Table of Content

    Maksimalkan Keuntungan Dengan Aplikasi Minimarket

    Di antara berbagai produk teknologi yang ada sekarang, aplikasi POS merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari. Bagaimana tidak? Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, para pemilik usaha ritel seperti minimarket dapat meningkatkan keuntungan usahanya. Tidak heran jika kemudian banyak para pelaku bisnis yang memilih untuk mencoba aplikasi minimarket untuk membantu mengelola usahanya, terlebih lagi karena aplikasi-aplikasi semacam ini memiliki berbagai fitur menarik yang perlu kamu ketahui!

    Pengelolaan Usaha Terkontrol dari Satu Aplikasi Wirausaha

    Untuk membantu para wirausahawan melakukan efisiensi kerja demi mendapatkan keuntungan yang maksimal, aplikasi khusus untuk minimarket kini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkanmu untuk mengintegrasikan data serta pengelolaan dalam satu tempat. Dengan demikian, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu serta tenaga hanya untuk memeriksa operasional setiap toko yang kamu miliki. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengurus semuanya, mulai dari mengelola stok, Purchase Order (PO), produksi bahan baku, dan bahkan menganalisis perputaran stok dengan mudah dan cepat, sehingga kamu bisa mencurahkan fokus perhatian pada hal lain yang lebih mendesak untuk diprioritaskan. Mengintegrasikan proses pengelolaan usaha dalam satu aplikasi wirausaha juga dapat membantu menekan biaya operasional harian.

    Membuat Laporan Keuangan secara Otomatis

    Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi wirausaha adalah pembuatan laporan keuangan. Jika biasanya di awal atau akhir bulan kamu harus menyisihkan waktu dan biaya untuk lembur demi membuat laporan keuangan, kerepotan tersebut tidak perlu lagi terjadi dengan memanfaatkan fitur pembuat laporan otomatis ini. Di samping itu, dengan membuat laporan keuangan secara otomatis dari data inventori, penjualan, dan stok, risiko terjadinya kesalahan pada laporan keuangan pun dapat diminimalkan.

    Selain risiko terjadi kesalahan yang tidak disengaja pada saat membuat laporan keuangan ketika dikerjakan secara manual, proses pembuatan laporan keuangan secara otomatis juga dapat menghapus risiko terjadinya kecurangan secara sengaja. Karena seluruh pembuatan laporan keuangan sudah ditangani melalui aplikasi, kamu tidak perlu khawatir keuangan bisnis usahamu akan dicurangi. Jadi selain memaksimalkan efisiensi proses kerja, fitur ini juga mengurangi beban risiko yang mungkin dapat mencederai keuntungan hasil usahamu.

    Memberikan Kontrol Usaha Menyeluruh

    Aplikasi yang dibuat khusus untuk minimarket tidak hanya dapat digunakan untuk mengelola proses bisnis maupun produk, tetapi juga menawarkan fitur yang menyeluruh hingga pengelolaan sumber daya manusia. Kamu tidak perlu lagi kesulitan memantau absensi karyawan, karena dapat dicatatkan ke dalam aplikasi. Nantinya, hasil pencatatan ini dapat digunakan untuk secara otomatis menghitung komisi yang akan diterima oleh karyawan tersebut. Data yang dimasukkan juga dapat dihubungkan dengan laporan keuangan, sehingga penghitungan komisi dapat secara otomatis dicatatkan sebagai pengeluaran pada laporan keuangan. Sederhana, kan?

    Memperhatikan Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan

    Peningkatan keuntungan tidak hanya dapat dicapai dengan menekan biaya melalui penyederhanaan proses bisnis, tetapi juga meningkatkan penjualan dengan berbagai macam program loyalti pelanggan. Aplikasi minimarket dapat membantumu mengelompokkan pelanggan dalam grup loyalti tertentu, kemudian membuat berbagai program pelanggan seperti diskon, promo, atau poin loyalti yang menarik. Kamu juga bisa memasukkan data pelanggan seperti nama, nomor telepon, dan email untuk mengirimkan sms atau email marketing yang tepat.

    Bagaimanapun juga, menjaga tingkat kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling utama di setiap lini usaha. Dengan bantuan aplikasi, kamu bisa lebih mudah menentukan program loyalti pelanggan yang dapat menjaga agar mereka terus kembali sehingga bisnis dapat terus berjalan, dan bahkan semakin untung. Data yang disimpan pun dapat digunakan untuk melakukan analisa tingkat kedatangan serta keberhasilan program loyalti. Dengan demikian, kamu pun bisa menilai dan mengembangkan keunggulan yang kamu miliki untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan. Keuntungan hasil usaha pun dapat dimaksimalkan dengan cara ini.

    Membantu Menentukan Strategi Pemasaran

    Aplikasi wirausaha untuk minimarket seperti majoo bukan hanya tentang operasional bisnis sehari-hari, lebih dari itu aplikasi semacam ini menawarkan input berbagai macam data yang dapat dianalisa untuk membantu merancang strategi pemasaran terbaik berdasarkan data tersebut. Melalui data pelanggan, misalnya saja, kamu bisa mengetahui jam-jam sibuk di mana pelanggan lebih banyak datang sehingga dapat melakukan persiapan yang lebih matang untuk jam-jam tersebut. Dari program loyalti yang dibuat, kamu juga bisa melihat program apa yang lebih disenangi pelanggan dan perlu dilanjutkan, atau sebaliknya, justru dihentikan dan diganti dengan program loyalti lain karena kurang berhasil menarik minat pelanggan. Jika sebelumnya kamu mungkin tidak memiliki cukup waktu karena disibukkan oleh operasional harian yang cukup menyita waktu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini untuk membantu mengelola operasional sekaligus strategi pemasaran ke depannya.

    Mengenali setiap fitur yang ditawarkan oleh suatu aplikasi khusus untuk minimarket merupakan kunci utama dalam meningkatkan keuntungan jika kamu ingin memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut. Jangan sampai kamu berencana untuk mempermudah proses bisnis, tetapi malah kelimpungan karena aplikasi yang kamu pilih ternyata justru merepotkan saat digunakan atau tidak memiliki fitur yang kamu butuhkan. Pastikan untuk memilih aplikasi yang benar-benar bisa membantumu menyederhanakan proses operasional harian serta menyusun strategi pemasaran yang sesuai, sehingga kamu bisa mencapai keuntungan usaha yang lebih tinggi lagi!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?