Pahami Tujuan Riset Produk untuk Pengembangan Bisnis

Riset produk merupakan salah satu cara untuk memperbesar keberhasilan pengembangan bisnis

 

Tak seperti bayangan kebanyakan orang, riset produk sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan di fase awal dalam menjalankan bisnis. Riset-riset semacam ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, khususnya ketika seorang pelaku usaha sudah mulai fokus pada fase pengembangan bisnis agar usaha yang dijalankannya memiliki arah yang tepat dalam memperbesar margin keuntungan. Ketika dilakukan dengan tepat, riset terkait produk yang ingin dipasarkan dapat memberikan berbagai manfaat:

1. Memiliki prediksi keberhasilan pemasaran produk

Setiap pelaku usaha tentu ingin agar produk serta jasa yang coba dipasarkan dapat laku di pasaran. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kamu dapat mengetahui produk atau jasa seperti apa yang memiliki kemungkinan tersebut. Kamu bisa mencari tahu produk apa yang sedang digemari atau banyak dibutuhkan oleh pelanggan, fitur apa yang perlu kamu sediakan untuk memastikan tingkat kepuasan pelanggan dapat terjaga, bahkan hingga kemasan seperti apa yang lebih disukai oleh pasar. Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu dapat mengetahui apakah produk yang ingin kamu pasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar, atau apakah ada penyesuaian-penyesuaian tertentu yang perlu dilakukan agar produk maupun jasamu semakin laku.

2. Memperoleh wawasan terkait kompetitor yang memasarkan produk serupa

Seperti pepatah, 'Tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.' Dalam dunia bisnis, ini bisa diartikan bahwa di luar sana mungkin ada pebisnis lain yang memasarkan produk maupun jasa serupa dengan yang tengah kamu usahakan. Tentu tak ada salahnya memasarkan produk serta jasa yang sama. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, 'Bagaimana membuat produkmu lebih menarik perhatian pelanggan dibanding kompetitor di bisnis yang sama?' Untuk menjawab pertanyaan tersebut, riset dapat dilakukan untuk mengenal produk dan jasa serupa yang ada di pasaran. Dari sana, kamu bisa melakukan penyesuaian untuk memberikan nilai tambah bagi bisnismu. Pengembangan apa yang perlu dilakukan agar pasar lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu sediakan? Apa yang bisa membuat produkmu tampak lebih unik meski sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang ada di pasar? Riset terkait produk akan membantumu menemukan jawabannya.

3. Mengetahui produk terbaik yang sesuai dengan arah pengembangan bisnis

Sekalipun dalam bisnis yang sama, arah pengembangannya akan berbeda-beda tergantung dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh tiap-tiap pelaku usaha. Memastikan produk yang dipasarkan memiliki arah yang sama dengan strategi pemasaran akan memastikan pula pengembangan bisnis yang dilakukan memiliki arah yang jelas. Itulah mengapa kamu membutuhkan riset akan produk yang akan atau sedang dipasarkan, sehingga strategi pemasarannya pun dapat disusun secara selaras.

 

Riset produk tak hanya berguna bagi pengembangan bisnis semata, tetapi juga untuk pengembangan bisnis itu sendiri

Riset produk yang dilakukan dengan benar akan sangat membantu untuk menentukan produk apa yang paling tepat untuk dipasarkan, kepada siapa produk tersebut paling pas untuk dipasarkan, dan bagaimana cara terbaik untuk memasarkannya. Ditambah dengan pengelolaan bisnis yang menyeluruh menggunakan aplikasi majoo, kesuksesan pengembangan bisnis dengan memperbesar margin pendapatan usaha pun bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan!

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.