kerja secara intensif. Dan mengharuskan pengawasan manual untuk memastikan setiap transaksi terdata dengan tepat. Kelemahan utamanya dari cara manual seperti ini adalah human error.

Bila kesalahan tidak terlacak, akibatnya data persediaan menjadi tidak akurat. Namun seperti telah disebutkan sebelumnya, saat ini sudah ada aplikasi inventory yang akan menyederhanakan proses operasional ini. Sistem ini menawarkan data yang akurat dan terintegrasi.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.