Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mau Jualan Online Makanan Buka Puasa? Intip Menu Takjil Ini!

    Menu takjil selalu jadi buruan saat bulan Ramadan.

    Bukan rahasia lagi, menu takjil merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari selama bulan Ramadan. Menjelang buka puasa, kamu pasti bisa menemukan penjual takjil di sepanjang jalan. 

    Namun, kini perilaku konsumen sudah berubah sehingga berjualan makanan buka puasa di pinggir jalan mungkin tak lagi seramai sebelumnya. Sekarang, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk jualan online, misalnya melalui aplikasi pesan antar makanan.

    Inspirasi Menu Takjil untuk Jualan Online

    Masih bingung dengan menu takjil yang patut dijajakan secara online? Coba lihat beberapa ide di bawah ini!

    Kolak

    Olahan tradisional yang satu ini seperti tak pernah kehilangan penggemar. Setiap Ramadan, orang tetap mencari kolak untuk dijadikan menu pembuka buka puasa. Bahkan, beberapa orang merasa tidak afdal jika tak ada kolak di meja makan ketika azan magrib berkumandang.

    Selain faktor nostalgia yang membuat konsumen selalu mencari kolak, modal untuk membuat penganan ini juga tidak besar. Karena itu, layak sekali untuk menjadi salah satu pilihan dalam daftar menu jualan online-mu.

    Es Buah

    Kebiasaan lain yang dimiliki masyarakat Indonesia saat memilih menu buka puasa ialah mencari minuman segar. Es buah merupakan salah satu menu andalan yang kerap dicari banyak orang. 

    Tentunya, sayang sekali bila peluang ini dilewatkan. Bahan-bahan untuk membuatnya pun tidak sulit. Kamu cukup mencari buah-buahan yang banyak tersedia di pasar, misalnya semangka, melon, dan kelapa. Lalu, kamu dapat menambahkan agar-agar atau cincau siap saji. 

    Jika ingin menghadirkan menu yang bervariasi, selain sirup, kamu juga bisa menambahkan es buah dengan soda. Tinggal kemas dalam wadah yang menarik, kamu bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi.

    Baca juga: Fungsi, Tujuan, dan Jenis Kemasan Produk yang Baik

     Dari kolak sampai gorengan bisa menjadi opsi jualan menu takjil online.

    Berbagai Olahan Kurma

    Buah kurma juga sangat lekat dengan Ramadan. Bahkan, pada hari biasa mungkin kamu jarang melihat kurma, tetapi buah ini mendadak melimpah di supermarket atau pasar saat bulan puasa.

    Kalau kamu sedang mencari signature menu buka puasa di toko online-mu, olahan kurma dapat menjadi pertimbangan. Ada banyak sekali yang dapat kamu eksplorasi, seperti susu kurma, kurma lapis cokelat, kue lumpur topping kurma, dan lain-lain.

    Puding

    Apakah kamu sedang berencana berjualan menu buka puasa yang mudah dibuat dan menguntungkan? Puding bisa menjadi salah satu pilihan.

    Mulai dari puding tanpa topping dengan aneka rasa, misalnya puding cokelat, stroberi, dan vanila atau kombinasi ketiganya dalam satu produk, hingga puding buah yang sangat menggoda.

    Belum lagi, sekarang tersedia banyak container plastik yang menarik dan berkualitas sehingga puding jualanmu bisa terlihat cantik sekaligus aman dalam pengantaran. Tidak sulit lagi deh menjualnya secara online.

    Aneka Gorengan

    Memang benar, orang akan mencari makanan manis untuk berbuka puasa. Namun, sebagian masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan tak langsung menyantap makanan berat.

    Jadi, setelah menikmati minuman segar atau jajanan tradisional, cukup banyak orang yang memilih makan camilan. Nah, gorengan selalu menjadi primadona dalam daftar menu takjil.

    Aneka gorengan seperti bakwan, tempe goreng, dan tahu goreng selalu diminati. Coba deh, pertimbangkan untuk berjualan online gorengan dengan branding dan kemasan yang lebih modern!

    Baca juga: Memahami Branding Sebagai Strategi Kesuksesan Bisnis

    Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum jualan online

    Inspirasi menu sudah kamu kantongi. Akan tetapi, kamu perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini sebelum mulai memasarkan takjil secara online.

    Susun Anggaran Bisnis

    Menentukan anggaran tersendiri yang dikelola terpisah sangat penting, baik bagi keuangan bisnis maupun keuangan pribadimu. Banyak orang mencampurkan keuangan bisnis dan pribadi sehingga sulit mengontrol arus masuk dan keluar uang.

    Pastikan Kamu Sudah Memiliki Toko di Aplikasi Pesan Antar

    Jika kamu berniat menjual takjil secara online, pastikan kamu sudah mendaftarkan toko milikmu di aplikasi pesan antar jauh sebelum Ramadan tiba. Mengingat proses pendaftaran ini juga memakan waktu. Dengan begitu, kamu sudah siap berjualan saat bulan suci datang.

    Berikan Layanan Optimal dan Utamakan Kualitas Produk

    Hal ini tampaknya sudah diketahui oleh semua orang yang ingin berbisnis. Kamu perlu selalu memberikan layanan optimal dan menjaga kualitas produk untuk membangun basis pelanggan.

    Rancang Program Promosi di Berbagai Media

    Tentunya, kamu tidak bisa hanya mengandalkan orang mencari tokomu. Sebaliknya, kamu perlu mempromosikan toko dan produkmu secara aktif di berbagai media, khususnya media sosial.

    Gunakan Aplikasi POS

    Terakhir, tetapi tidak kalah penting, kelola operasional bisnismu secara mudah dan profesional dengan bantuan aplikasi POS.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
    Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022
    Perubahan dan tantangan global akan membentuk tren bisnis baru pada 2022. Jika kamu ingin usaha sukses, tentunya bisnis milikmu perlu beradaptasi.