Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inilah Keuntungan Memiliki Laporan Keuangan yang Akurat!

    Laporan keuangan yang akurat membuat pemilik usaha bisa memahami dan mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

    Laporan keuangan atau financial report yang akurat sangat krusial dalam mengelola dan memahami situasi keuangan sebuah usaha kecil. Sayangnya, kebanyakan pemilik usaha tidak memiliki pelaporan keuangan yang akurat sampai berujung pada kegagalan bisnis.

    Hal tersebut kerap terjadi sebab membuat pembukuan keuangan memang tidak mudah. Akan tetapi, proses ini sebetulnya bisa lebih praktis bila pemilik bisnis sudah menggunakan aplikasi POS yang dilengkapi aplikasi akuntansi.

    Sebelum membahas lebih lanjut terkait kemudahan pembuatan financial report dengan aplikasi POS yang fiturnya lengkap, kita intip dahulu keuntungan memiliki laporan keuangan yang akurat.

    Baca juga: Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu

    Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

    Financial report membuat pemilik usaha bisa melihat pola, risiko masalah, dan ruang untuk mengawasi arus kas bisnis secara real time. Dengan adanya financial track, kamu memiliki kerangka kerja yang memadai untuk membuat keputusan terkait keuangan.

    Tentunya, keputusan pun dapat dihasilkan secara cepat dan bijaksana. Dalam banyak kasus, pemilik usaha kesulitan membuat keputusan penting yang berdampak pada operasional bisnis tanpa adanya financial report yang akurat.

    Industry Compliance

    Umumnya, instansi pemerintah memastikan suatu bisnis mengikuti hukum, peraturan, dan standar etika yang telah ditetapkan. Nah, financial report yang akurat memberikan jaminan bahwa bisnis comply atau mematuhi hukum serta peraturan tersebut.

    Angka-angka yang tidak cocok berisiko diduga sebagai fraud. Karena itu, keakuratan sebuah financial report sangat krusial bagi sebuah bisnis.

    Transparansi Keuangan = Membangun Kepercayaan

    Sebuah usaha kecil yang tumbuh secara organik dianggap memiliki kondisi keuangan yang baik. Namun, dibutuhkan lebih dari sekadar laporan laba rugi atau neraca untuk menunjukkan seberapa baik kinerja bisnis. 

    Pasalnya, banyak bisnis yang dibangun dengan laporan akuntansi yang dimodifikasi sehingga kerugian mereka tidak tampak. 

    Seperti yang sudah diketahui, sebelum melakukan investasi, stakeholder eksternal akan menyelidiki terlebih dahulu kesehatan keuangan suatu organisasi bisnis. Nah, membangun kepercayaan calon investor atau kreditur melalui laporan finansial adalah pendekatan terbaik untuk menunjukkan transparansi keuangan bisnis.

    Laporan keuangan yang akurat membantu membangun kepercayaan di antara investor, klien, pelanggan, pemasok, pemberi pinjaman, dan pengguna informasi keuangan lainnya.

    Baca juga: Kenali Para Pemakai Informasi Akuntansi Beserta Manfaatnya

    Pencatatan laporan keuangan secara manual cenderung rumit dan risiko terjadi kekeliruan relatif tinggi.

    Manajemen Utang

    Kapasitas perusahaan untuk mengendalikan utang tergantung pada pelaporan finansialnya. Financial report memberimu informasi tentang sejarah dan situasi keuangan perusahaan saat ini sehingga kamu dapat mengelola utang dengan baik.

    Perencanaan Keuangan

    Pemilik bisnis dapat menggunakan laporan finansial untuk meninjau pengeluaran masa lalu dan membuat modifikasi untuk masa depan. Selain itu, financial report juga dapat digunakan untuk mempersiapkan pengeluaran mendesak. 

    Tanpa perlu kredit atau pinjaman darurat, kamu dapat membuat anggaran untuk tuntutan keuangan masa depan seperti keadaan darurat dan pertumbuhan jika kamu menyimpan catatan keuangan yang akurat.

    Syarat Pengajuan Pinjaman

    Bukan rahasia lagi, tidak ada jaminan bahwa keuangan perusahaan akan selalu baik. Pada suatu kondisi, kamu mungkin perlu mencari bantuan dari sumber pendanaan, misalnya saat arus kas tidak konsisten.

    Nah, sumber pendanaan tersebut dapat lembaga atau perorangan yang biasanya akan meminta financial report untuk menganalisis kemampuan bisnis dalam mengembalikan pinjaman modal. Jadi, memiliki laporan keuangan yang akurat memang sangat krusial bagi bisnis.

    Kesimpulannya, financial report merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Ketika sebuah bisnis memiliki pencapaian yang signifikan atau kemunduran yang tidak terduga, gambaran terjelas bisa terlihat pada financial report.

    Laporan tersebut juga dapat kamu andalkan saat akan pitching kepada investor atau pemberi pinjaman modal. Laporan finansial juga menawarkan keuntungan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas. 

    Meskipun perannya sangat krusial, ada banyak bisnis belum memiliki pencatatan keuangan dan belum membuat laporan finansial yang akurat. Sebetulnya, kondisi ini dapat dimengerti sebab pembuatan financial report memang tidaklah sederhana, apalagi bila dibuat secara manual.

    Kabar baiknya, sekarang sebetulnya kamu sudah bisa memperoleh financial report yang akurat hanya dengan menggunakan aplikasi point of sale (POS) yang lengkap.

    Aplikasi POS lengkap seperti majoo menawarkan aneka fitur, termasuk aplikasi akuntansi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menarik financial report secara otomatis. Seluruh transaksi yang terekam dalam aplikasi POS dapat langsung dibuat laporan keuangan. Mudah, bukan?

    Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gunakan aplikasi POS majoo sekarang! Kalau kamu masih bimbang, pelajari saja dahulu aplikasinya di sini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?