Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Memaksimalkan Order Online ala Renee Brew and Chew

    Renee Brew and Chew bisa bertahan dengan menerapkan sistem order online

    Mungkin sudah sering kamu mendengar kisah para pebisnis yang dengan sangat terpaksa menutup bisnisnya karena pengaruh dari ketidakseimbangan kondisi yang terjadi di masa pandemi ini. Banyak usaha yang gulung tikar, baik dalam skala kecil maupun besar.  

    Alasannya pun beragam, mulai dari berkurangnya jumlah konsumen, terbatasnya jam operasional penjualan, sampai dengan ketidakberanian pemilik bisnis untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya, seperti beralih ke bisnis digital dengan penerapan order online, dan sebagainya.  

    Namun, banyak juga kisah sukses pebisnis yang ternyata tetap mampu mempertahankan bisnisnya di masa sulit seperti sekarang ini. Perjalanan dan perjuangannya mungkin tidak mudah, ada banyak perubahan yang keputusan yang perlu diambil.  

    Sama halnya dengan yang terjadi pada Renee Brew and Chew. Keberanian pihak manajemennya untuk mengambil #langkahmajoo go digital ternyata membuahkan hasil yang baik. Bisnis coffee shop mereka mampu bertahan bukan hanya mengandalkan orderan langsung di gerai, namun juga melalui order online

    Baca Juga: 5 Keuntungan Sistem Order Online Bagi Bisnis Restoran

    Renee Brew and Chew Go Digital

    Awalnya, Renee Brew and Chew lahir karena keinginan pemiliknya untuk mempunyai sebuah bisnis sebagai bentuk investasi. Namun, bukan sembarang bisnis. Tujuannya adalah bisa menghadirkan sebuah tempat yang asyik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong dan bersosialisasi. 

    Kecintaan pemiliknya terhadap kopi menjadikannya ingin memiliki sebuah tempat untuk ngopi sendiri sekaligus mengelolanya sendiri. Jadi, tidak perlu nongkrong di tempat lain jika ingin menikmati kopi. Sebuah ide yang menarik yang kemudian direalisasikan pada tahun 2020.

    Lahir dan hadir pada masa pandemi, tentunya bukan merupakan sesuatu yang mudah bagi Renee Brew and Chew. Rencana tempat nongkrong dengan amat terpaksa sedikit mengalami perubahan karena adanya beberapa pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

     Renee Brew and Chew berani menerapkan digitalisasi bisnis

    Lantas, apakah Renee Brew and Chew berhenti sampai di situ? Tentu saja tidak. Pihak manajemennya dengan berani mengambil #langkahmajoo dan mulai menerapkan apa yang dinamakan digitalisasi bisnis.  

    Langkah pertama yang mereka lakukan tentu saja dengan membuka order online. Semua orderan yang tadinya dilakukan langsung di gerai dengan bertatap muka dialihkan menjadi order online. Lutfi, salah seorang barista di Renee Brew and Chew menceritakan bahwa mereka mampu mempertahankan bisnis coffee shop tersebut dengan memaksimalkan order online yang masuk. Buktinya, sampai saat ini mereka masih memiliki 6 orang karyawan yang aktif bekerja tanpa merasa perlu mengurangi jumlah pekerja yang ada. 

    Baca Juga: Langkah UMKM Go International dengan Go Digital

    Langkah berikutnya yang mereka ambil adalah dengan berlangganan aplikasi majoo. Pihak manajemennya mungkin merasa yang namanya digitalisasi bisnis tentu harus dilaksanakan secara maksimal. Kalau orderannya sudah online, maka sistem pembayaran dan pengelolaan bisnisnya pun semestinya sudah dilakukan secara online

    Fitur yang paling sering digunakan di Renee Brew and Chew adalah fitur aplikasi kasir online. Salah satu alasannya adalah fitur ini sangat user friendly alias mudah untuk digunakan oleh para karyawan. Kamu mungkin sudah mengerti bahwa memiliki sumber daya manusia sebagai karyawan dengan kemampuan digital merupakan salah satu syarat dari bisnis go digital. 

    Selain itu, kerapian pencatatan transaksi pun menjadi alasan mereka memilih majoo untuk membantu pengelolaan bisnisnya. Semua transaksi yang dilakukan bisa tercatat secara otomatis tanpa adanya kesalahan input atau perhitungan seperti yang sering terjadi dalam pencatatan secara manual.

    Baca Juga: Inilah Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir dalam Bisnis!

    Selaku pengguna majoo, Lutfi menyarankan kepada para pemilik UMKM lainnya untuk tidak ragu memilih majoo sebagai aplikasi POS yang membantu dalam hal pengelolaan bisnis. Memilih untuk menggunakan aplikasi majoo artinya memilih untuk menjalankan bisnis dengan sistem go digital, suatu hal yang memang sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis saat ini.

    Lutfi juga berpesan kepada pemilik bisnis dan UMKM lainnya, bahwa inovasi dalam bisnis pun merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan. Pebisnis harus terus berani melakukan inovasi agar bisnis yang dijalankan bisa lebih berkembang. Pebisnis juga perlu memiliki banyak relasi, karena dengan adanya relasi, kelancaran bisnis bisa lebih terjamin. 

    Terakhir, salah satu kunci meraih kesuksesan dari Renee Brew and Chew adalah dengan berani dan tidak gentar menghadapi era bisnis digital. Sudah selayaknya, para pemilik bisnis ikut melakukan hal ini. Beradaptasi dengan kondisi yang semakin maju dan teknologi yang canggih tentu tidak ada ruginya, kan? 

    Ingat, memilih untuk beralih ke bisnis digital bukan hanya bisa dilakukan dengan menerima order online dan menggunakan aplikasi keuangan online. Persiapan dari sumber daya manusianya merupakan hal yang pertama kali harus diperhatikan. Pastikan karyawan kamu sudah memiliki skill atau kemampuan dasar dalam hal ini, ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.