Memenangkan Pasar: Pentingnya Orisinalitas Bagi Bisnis



Secara natural, manusia sangat mengapresiasi orisinalitas. Kita amat menyukai saat melihat pemain sepak bola atau catur melakukan gerakan yang belum pernah dilakukan pemain lain.

 

Pemain tersebut merupakan tipe orang yang senang menantang cara-cara konvensional serta menunjukkan ada banyak cara untuk menghadapi tantangan. Hal serupa juga dapat kita temukan di sektor bisnis.

 

Kebanyakan pebisnis dengan ide orisinal bisa kita temui di industri hiburan atau teknologi. Nah, berikut ini penjelasan mengapa orisinalitas penting sekali sebagai sebuah upaya untuk memenangkan pasar.   

 

Orisinalitas membuatmu lebih senang menjalankan bisnis

Cobalah ingat kembali masa di mana bisnis milikmu baru mulai berjalan. Memang tidak mudah, tetapi kamu pasti merasa bersemangat, misalnya karena ingin segera mengembangkan ide baru untuk produk.

 

Bukankah salah satu hal menarik dari membangun bisnis adalah kebebasan menciptakan apa pun yang kamu inginkan? Kamu tidak sedang membangun bisnis untuk orang lain sehingga bisa menunjukkan identitas dirimu, termasuk ide-ide orisinal yang membuat proses menjalankan bisnis jadi lebih menyenangkan.

 

Mungkin sebagian dari kamu bertanya, apa pentingnya perasaan senang dalam menjalankan bisnis? Berbagai studi menunjukkan makin bersemangat dan bahagia seseorang dengan apa yang dijalankannya, bisnis atau pekerjaannya cenderung lebih sukses.

 

Diferensiasi merupakan kunci

Entah saat membuat logo atau mengembangkan produk, kamu selalu bisa memasukkan ide orisinal milikmu ke dalamnya. Dengan begitu, desain logo, citra merek, hingga produk yang kamu kembangkan bisa berbeda dari yang sudah ada.

 

Hal ini penting sekali sebab sering kali diferensiasi merupakan kunci untuk memenangkan pasar. Berkat diferensiasi, kamu dapat berkompetisi tanpa harus menurunkan harga.

 

Pada saat yang sama, keunikan produk atau brand juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Bisnis milikmu akan selalu ada dalam top of mind konsumen.

 

Sebaliknya, sulit sekali untuk tampil menonjol di pasaran jika bisnismu terlihat, terdengar, atau berjalan serupa dengan kebanyakan bisnis lain.

 

Di tengah pasar yang sangat kompetitif, menemukan pembeda akan membuat bisnismu lebih unggul dari pesaing. Dengan orisinalitas dalam berbagai aspek bisnis, tampil dengan kekhasan yang sangat mencolok bisa dicapai.



Menghadirkan tantangan

Membangun bisnis yang menyerupai bisnis lain memang terkesan mudah. Selain itu, hal tersebut juga memang relatif lebih menjanjikan karena strateginya mungkin sudah terbukti berhasil.

 

Sayangnya, wirausaha umumnya memiliki daya imajinasi tinggi dan berpotensi kehilangan inspirasi bila tidak pernah memperoleh tantangan. Nah, ide-ide orisinal dalam bisnis mampu menghadirkan tantangan secara konstan.

 

Dengan demikian, kamu akan terus berusaha adaptif dan mencari penyelesaian atas setiap tantangan yang datang. Lebih dari itu, kamu juga jadi memiliki daya juang lebih untuk memajukan bisnis.

 

Menentang hal-hal biasa dan stand out

Setiap hari, para pemilik usaha di dunia bekerja keras mengejar mimpinya, mulai dari menciptakan produk inovatif sampai mengembangkan bisnis sedemikian rupa agar dilirik angel investor.

 

Situasi tersebut menunjukkan bahwa setiap kita sangat persisten untuk mencapai kesuksesan. Dengan kata lain, persaingan dalam bisnis sangatlah ketat karena setiap orang berupaya keras untuk mencapai kesuksesan.

 

Seperti yang sudah diketahui, dalam bisnis kita akan selalu dihadapkan pada situasi untuk mengikuti arus atau menentangnya. Menjalankan bisnis seperti para pemilik bisnis lain atau menyematkan ide-ide orisinal ke dalam bisnis. Berikut ini beberapa poin yang akan membantu kamu menentang hal-hal biasa.

 

1. Mengarahkan dunia selaras dengan visi milikmu

Menjadi wirausaha kadang berarti menentang status quo dan membuktikan kepada dunia bahwa ide yang kamu percaya layak diperjuangkan. Jika kamu ingin mengarahkan dunia selaras dengan visi milikmu, memiliki ide saja tentu tidak cukup.

 

Ide tersebut perlu dipupuk, dibentuk, serta dieksekusi. Pemilik bisnis yang menolak kompromi akan mengidentifikasi masalah dan bekerja untuk menemukan solusi sehingga dunia menjadi lebih baik karenanya.

 

2. Berani menjadi kreatif

Saat kamu memikirkan ide untuk menyelesaikan suatu persoalan, lalu berusaha menghasilkan keuntungan dari ide tersebut tentu hal tersebut tidak eksklusif. Pada waktu yang sama, mungkin ada banyak pebisnis lain yang memikirkan ide serupa.

 

Dalam kondisi bimbang, fokuskanlah perhatian kepada ide-ide yang kamu rasa paling kreatif. Kemudian, miliki keberanian untuk mendorong ide tersebut menjadi kenyataan.

 

Apa pun bisnis yang kamu tekuni, rasanya kita semua sepakat bahwa kreativitas merupakan faktor esensial dalam kesuksesan bisnis. Temukan kepercayaan diri dengan berani mengambil risiko dan menunjukkan ide orisinal.

 

Berani menjadi kreatif merupakan satu-satunya cara agar kamu tidak bertindak seperti kebanyakan orang.

 

3. Orisinalitas, senjata terbaik menghadapi pesaing

Baik mereka yang meremehkanmu maupun yang berusaha mencuri ide milikmu, semuanya akan berupaya menjadi lebih baik darimu. Hal tersebut sangat lumrah dalam bisnis.

 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena orisinalitas bisa menjadi senjata terbaik untuk menghadapi pesaing. Karena itu, kamu perlu selalu berjuang untuk menjadi diri kamu melalui ide-ide otentik dan orisinal.

 

Dengan demikian, ketika situasi sulit menghadang, kamu sudah memiliki bekal untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan cara-cara unik serta tidak terduga. Ide orisinal merupakan ide-ide yang jarang ditemui, menarik, serta membuat sesuatu menjadi bernilai.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.