Table of Content

    Maksimalkan Potensi Digital Usahamu dengan Google Bisnisku

    Maksimalkan Potensi Digital Usahamu dengan Google Bisnisku

    Saat ini, Google adalah mesin pencari nomor satu di dunia. Orang mencari apa pun di Google, bahkan saat ingin membeli produk atau atau mencari layanan bisnis lokal seperti toko kelontong, salon, restoran, atau pun kafe, mereka pun mencari informasinya di Google.

     

    Jika kamu baru memutuskan untuk merambah kanal digital sebagai salah satu media penjualan bisnismu, baik untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi atau menjangkau lebih banyak pelanggan di bulan Ramadhan ini, Google Bisnisku adalah salah satu platform terpenting yang perlu kamu perhatikan. Kamu perlu memastikan bahwa ketika orang mencari informasi tentang bisnismu, atau kategori produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnismu, mereka menemukan informasi yang akurat, lengkap, dan dioptimasi dengan baik.

     

    Google Bisnisku adalah platform yang akan membantumu mengelola bagaimana bisnismu muncul saat dicari di dua mesin pencarian terbesar di dunia, Google Search dan Google Maps. Di platform ini kamu bisa menampilkan nama bisnismu, lokasi dan jam operasionalnya, memantau dan membalas review dari pelanggan, memasukkan foto-foto yang menarik, mengetahui data dari mana dan bagaimana orang menemukan bisnismu, dan lain sebagainya.

     

    Ada banyak alasan mengapa bisnismu memerlukan profil Google Bisnisku dan kamu perlu mengelolanya dengan saksama, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

     

    Google Bisnisku memudahkan pelanggan mencari lokasi fisik bisnismu

    Salah satu aspek penting dari sebuah bisnis adalah kemudahan untuk ditemukan. Tidak semua pebisnis punya sumber daya untuk memiliki toko fisik di tepi jalan raya, atau di dalam mal yang membuat pelanggan mudah menemukannya.

     

    Di Indonesia pada umumnya, ada banyak sekali bisnis yang beroperasi dari jalan dan gang, bahkan dari kios dan gerobak kecil di garasi rumah. Bisnismu mungkin salah satunya.

     

    Dengan mengoptimasi Google Bisnisku, pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi persis bisnismu di Google Maps. Jadi kamu tidak perlu lagi memberikan penanda arah yang rumit seperti, “100 meter di sebelah utara gedung bioskop, 50 meter masuk gang di samping pasar,” dan lain sebagainya.

     

    Google Bisnisku membuat usaha lebih mudah ditemukan di Google Maps

     

    Memiliki akun Google Bisnisku meningkatkan visibilitas bisnismu di mesin pencari Google

    Saat pelanggan mencari di Google, “makanan vegetarian di Yogyakarta,” di halaman pertama hasil pencarian Google, kamu akan melihat bahwa Google menampilkan tiga restoran lokal yang menyajikan makanan vegetarian di Yogyakarta, yang terkait dengan pencarian tersebut.

     

    Google Bisnisku tidak hanya mudah dan efektif untuk membuat bisnismu lebih gampang ditemukan di dunia nyata, tetapi juga di dunia digital. Platform ini memudahkan bisnismu untuk ditemukan di mesin pencari Google juga.

     

    Jika kamu belum mengklaim dan memverifikasi bisnismu di Google Bisnisku, jangan tunda lagi untuk melakukannya. Untuk memulainya, kamu bisa mengunjungi situs resmi Google Bisnisku.

     

    Untuk hasil terbaik, pastikan kamu juga melakukan hal-hal berikut ini di Google Bisnisku:

    • Gunakan branding yang sama dengan yang kamu gunakan pada bisnismu di dunia nyata.

    • Periksa lagi untuk memastikan alamat bisnismu tepat dan akurat.

    • Pilih kategori yang sesuai yang paling mewakili bisnismu dan produk atau layanan yang kamu tawarkan.


    Mengklaim Google Bisnisku ini cuma perlu kamu lakukan satu kali, dan kamu bisa menikmati manfaatnya dalam jangka waktu panjang.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?