Table of Content

    Manfaat Aplikasi Wirausaha Yang Mencakup Absensi Karyawan


    Dalam upaya meningkatkan pendapatan, suatu bisnis sering kali melihat ke luar alih-alih ke dalam. Menganalisis faktor-faktor di luar organisasi bisnis lebih sering menjadi fokus para pemilik bisnis. Padahal selalu ada faktor internal yang bisa diperbaiki dalam rangka meningkatkan keuntungan atau pendapatan, kehadiran karyawan salah satunya.

    Tergantung besarnya bisnis yang dimiliki, ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan untuk mendata absensi karyawan.

    Sebagai contoh, bisnis kecil dengan karyawan tidak lebih dari lima orang mungkin tidak masalah jika masih menggunakan daftar kehadiran manual yang ditulis tangan. Tapi jika bisnismu sudah lebih besar dengan jumlah karyawan sudah lebih dari sepuluh orang misalnya, cepat atau lambat hal ini akan menjadi persoalan. Atau bila bisnismu memiliki karyawan yang bekerja di lapangan, seperti agen panjualan, staf pengirim barang, dll., kamu tentu perlu alat untuk melacak kehadiran para karyawan. Di sini sistem manajemen kehadiran karyawan yang lebih modern dibutuhkan.

    Saatnya Menggunakan Aplikasi Wirausaha Lengkap

    Dinamika tenaga kerja hari ini sudah berkembang sedemikian rupa, organisasi bisnis harus mampu beradaptasi dengan cepat. Mendata kehadiran karyawan hari ini sudah perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang lebih kompleks: bisnis dengan banyak cabang, kebutuhan perjalanan bisnis, pilihan bekerja dengan waktu fleksibel atau remote, jenis pekerjaan yang membutuhkan shift, pembawaan alami suatu jenis pekerjaan, dan lain sebagainya.

    Dengan dinamika kerja yang demikian kompleks, kamu harus tetap mampu mendata kehadiran dan produktivitas karyawan.


    Solusi terkini dan paling efektif adalah dengan menggunakan sistem manajemen kehadiran yang berbasis cloud. Aplikasi wirausaha yang lengkap biasanya mencakup hal ini.

    Aplikasi wirausaha yang lengkap seperti majoo.id memungkinkan kamu melacak kehadiran karyawan dengan mudah sebab aplikasi ini bukan hanya menyediakan aplikasi kasir online dan laporan keuangan, melainkan dilengkapi sistem manajemen karyawan. Kamu dapat memantau kehadiran karyawan melalui gawai di tanganmu. Datanya pun terintegrasi.


    Manfaat Penggunaan Aplikasi Karyawan

    1. Data yang akurat

    Manusia itu tempat berbuat salah, meski kita sudah menyediakan piranti berbasis komputer sekali pun. Sistem manajemen kehadiran otomatis menyediakan pencatatan waktu yang akurat dan meminimalisasi kesalahan yang tidak dapat dihindari oleh pencatatan manual.

    Data yang akurat ini tentu akan sangat membantu dalam penyediaan data performa kerja dan perhitungan gaji yang akurat pula.


    2. Nilai Ekonomi

    Apakah kamu pernah berpikir bahwa sistem absensi karyawan yang otomatis dapat mengontrol biaya operasional? Sistem ini akan menghemat biaya dengan mengakhiri pelaporan waktu yang tidak akurat, absensi, keterlambatan, serta penyalahgunaan waktu, yang semuanya berpotensi pada kelebihan pembayaran gaji atau pembayaran gaji yang tidak sesuai.


    3. Lebih produktif dan efisien

    Mengawasi dan mengontrol kehadiran karyawan secara manual sangat menyita waktu. Memproses laporan waktu kerja, membuat jadwal, mengatur izin cuti, dan memeriksa jumlah lembur itu membutuhkan banyak waktu. Bayangkan betapa berharganya bila waktu yang digunakan untuk mengerjakan hal administratif ini bisa kamu alokasikan untuk hal lain, seperti memikirkan strategi pengembangan usaha misalnya, sebab pekerjaan administratif ini sudah selesai dikerjakan oleh sistem manajemen karyawan secara otomatis.


    Aplikasi akan membantu kamu melacak waktu kerja karyawan hingga memasukkannya ke dalam sistem perhitungan gaji secara otomatis. Menghemat tenaga dan waktu sekaligus memberi kamu data yang akurat. Sehingga kamu dapat menggunakan sumber daya yang kamu miliki secara optimal.


    4. Memberikan insight yang berharga

    Apakah kamu ingin mengetahui secara cepat jumlah absensi karyawan yang terencana dan tidak terencana? Bila kamu menggunakan bantuan aplikasi, dengan hanya menekan beberapa tombol pada gawaimu, kamu bisa mendapatkan data tersebut. Bahkan kamu bisa memperoleh laporan yang akurat tentang jam kerja, absensi, lembur, dan mendapat ringkasan laporannya setiap bulan.


    Laporan tersebut bisa membantu kamu memahami dengan cepat dan tepat mengenai pola absensi. Selanjutnya kamu bisa memikirkan strategi bisnis dan memperbaiki kebijakan dalam hal cuti, jumlah jam kerja, budaya kerja, performa, gaji, dll.


    5. Manajemen alur kerja yang tidak merepotkan

    Data kehadiran karyawan yang terintegrasi akan mempermudah alur kerja dalam mengatur sistem gaji, cuti, dan review kinerja. Misalnya saja, kamu bisa segera menyetujui pengajuan cuti atau lembur tanpa harus melalui serangkaian proses komunikasi yang tidak perlu. Sistem juga akan membantu kamu menyusun jadwal, mengalokasikan pekerjaan, memantau pergantian shift, dll. Kamu akan dibantu juga untuk membuat perkiraan beban kerja, sumber daya, dan bujet. Dan kabar baiknya, semua bisa kamu lakukan dengan ujung jarimu. Anti repot sama sekali.


    6. Menyediakan data real time

    Sistem manajemen kehadiran yang berbasis cloud memungkinkan kamu mengawasi kehadiran karyawan secara real time meskipun kamu sedang tidak ada di lokasi bisnis.


    Hal ini juga membuat kamu bisa membuat perbandingan antara “jadwal dan data aktual” untuk mengevaluasi jadwal kerja serta membuat penyesuaian bila dibutuhkan.


    Dengan manfaat yang luar biasa ini, apakah kamu sekarang ingin memilih sistem manajemen kehadiran yang otomatis dan terintegrasi? 


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?